8 Manfaat Asam Jawa

bukalapak.com

Seruni.id – Asam jawa kerap dijadikan sebagai bahan sayur ataupun jamu, meskipun kecut tetapi banyak manfaatnya untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Karena adanya berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Secara umum asam jawa aman dikonsumsi. Meski sebagian manfaat masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Berikut manfaat asam jawa bagi kesehatan:

Mengobati Flu dan Batuk

Gambar terkait
bidanku.com

Jika kamu sedang flu ataupun batuk, segeralah mengonsumsi asam jawa yang dilarutkan dengan segelas air hangat. Karena tingginya kandungan vitamin C dalam asam bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati flu, dan batuk.

Mengobati Mata Kering

Hasil gambar untuk Mengobati Mata Kering
istana-herbal.com

Terlalu lama menatap layar laptop ataupun gadget seringkali membuat mata terasa kering dan juga perih. Kini tak perlu khawatir lagi, karena ternyata ekstrak biji asam jawa dipercaya dapat digunakan sebagai obat tetes mata. Sejumlah peneliti menduga asam jawa mengandung bahan kimia yang mirip dengan mucin pada mata. Mucin merupakan protein yang melapisi permukaan bola mata dan berfungsi melindungi dan membasahi permukaan kornea mata.

Mengobati Ambeien

Hasil gambar untuk Mengobati Ambeien
doktersehat.com

Manfaat asam jawa selanjutnya dapat mengobati ambeien. Semua orang pasti tidak percaya diri saat terkena ambeien. Untuk mengatasi penyakit ini salah satunya bisa dengan ramuan asam jawa. Anda hanya memerlukan 6 gram daun keji beling, 6 gram meniran, 3 gram temulawak, dan 1 gram asam jawa. Semua bahan direbus secara bersamaan dengan 1 liter air. Setelah direbus biarkan hingga dingin dan kemudian saring airnya. Konsumsilah sebanyak tiga kali dalam sehari.

Menurunkan Kolesterol

Hasil gambar untuk Kolesterol
benuafarma.com

Manfaat asam jawa yang satu ini sangat penting sekali untuk penderita kolesterol. Dengan mengonsumsi ramuan asam jawa dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Cara membuat ramuannya sangat mudah yaitu dengan 200 gram asam jawa yang ditumbuk sampai halus. Kemudian tuangkan 200 ml air panas dan saring airnya. Setelah itu diminum sebanyak tiga kali sehari.

Mengobati Nyeri Haid

Hasil gambar untuk Mengobati Nyeri Haid
sahabatnesia.com

Terasa nyeri saat haid? Asam jawa bisa menjadi solusinya, loh. Anda perlu menyiapkan 1 genggam asam jawa yang masih muda dan kunyit sebesar 2 jari. Tumbuk bahan-bahan tersebut, selanjutnya rebus bersama 1 gelas air. Setelah mendidih, saring airnya dan minum selama satu minggu sebelum masa haid. Namun, sangat tidak dianjurkan untuk wanita hamil, ya.

Mengobati Bisul

Hasil gambar untuk Mengobati Bisul
merawatbayiku.com

Bisul sangat menyiksa apalagi jika letaknya berada di ketiak. Untuk mengatasinya, siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram daun kangkung, 10 gram daun bayam duri, dan garam secukupnya. Semua bahan di tumbuk hingga halus. Tempelkan ramuan tersebut di bisul sampai merata. Saat mengering ganti dengan ramuan baru, begitu seterusnya sampai bisul hilang.

Menurunkan Demam

Hasil gambar untuk Menurunkan Demam
okaydoc.com

Ternyata ramuan asam jawa dapat membantu menurunkan demam pada orang dewasa. Caranya, ambil 1 genggam daun asam jawa dan adas pulawaras seperlunya saja. Rebus dengan 1 liter air, kemudian saring airnya. Minum ramuan tersebut dua kali sehari secara rutin.

Baca Juga: Bolehkah Mandi Saat Sedang Demam?

Mengobati Bengkak Akibat Gigitan Serangga

Hasil gambar untuk bengkak akibat gigitan serangga
id.theasianparent.com

Manfaat asam jawa sangat terkenal di daerah perkampungan untuk mengobati bengkak akibat digigit serangga. Untuk mengobatinya Anda perlu menyiapkan ramuan asam jawa. Caranya, siapkan 3 biji asam jawa kemudian tumbuk sampai halus. Oleskan pada titik bengkak secara merata. Pastikan bagian yang bengkak sudah bersih sebelum di oleskan ramuan tersebut.

Asam jawa dapat digunakan untuk berbagai hidangan. Namun, untuk menjadikan asam jawa sebagai obat untuk solusi kesehatan, disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dulu, ya. Terutama, jika asam jawa akan dikonsumsi bersamaan dengan obat medis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.