11 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan yang Masih Sering Diabaikan

11 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan yang Masih Sering Diabaikan
lifestye.okezone.com

Seruni.id – Daun bawang umumnya dijadikan sebagai taburan pada beragam hidangan masakan. Seperti soto, mie ayam, bubur, dan lainnya. Aromanya yang harum membuat masakan menjadi terasa lebih sempurna. Manfaat daun bawang ternyata tak hanya untuk masakan saja, namun juga baik untuk kesehatan tubuh, loh.

11 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan yang Masih Sering Diabaikan
jpnn.com

Sayuran yang memiliki rasa lebih ringan ini, memiliki banyak nutrisi dan zat sehat yang terkandung di dalamnya. Berikut ini Seruni telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat daun bawang untuk kesehatan. Yuk, intip rangkumannya di bawah ini.

1. Mencegah Anemia

Anemia dapat terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat atau hemoglobin. Akibatnya, sel di dalam tubuh tidak mendapat cukup oksiden dan tidak berfungsi secara normal. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang dapat menambahn asupan zat besi. Daun bawang menjadi solusi yang tepat, sebab di dalamnya mengandung zat besi yang dapat memperbaiki sel darah merah dalam tubuh serta meningkatkan kandungan hemoglobin dan memperkuat jaringan tubuhmu.

2. Mengurangi Stres

Stres bisa diakibatkan oleh berbagai faktor dan bisa dialami oleh siapa saja. Jika saat ini kamu memiliki jam istirahat yang kurang dengan segudang aktivitas yang cukup melelahkan. Kamu bisa memulihkannya dengan mengonsumsi daun bawang. Tak sekadar aromanya yang harum, tetapi khasiatnya sangat luar biasa dalam memperbaiki moodmu.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Banyak makanan yang mengandung senyawa tertentu dan dapat bermanfaat untuk mengurangi tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Daun bawang menjadi salah satu sumber nutrisi belerang yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Sebab, sayuran ini memiliki senyawa seperti allyl sulfida dan flavonoid yang dapat mencegah dan melawan enzim penyebab sel kanker.

4. Menurunkan Gula Darah

Senyawa belerang yang terdapat di dalam daun bawang tidak hanya mampu mengurangi risiko kanker saja. Namun, juga mampu membuat tubuh meningkatkan produksi insulin. Dengan artian, secara tidak langsung daun bawang dapat dikonsumsi untuk mencegah terjadinya diabetes.

5. Melindungi Organ Jantung

Manfaat daun bawang selanjutnya, diklaim memiliki komposisi yang serupa dengan bawang putih maupun bawang Bombay. Komposisi tersebut dipercaya mampu menurunkan peradangan dan menjaga kesehatan jantung. Daun bawang juga memiliki senyawa sulfur yang dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah yang mampu memicu penyakit jantung.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Senyawa belerang yang terdapat pada daun bawang memiliki banyak sekali manfaat yang belum kita ketahui seluruhnya. Diantara yang telah disebutkan di atas, kandungan belerang tersebut terbukti ampuh untuk melindungi otak dari berbagai penyakit dan penurunan fungsi otak akibat faktor usia. Kendati demikian, manfaat ini masih membutuhkan studi lebih dalam terakait hal ini.

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Sebagain besar daun bawang merupakan sumber serat larut. Ini termasuk prebiotik yang berguna untuk menjaga usus agar tetap sehat. Bakteri sehat tersebut menghasilkan asam lemak rantai pendek seperti asetat, propionat dan butirat untuk mengurangi peradangan serta meningkatkan kesehatan pencernaan. Bahkan, sayuran berserat seperti daun bawang memiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Dengan mengonsumsi daun bawang secara rutin, resiko terkena sembelit juga akan menurun.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun bawang selanjutnya yakni dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Di dalam daun bawang mengandung vitamin A yang berguna dalam mengurangi peradangan dan memperkuat tubh dalam melawan infeksi. Dikutip dari Conserve-energy-future, daun bawang memiliki tinggi kadar vitamin E yang terbukti mengurangi penyebaran molekul pro-inflamasi, seperti sitokin. Dengan memiliki imun yang kuat, seseorang tidak akan mudah jatuh sakit serta mencegah tubuh dari flu, demam, maupun pilek.

9. Mencegah Flu

Daun bawang memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Keduanya mampu untuk melawan virus dan flu. Jadi, daun bawang sangat cocok sekali dikonsumsi ketika kamu sedang merasa akan terserang flu maupun pilek.

10. Obat Anti Infeksi

Daun bawang tak sekadar kaya akan serat, vitamin K, zat besi dan aromanya yang harum. Namun, daun bawang memiliki sifat anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang dapat mencegah terjadinya infeksi ketika kamu sedang mengalami luka. Hebat, kan? Meski sering disepelekan, namun sangat kaya khasiatnya.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Daun bawang memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Vitamin K sangat baik untuk kesehatan tulang. Untuk mencegah terjadinya demineralisasi pada tulang, kamu harus memperbanyak mengonsumsi asupan yang mengandung vitamin K. Salah satunya yang terkandung di dalam daun bawang. Vitamin K memiliki peran penting yang dapat dapat memproduksi osteocalcin untuk menjaga kepadatan tulang, agar tulang menjadi kuat dan tidak mudah terserang penyakit tulang lainnya.

Baca Juga: 23 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Itulah beragam manfaat daun bawang yang tidak bisa kamu sepelekan begitu saja. Namun, sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya, kamu perlu memotong dan membuang bagian akar dan ujung daun bawang. Setelah itu, kamu bisa memotong-motong daun bawang dan mencuci lapisan-lapisan daun bawang sebelum diolah atau dikonsumsi.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun bawang, bisa dikonsumsi secara mentah maupun mencampurkannya ke dalam berbagai hidangan. Jika kamu tidak bisa menghabiskan daun bawang, kamu bisa menyimpan daun bawang mentah di dalam kulkas selama kurang lebih seminggu dan memasukkan daun bawang yang sudah dimasak ke dalam kulkas sekitar dua hari. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.