12 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan dan Kecantikan

12 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan dan Kecantikan
review.bukalapak.com

Seruni.id – Manfaat daun bidara sangat beragam, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Untuk kamu yang belum tahu, daun bidara adalah pohon yang biasanya hidup di tempat kering. Selain itu, pohonnya pun memiliki banyak cabang dan berduri.

12 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan dan Kecantikan
liputan6.com

Daunnya berbentuk lojong dan berwarna hijau. Nah, khusus pada artikel kali ini, Seruni akan membahas manfaat dan bidara dan cara menggunakannya. Jadi, langsung saja disimak berikut ini, ya!

1. Mengobati Kulit yang Meradang

Daun bidara memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai penenang kulit yang meradang. Sebelum digunakan, sebaiknya daun bidara dihaluskan terlebih dahulu, kemudian oleskan pada area kulit yang meradang. Selain mengobati kulit yang meradang, kandungan anti-inflamasi dari daun bidara ini juga bisa untuk melawan bakteri penyebab iritasi, loh.

2. Melancarkan Haid

Para wanita sepertinya patut bahagia dengan mafaat daun bidara yang satu ini, karena daun yang kaya akan manfaat ini bisa kamu gunakan untuk melancarkan haid. Hal ini dikarenakan ia mampu menyeimbangkan hormone yang bisa membuat siklus haid menjadi lebih teratur. Untuk merasakan khasiat daun bidara, kamu cukup meminum ekstrak daunnya saja. Selain mengonsumsi ekstraknya, cara mengolah daun bidara untuk melancarkan haid ini bisa kamu ikuti sebagai berikut:

• Potong-potong daun bidara dan cuci hingga bersih.
• Rebus daun bidara dengan air matang.
• Saring sisa daun lalu minum air rebusannya.

3. Mengatasi Masalah Sulit Tidur

Kamu memiliki masalah tidur, seperti insomnia? Ternyata hal ini bisa kamu atasi dengan sangat mudah, loh. Yakni hanya menggunakan daun bidara. Daun ini dikenal memiliki kandungan saponin yang dikalim mampu memberikan efek menenangkan. Ketika kamu merasa sulit tidur, kamu bisa mengonsumsi daun bidara secara rutin.

4. Meredakan Depresi

Daun bidara yang memiliki efek menenangkan ini, sangat berguna untuk meredakan depresei, loh. Ketika kamu merasakan gelisah atau rasa khawatir yang berlebih, sehingga sulit untuk berpikir jernih, tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi daun biadara. Cukup minum air rebusan daun bidara saat perasaan sedang tidak tenang atau tak karuan.

5. Mengobati Penyakit Ringan Karena Bakteri dan Virus

Manfaat daun bidara berikutnya, yaitu dapat mengobati penyakit ringan akibat bakteri dan virus. Ini dikerenakan daun bidara mengandung antibakter. Biasanya, orang yang sedang flu akan lebih cepat sembuh jika mengonsumsi daun bidara. Mau coba?

6. Melembapkan Kulit

Jika kamu memiliki kulit kering dan kasar, kamu tak perlu repot-repot membeli produk mahal yang belum tentu cocok untuk kulitmu. Tak ada salahnya untuk memanfaatkan daun bidara, yang memiliki kandungan lemak dan mineral, sehingga dapat mengatasi masalah kulit kasarmu. Cara memanfaatkannya, bisa kamu jadikan sebagai masker. Tapi, sebelumnya harus dihaluskan dulu, ya. Kemudian tambahkan air atau air mawar hingga teksturnya seperti masker. Jika sudah, baru deh diaplikasikan ke area kulit yang kering. Tunggu beberapa menit hingga mongering, lalu bilas dengan air bersih. Mudah, kan?

7. Mengatasi Jerawat

Jerawat yang muncul di wajah, seorang menjadi musuh terberat para wanita. Karena dengan keberadaannya, membuat mereka menjadi kurang percaya diri. Nah, mau tahu gimana cara menghilangkannya? Kamu bisa memanfaatkan daun bidara, dengan kandungan zat antibakterinya, daun bidara dipercaya mampu mengataasi masalah tersebut. Caranya, haluskan daun bidara lalu berikan air atau perasan lemon. Campur hingga merata dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 20 menit atau hingga masker mongering. Lalu bilas sampai bersih. Gunakan rutin setidaknya dua kali dalam seminggu. Bagi kamu yang tidak suka maskeran, kamu bisa memanfaatkan daun bidara untuk kecantikan menjadi toner. Mudah sekali bukan?

8. Mengobati Wasir

Meski wasir bukan penyakit yang mematikan, namun bukan berarti tidak menyiksa penderitanya. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, cukup minum air rebusan dari daun bidara secara rutin setiap hari. Selain itu, aplikasikan juga daun bidara di area anus yang membengkak.

9. Menyehatkan Rambut

Rambut yang sehat dan indah, kini bukan lagi sekadar impian. Sebab, kamu bida mendapatkannya dengan sangat mudah. Yakni hanya menggunakan air rebusan daun bidara sebagai pengganti hair tonic untuk merawat rambutmu. Khasiat dari air rebusan ini dieprcaya dapat mencegah rambut dari kerontokan dan kerusakan. Setelah mengaplikasikan cara ini secara teratur, dijamin deh kamu akan tampil lebih percaya diri.

10. Mencegah Kanker dan Tumor

Belum banyak yang tahu jika manfaat daun bidara dapat membunuh sel-sel kanker. Kandungan di dalamnya ternyata dipercaya dapat menangkal pertumbuhan sel kanker berbahaya yang berisiko tumor. Sudah tertarik untuk mencoba manfaat bidara ini?

11. Mengatasi Diabetes

Jika dibiarkan begitu saja, diabetes bisa menjadi penyakit yang sangat berbahaya. Nah, untungnya penyakit ini ternyata dapat diatasi dengan mengonsumi teh daun bidara. Teh daun bidara sangat ampun mengatasi diabetes karena dapat menstabilkan kadar gula dalam darah dan mengatur sistem perlindungan terhadap produksi insulin.

12. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun bidara untuk kecantikan lainnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Hal ini lantaran, kandungan daun bidara bisa mencegah keriput dan lingakran hitam di area mata. Kamu bisa menggunakan daun bidara sebagai masker dengan campuran madu atau perasan lemon. Oleskan pada wajah dan diamkan hingga mongering kemudian bilas sampai bersih.

Baca Juga: 11 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan yang Masih Sering Diabaikan

Itulah 12 manfaat daun bidara untuk kesehatan hingga kecantikan secara alami. Bahan alami ini dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah dan tentunya tanpa efek samping apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.