Saat Wanita Berwisata Solo, Ini Tipsnya

berwisata solo

Seruni.id – Saat ini, di zaman now, banyak loh wanita berwisata solo. Dengan berani dan percaya diri wanita berwisata sendirian bahkan hingga ke luar negeri.

Untuk sebagian wanita, baik yang berkeluarga ataupun yang single, berwisata solo merupakan suatu hal yang riskan. Namun, sekarang ini, sebagian dari para wanita telah mendobrak rasa khawatir tersebut. Semakin banyak wanita yang berani untuk berwisata sendirian.

Bahkan bagi wanita yang berwisata sendiri atau berwisata solo (sering juga disebut “solo traveller”), menggunakan kesempatan menjadi “me time” yang wajib untuk dilakukan secara rutin.

Memang berwisata solo di dalam negeri atau bahkan sampai ke luar negeri, selain memberikan ruang seluas-luasnya untuk mengeksplorasi tempat-tempat baru sesuai keinginan sendiri, juga memberikan waktu untuk merefleksikan diri dan terlepas dari rutinitas sehari-hari.

Akan tetapi, tak dapat dipungkiri, di sisi lain berwisata sendiri bisa jadi merupakan hal yang menakutkan dan tidak lazim bagi sebagian wanita. Tak heran jika berbagai kekhawatiran muncul bila seorang wanita bepergian sendiri.

Tapi ternyata jika kita mengetahui tips yang tepat dan mempersiapkannya dengan baik, bepergian sendiri bukan lah menjadi hal yang menakutkan loh.

Nah, untuk keamanan dan kenyamanan selama berwisata sendirian, penting bagi para wanita untuk memperhatikan situasi pada daerah atau negara setempat yang akan dikunjungi dan kelengkapan utama apa saja yang dibutuhkan.

Baca juga: 5 Manfaat Mengajak Anak Traveling Sejak Dini

 

Simak berikut ini. Lima tips bagi para wanita berwisata solo ke luar negeri dengan aman.

1. Melakukan Riset

Riset kecil perlu dilakukan loh. Riset ini penting untuk dilakukan sebelum berangkat ke daerah atau negara tujuan.

Adapun tujuan riset adalah untuk mengetahui situasi daerah atau negara setempat yang berdampak pada perjalanan wisata, seperti tingkat kriminalitas, gejolak politik dan kondisi sosial, kebiasaan atau budaya umum di negara setempat serta daerah-daerah yang aman bagi wisatawan.

Selain riset mengenai obyek-obyek wisata, penting juga untuk mengetahui hal-hal kecil seperti seberapa jauh jarak antara bandara dengan tempat menginap, mata uang dan tempat penukaran uang (jika ke luar negeri), moda transportasi yang aman dan murah, kartu isi ulang untuk komunikasi, dan tempat membeli karcis bus atau kereta. Jangan lupa juga untuk mengetahui tempat makanan lokal yang wajib untuk dikunjungi.

2. Memastikan Kelengkapan Dokumen Perjalanan

Sebelum berangkat, apalagi jika ke luar negeri, pastikan semua dokumen perjalanan anda lengkap, seperti paspor yang masih berlaku paling tidak sampai enam bulan ke depan, visa yang valid dan tiket perjalanan pergi-pulang. Pastikan juga semua dokumen tersebut berada di dalam tas anda dan mudah untuk dijangkau.

Selain memastikan kelengkapan dokumen tersebut, penting juga untuk memiliki asuransi perjalanan. Sebab, ketika wanita bepergian sendiri, akan lebih aman bila anda memiliki dokumen asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan bisa lebih memberikan rasa aman dan nyaman. Apabila terjadi keadaan darurat dalam perjalanan anda atau bila koper anda tertinggal ataupun hilang, bisa diatasi dengan asuransi perjalanan tersebut. Biasanya, setiap agen perjalanan sudah menawarkan asuransi ini di dalam pembelian tiket perjalanan anda.

3. Bawa Bekal Secukupnya Saja

Pada umumnya, jika wanita berpergian akan membawa banyak bekal, seperti pakaian, sepatu dan berbagai macam aksesoris. Namun, perlu diingat, bila wanita bepergian sendiri, lebih baik meminimalisasi bekal yang dibawa.

Disarankan untuk membawa pakaian yang secukupnya saja dan bisa dipadupadankan. Karena, tas bawaan yang terlalu berat akan menyulitkan perjalanan anda dan membuat anda kelelahan sendiri membawa barang bawaan yang terlalu banyak.

Jika wanita yang berwisata solo gemar melakukan foto, pastikan untuk membawa tripod untuk kamera. Bisasaja sih untuk melakukan swafoto, tapi bila menemukan spot menarik dalam perjalanan, tripod akan sangat membantu untuk mengambil foto diri dengan sempurna. Jangan bergantung atau mengandalkan bantuan orang lain untuk memotret.

Selain itu, bekal makanan instan paling tidak untuk satu atau dua hari juga perlu untuk dipersiapkan. Makanan instan ini penting di hari-hari pertama di sebuah tempat baru yang tidak pernah dikenal. Sebab, seringkali akan butuh waktu untuk mencari tempat makan yang enak dan menyesuaikan diri dengan cita rasa makanan setempat.

Adapun yang tak kalah penting adalah perlunya membawa buku catatan ataupun buku bacaan. Bekal buku ini penting loh. Karena jika bepergian sendiri, buku bacaan ini akan menemani dan buku catatan akan menjadi memori untuk menyimpan catatan ataupun ide yang kadang kala muncul dalam perjalanan.

4. Memastikan Penginapan

Selama berwisata, apalagi berwisata sendirian, tempat menginap ini penting apalagi jika berwisata ke luar negeri.

Petugas imigrasi di negara yang dikunjungi akan secara acak menanyakan di mana anda akan menginap. Bila belum yakin di mana akan menginap, petugas imigrasi bisa menahan seseorang untuk sementara waktu sampai ada kejelasan di mana orang itu akan tinggal di negara tersebut.

Oleh karena itu, pastikan dulu di awal perjalanan, apakah akan menginap di hotel, hostel, guest house atau di tempat tinggal kenalan.

5. Jangan Lupa Mengunduh Aplikasi Safe Travel

Ya, jangan lupa mengunduh Aplikasi Safe Travel. Aplikasi Safe Travel yang digagas oleh Kementerian Luar Negeri ini memiliki banyak fitur menarik yang sangat bermanfaat bagi para traveller.

Berbagai macam informasi penting suatu negara, mulai dari informasi umum, himbauan-himbauan penting, status keamanan negara setempat, fun facts sampai dengan tips dan berbagi foto dengan traveller lainnya dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi ini.

Aplikasi Safe Travel ini juga memungkinkan seorang traveller untuk terkoneksi dengan traveller lainnya di sekitarnya. Tambahan lagi, Aplikasi Safe Travel ini memiliki fitur panic button yang akan langsung teraktivasi ketika berada di luar negeri dan dapat ditekan kapanpun saat seorang traveller berada dalam keadaan darurat.

Nah jika ingin berpergian, terutama berpergian sendirian, dan belum mengunduh Aplikasi Safe Travel ini, segeralah untuk mengunduhnya sekarang melalui tautan ini www.safetravel.id.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.