Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Plum
google.com

Seruni.id – Tahukah kamu apa buah plum itu? Buah plum merupakan buah yang banyak dibudidayakan di negara Barat seperti Amerika dan Eropa. Meski plum sendiri belum dibudidayakan di Indonesia, namun kita bisa merasakan manfaat buah plum untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Plum
google.com

Buah kecil yang memiliki beberapa warna ini ternyata memiliki sumber vitamin, mineral, fitonutrien, flavonoid, dan antioksidan. Karena itulah manfaat buah plum sangat beragam. Berikut Seruni akan menyajikan artikel tentang buah plum yang jarang sekali diketahui, di antaranya sebagai berikut:

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah plum ini berfungsi untuk mencegah sembelit, loh. Karena, serat dari buah plum akan memadatkan masa fases serta melancarkan proses pembuangannya, sehingga akan mengurangi risiko kanker usus besar dan juga wasir. Sedangkan, serat buah plum yang tidak larut bermanfaat sebagai penyedia makanan untuk bakteri yang tinggal di usus besar, sehingga membantu melestarikan populasinya.

Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, kamu bisa memanfaatkan buah plum ini. Mengapa buah plum dapat menurunkan berat badan? Sebab, kalori yang dimiliki plum snagat rendah yaitu 46 kalori per 100 g, serta hanya mengandung asam lemak tidak jenuh. Ditambah lagi, buah asam manis ini memiliki aroma yang enak dan daging buah yang lembut, sehingga sangat membantu untuk proses penurunan berat badan.

Menjaga Kesehatan Mata

Mungkin kita menganggap hanya wortel yang memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Namun ternyata, buah plum juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi, loh. Sehingga, buah plum sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi orang yang ingin menjaga kesehatan matanya, atau mereka yang memiliki masalah dengan organ penglihatannya.

Menurunkan Risiko Kanker

Buah plum menjadi salah satu sumber yang dapat menurunkan risiko kanker. Karena di dalam buah plum mengandung antioksidan seperti lutein, cryptoxanthin, dan zeaxathin. Zat-zat tersebut mampu menetralkan radikal bebas yang dapat menjadi pemicu terjadinya regenerasi sel atau yang disebut kanker.

Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat buah plum berikutnya yaitu dapat menurunkan risiko diabetes. Buah plum ini memang memiliki kandungan karbohidrat, meski demikian sangat aman untuk dikonsumi orang yang ingin mengurangi kadar gula. Menurut sebuah penelitian, kandungan senyawa flavonoid pada buah plum dapat memberikan proteksi pada resistensi insulin serta meningkatkan sensitivitas insulin dalam darah, sehingga mampu menurunkan gula darah.

Menjaga Kesehatan Janin

Buah plum mengandung banyak zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Itulah sebabnya, buah plum aman dikonsumi oleh ibu hamil. Bahkan, buah plum sendiri bermanfaat untuk menjaga kesehatan janin, loh. Bagi kalian yang sedang dalam masa kehamilan, jangan ragu untuk mengonsumsi buah plum ini, ya. Setidaknya dikonsumsi 2 sampai 3 buah setiap harinya.

Mencegah Osteoporosis

Tak hanya mereka yang berusia lanjut, osteoporosis juga dapat terjadi pada usia muda. Untuk itu, sangat penting bagi kita yang sedang mengalami ataupun untuk mencegah osteoporosis dengan banyak mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung flavonoid. Misalnya dengan mengonsumsi buah plum. Buah plum ternyata berperan penting dalam menurunkan risiko kerusakan jaringan tulang serta dapat membantu pencegahan berbagai jenis penyakit tulang, loh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Berbagai jenis mineral seperti kalium, zat besi, dan flouride juga terkandung di dalam buah plum. Zat mineral tersebut mampu berperan dalam mengendalikan kerja jantung dan tekanan darah manusia.

Manfaat Buah Plum untuk Kecantikan

Menjadikan Kulit Lebih Kencang

Biasanya ketika usia sudah mulai menua, kulit pada bagian tubuh dan wajah akan mengendur dengan sendirinya. Berbagai cara dan treatment kerap dilakukan para wanita untuk mengembalikan kulitnya agar lebih kencang. Dan ternyata, jarang sekali diketahui, kandungan vitamin C di dalam buah plum bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih kencang. Cara mengolah buah plum agar bisa dikonsumsi adalah dengan dibuat dalam bentuk jus dan diminum setidaknya satu hari sekali.

Melawan Ketombe

Ketombe yang bersarang di kepala memang sangat menganggu. Sudah ganti berbagai macam shampo pun tidak menjamin ketombe akan menghilang. Nah, buah yang satu ini sangat efektif untuk mengatasi ketombe, karena terdapat kandungan vitamin C di dalamnya. Plum berfungsi untuk melawan bakteri yang ada di kulit kepala, menenangkan kulit yang terasa gatal, dan tentunya membantu menghilangkan ketombe. Untuk mendapatkan manfaat buah plum ini, pastikan kamu mengomsumsinya secara rutin, ya.

Mencegah Uban di Usia Dini

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengonsumsi buah plum dengan teratur dapat membantu menyehatkan kulit kepala dari dalam. Jika kulit kepala sehat, uban pun tidak akan muncul sebelum waktunya.

Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Buah kecil berwarna merah keunguan ini kaya akan antioksidan yang membantu mencegah garis-garis halus dan kerutan di wajah. Maka dari itu, buah plum sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Cara memanfaatkannya dengan membuat plum menjadi bentuk masker dan mengaplikasikannya setiap hari. Tak hanya menunda penuaan, namun juga sekaligus mencerahkan wajah.

Mengurangi Bekas Jerawat

Terkdang, bekas jerawat membandel sulit untuk dimusnahkan dari wajah. Dengan mengonsumsi buah plum, bekas jerawat di jawahmu hilang seketika, loh. Sebab, buah ini kaya akan antioksidan dan membantu untuk meningkatkan aliran darah ke jaringan perut sehingga dapat meminimalisir bekas luka di wajah. Dan membantu dalam pengembangan jaringan kulit baru.

Sudah tahu kan manfaat buah plum untuk kesehatan serta kecantikan? Pastikan kamu mengonsumsinya secara teratur ya, agar khasiat maksimalnya bisa kamu dapatkan.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.