10 Manfaat Bawang Putih Tunggal dan Cara Mengonsumsinya

  • Bagikan
10 Manfaat Bawang Putih Tunggal dan Cara Mengonsumsinya
pixabay.com

Seruni.id – Sudahkah kamu tahu apa saja manfaat bawang putih tunggal? Manfaatnya cukup banyak, loh. Sama seperti bawang putih biasa, bawang tunggal ini juga mengandung minyak atsiri, senyawa allicin, serta kandungan lainnya. Hanya saja, bawang putih tunggal terdiri dari satu siung dengan bentuk yang bulat serta warnanya yang jauh lebih putih, inilah yang menjadi perbedaan bawang putih tunggal dan bawang putih biasa.

10 Manfaat Bawang Putih Tunggal dan Cara Mengonsumsinya
jateng.poskota.co.id

Selain itu, bawang putih tunggal juga tidak pernah digunakan untuk memasak, melainkan lebih sering digunakan sebagai bahan obat herbal. Hal ini karena khasiatnnya yang beragam untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Nah, berikut ini Seruni telah merangkum sejumlah manfaat bawang putih tunggal dan cara mengonsumsinya:

1. Mengatasi Asma

Bawang putih tunggal memiliki sifat anti peradangan, sehingga bawang tunggal ini mampu dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit asma. Asma sendiri merupakan jenis penyakit radang, tak heran jika ia dapat mengobati penyakit ini. Cara mengonsumsinya adalah dengan menghaluskannya kemudian campurkan dengan madu lalu setelahnya bisa langsung kamu minum. Yuk rasakan manfaat bawang putih tunggal dan madu untuk mengatasi asma.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit mematikan seperti kanker, terutama kanker perut dan usus besar, menjadi hal yang sangat ditakuti. Sebab, hanya sekian persen saja yang dapat selamat karena menderita penyakit tersebut. Namun, kita bisa kok menghindarinya dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat, salah satunya adalah bawang putih tunggal. Manfaat bawang putih tunggal untuk mencegah kanker ini diperoleh dari kandungan organosulfida yang ada di dalamnya.

Di mana kandungan tersebut berperan penting dalam membantu kinerja hati untuk mengeluarkan berbagai macam racun di dalam tubuh, termasuk racun yang menyebabkan kanker pertu dan usus besar. Sejumlah penelitian pun mengungkapkan, bahwa banyak orang yang mengonsumsi bawang putih tunggal lebih aman dari serangan kanker, daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di masa pandemi ini, kita harus pandai alam menjaga daya tahan tubuh. Sebab, jika daya tahan tubuh tidak terjaga, maka berbagai macam penyakit dan virus akan mudah menyerang. Banyak cara untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mulai dari istirahat yang cukup, minum yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, serta mengonsumsi bawang putih tunggal. Dengan mengonsumsi bawang tunggal, daya tahan tubuhmu akan terjaga. Hal ini karena bawang tersebut mengandung enzim dan alliin yang dapat menangkal virus.

4. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat bawang putih tunggal berikutnya, yakni dapat mengatasi sakit gigi. Hal ini karena ia mengandung antiseptik yang berperan penting untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi, sehingga nyeri dapat teratasi. Adapun cara mengkonsumsi bawang putih tunggal untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan cara mengunyahnya. Senyawa allicin di dalamnyalah yang dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi.

5. Mencegah Timbulnya Jerawat

Buat kamu yang memiliki masalah pada wajah, seperti jerawat, bawang putih tunggal bisa jadi solusinya, loh. Sebab, bawang ini memiliki kandungan antioksidan yang mampu menghilangkan dan mencegah timbulnya jerawat. Karena kandungan antioksidannya yang kuat, bawang putih dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang nantinya merusak serta memperlambat sembuhnya jerawat.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Berbagai senyawa yang terkandung di dalam bawang putih tunggal, dipercaya dapat mencegah kerusakan sel neuron pada otak. Bahkan, ekstrak bawang tunggal mampu merangsang pertumbuhan sel neuron yang baru. Alhasil, daya ingat dapat dipertahankan, bahkan bisa semakin meningkat.

7. Menurunkan Kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bawang putih tunggal mengandung allicin di dalamnya, di mana kandungan tersebut dapat menekan jumlah kolesterol total dalam tubuh. Menurut sejumlah penelitian, manfaat bawang putih tunggal untuk menurunkan kolesterol dapat dirasakan setelah mengonsumsinya selama empat minggu. Selain itu, bawang tunggal juga diketahui menjadi cara penurun lemak penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh.

8. Mengatasi Embeien

Karena kandungan allicinnya yang tinggi, bawang putih tunggal dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi ambeien. Adapun cara menggunakannya adalah dengan menghaluskannya kemudian oleskan pada sekitar anus. Kamu juga dapat mengonsumsinya dengan dijadikan jus sayuran.

9. Mampu Menjaga Stamina

Jika staminamu dirasa kurang maksimal, hati-hati ya, karena tubuhmu akan lebih rentan terserang berbagai penyakit. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena kamu bisa merasakan manfaat bawang putih tunggal untuk menjaga staminamu. Dengan meningkatkan stamina, berbagai penyakit dapat ditangkal, sehingga tidak mudah jatuh sakit. Hal tersebut tidak lain, karena bawang putih tunggal memiliki kandungan senyawa yang dapat menangkal berbagai virus dan bakteri penyebab berbagai penyakit.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa gabungan antara aktivitas fisik dan kandungan pada bawang putih tunggal dapat menurunkan berat badan lebih maksimal. Zat yang ada pada bawang putih membuat tubuh yang sedang aktif berolahraga menggunakan lemak cadangan yang tersimpan di otot lebih banyak lagi. Umbi tanaman ini juga dapat memperkecil timbulnya lemak baru.

Baca Juga: 7 Kesalahan Mengolah Bawang Putih, Hindari Sekarang Juga!

Jadi, itulah 10 manfaat bawang putih tunggal yang belum banyak diketahui. Ada berbagai macam cara untuk mengonsumsinya, mulai dari mengunyahnya secara langsung, membuat rebusan, dan menghaluskannya kemudian mencampurkan dengan madu. Namun, bagi kamu yang tak tahan dengan aroma dan rasanya, kamu boleh kok menjadikannya sebagai bahan makanan, misalnya dengan menjadikan bumbu salad, sambal, atau penyedap masakan alami. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id