10 Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan

  • Bagikan
10 Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan
99.co

Seruni.id – Manfaat daun cincau sebagai pereda panas dalam, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Daun cincau sendiri merupakan bahan alami yang kerap digunakan untuk membuat makanan sejenis agar-agar dengan nama serupa. Setelah diolah, biasanya teksturnya seperti gel karena daun tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

10 Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan

Biasanya, tanaman yang satu ini tumbuh liar di halaman. Karena hal tersebutlah, membuatnya tidak begitu sulit untuk ditemukan. Terdapat empat jenis tanaman cincau yang bisa dimanfaatkan, mulai dari cincau hitam, hijau, cincau minyak, dan cincau perdu. Tidak hanya sebagai pelengkap minuman pelepas dahaga, daun cincau ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan karena mengandung kabohidrat, lemak, protein, dan senyawa lain seperti polifenol dan flovanoid. Lantas, apa saja sih manfaat daun cincau tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini, ya.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sistem imunitas tubuh berperan penting dalam menjaga kesehatan. Apabila imunitas tubuh sedang tidak stabil, maka kamu akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga imun, terlebih di masa pandemi ini. Untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit, kamu bisa memanfaatkan daun cincau, loh. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti daun cincau, akan membuat sistem kekebalan tubuh dapat membunuh radikal bebas dan beberapa infeksi virus.

2. Mencegah Kanker

Manfaat daun cincau yang kedua, yakni dapat mencegah terjadinya kanker. Seperti yang kita tahu, kanker disebabkan oleh radikal bebas. Nah, untuk melawan radikal bebas, kamu perlu mencukupi tubuh dengan antioksidan. Daun cincau memiliki kandungan alkoloid dan isokondrodendrin. Kedua zat tersebut mampu mencegah terjadi kanker atau tumor ganas.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Khasiat daun cincau untuk diabetes, juga tak diragukan lagi. Olahan daun cincau dapat membantu mengendalukan kadar gula darah dalam aliran darah. Gula sederhana yang terkadung di dalam cincau, tidak menyebabkan lonjakan beberapa senyawa saat dikonsumsi.

4. Baik untuk Pencernaan

Pencernaan memiliki peran penting dalam keberlangsungan fungsi tubuh. Agar tidak mengalami masalah dalam menyerap nutrisi penting, daun cincau dapat memberikan dampak langsung pada pencernaanmu. Dengan mengonsumsi cincau, ini dapat membantu menetralkan sistem pencernaan dan mencegah perut kembung. Jadi, jangan biarkan kondisi dalam tubuh seperti kembung terus kamu alami, ya.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah indra paling penting yang harus dijaga kesehatannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaganya agar tetap sehat. Salah satunya dengan memanfaatkan daun cincau. Manfaat daun cincau untuk mata sangat beragam, terutama untuk mengatasi kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh kondisi degenerasi macula. Manfaat daun cincau ini diperoleh dari kandungan senyawa-senyawa tertentu yang dapat melawan degenerasi macula dan membuat tubuh selalu sehat di usia lanjut.

6. Menyembuhkan Sakit Perut Akibat Diare

Pernah mengalami diare? Tentunya hal ini membuatmu tidak nyaman, kan? Ketika kamu sedang mengalami diare, secara alami daun cincau pun sangat berkhasiat untuk mengatasinya. Caranya yakni dengan mengonsumsi olahan daun cincau, untuk dapat menghilangkan sakit perut dan membersihkan bakteri dari sistem pencernaan. Manfaat daun cincau ini didapat karena mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan senyawa lainnya seperti polifenol dan flovanoid.

7. Mengatasi Hipertensi

Senyawa tentandrin sangat berguna untuk mengatasi masalah hipertensi. Di mana senyawa ini dapat menyebabakn pelebaran pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih lancar. Sistem sirkulasi darah yang lancar akan mengatasi tekanan darah tinggi agar kembali normal. Untuk mengobati tekanan darah tinggi ini, kamu bisa mengonsumsi olahan daun cincau, setidaknya tiga kali dalam seminggu.

8. Meredakan Demam

Manfaat daun cincau untuk kesehatan lainnya, yaitu dapat menjadi obat pereda demam. Hal ini karena di dalamnya terkandung sopanin dan antioksidan. Namun, bagaimana cara memanfaatkannya? Mudah saja, hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun cincau, lalu cuci hingga bersih. Kemudian peras dengan air matang dan minum air perasannya.

9. Mengobati Malaria

Malaria adalah salah satu penyakit yang umum ditemukan di daerah tropis. Penyakit yang satu ini memang sulit diobati. Namun, dengan mengonsumsi daun cincau, dapat meringankan gejalanya.

10. Mengobati Keracunan Makanan Laut

Meski makanan laut sangat lezat dan baik untuk kesehatan tubuh, ternyata ada beberapa orang yang tidak dapat mengonsumsi makanan laut. Beberapa di antaranya bisa keracunan ketika mengonsumsi salah satu jenis seafood. Jika hal ini terjadi, tidak perlu cemas. Untuk mengatasi keracunan makanan laut, kamu bisa mengonsumsi olahan daun cincau. Hal ini karena daun cincau memiliki senyawa antioksidan yang dapat membantu seseorang ketika keracunan seafood.

Baca Juga: Cara Membedakan Cincau Hitam Asli dan Palsu

Demikianlah manfaat daun cincau untuk kesehatan. Apakah kamu ingin menggunakan daun cincau sebagai obat herbal untuk keluarga?

  • Bagikan
seruni.id