Cara Agar Anak Mencintai Al Quran Ala Ibu Aminah

Cara Agar Anak Mecintai Al Quran
Cara Agar Anak Mencintai Al Quran

Seruni.id – Setiap orangtua, tentu ingin memiliki anak yang berpegang teguh pada agamanya serta begitu mencintai Al Quran. Berbagai cara agar anak mencintai Al Quran pun kerap mereka lakukan. Rasanya keinginan tersebut menjadi dambaan semua orangtua. Seperti apa yang dilakukan oleh seorang ibu yang berasal dari negeri Jiran, Malaysia. Siti Aminah Sulaiman, sosok yang telah berhasil mendidik anaknya hingga mereka menghafal Al Quran. Kesadarannya untuk berperan aktif membuat wanita ini berusaha membiasakan anak-anaknya agar senantiasa memuliakan Al Quran.

Cara Agar Anak Mencintai Al Quran
Cara Agar Anak Mecintai Al Quran

Meski, sebagai ibu harus menyeselaikan berbagai tugas dan urusan rumah tangga. Namun, ia tak ingin buah hatinya melupakan kalamullah tersebut. Kesungguhannya dalam memberikan pendidikan Al Quran pun terlihat jelas di mana laki-lakinya seperti kecanduan membaca Al Quran. Bahkan, dia tidak bisa berhenti membacanya walaupun hanya sehari. Lantas, bagaimana cara agar anak mencintai Al Quran yang dilakukan ibu Amninah ini? Berikut lima cara yang membuat anak gemar membaca Al Quran.

Berhenti Memerintahkan Anak untuk Membaca Al Quran

Kebanyakan orangtua selalu menyuruh anaknya untuk membaca Al Quran, namun tak jarang anak justru menolaknya. Hal ini tidaklah dilakukan oleh ibu Aminah, sebagai orangtua, dia justru tidak memerintahkan anak, melainkan memberikan tauladan atau contoh yang baik kepada anak-anaknya terlebih dahulu.

Pada saat selesai shalat, Aminah selalu membiasakan diri untuk membaca Al Quran, dengan begitu anak-naknya akan melihat apa yang dilakukan. Untuk beberapa hari pertama, anak-anaknya memang hanya memerhatikan saja. Namun, lama kelamaan mereka mulai tertarik dan mengikuti sampai akhirnya konsisten melakukannya.

Meluangkan Waktu untuk Membuat Halaqah Al Quran

Selanjutnya cara agar anak mencintai Al Quran yang dilakukan ibu Aminah adalah mewajibkan keluarganya untuk membuat halaqah pada hari Jumat, di mana mereka duduk membentuk sebuah lingkaran, kemudian bergantian membaca Al Quran. Biasanya Aminah selalu membaca Surat Al Kahfi.

Memahami Terjemahan Al Quran

Untuk membuat anak tertarik dengan isi atau makna di dalam Al Quran, Siti Aminah membiasakan mentadabburi terjemahan Al Quran. Akhirnya setelah ia konsisten melakuka hal tersebut, anak-anaknya pun semakin penasaran dan ingin mengikuti apa yang dilakukan oleh sang ibu. Saat mereka mendengarkan tadabbur terjemahan Al Quran, anak-anak mulai mengerti makna dari ayat-ayat Al Quran yang setiap hari mereka baca.

Menghafal Al Quran Bersama-sama

Jika biasanya anak-anak selalu menghafal Al Quran sendiri, Aminah justru mengajak buah hatinya untuk menghafal bersama, tujuannya agar mereka lebih bersemangat. Selain itu, Aminah jadi mengerti bagian mana yang menjadi kesulitan anaknya saat menghafal Al Quran, sehingga ia tidak memaksakan secara berlebihan.

Memuji Anaknya di Depan Suami

Bila anaknya membaca Al Quran tanpa disuruh, Aminah akan bercerita perihal tersebut kepada sang suami. Biasanya suaranya akan semakin merdu, mungkin karena sangat senang.

“Serius, saya sudah berhenti memberikan hadiah dan menyuruh anak membaca Al Quran. Kini, di usianya yang hampir menginjak 7 tahun, dia memperlihatkan perbedaan besar dalam sikap dan minat baca Al Quran,” ungkap Aminah.

Bahkan, beberapa kali pernah keluar dari mulut anaknya, “Ibu, aku tidak bisa berhenti baca Al Quran, sudah kecandian. Lalu dia baca dalam suaranya yang paling merdu dan dalam diam air mata saya mengalir,” katanya.

Itulah lima cara agar anak mencintai Al Quran yang kerap dilakukan ibu Aminah. Kesimpulannya, agar anak mencintai Al Quran, orangtua harus lebih dulu memberikan contoh yang baik kepada buah hati dalam kehidupan sehari-hari. Semangat untuk mendidik anak menjadi anak soleh dan solehah yang mencintai Al Quran. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.