8 Tips Khusus Merawat Rambut Kering Agar Lebih Sehat dan Indah

  • Bagikan
8 Tips Khusus Merawat Rambut Kering Agar Lebih Sehat dan Indah
womantalk.com

Seruni.id – Merawat rambut kering tidak cukup hanya dengan keramas saja, loh. Sebab, masih ada tahapan perawatan khusus lain agar mahkota kepalamu dapat lebih sehat, lebat, dan indah. Biasanya, rambut yang kering disebabkan karena kurangnya nutrisi, sehingga membuatnya tidak berkilau, kusam, dan mengembang.

8 Tips Khusus Merawat Rambut Kering Agar Lebih Sehat dan Indah
review.bukalapak.com

Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa tips khusus merawat rambut kering yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kilau dan kelembapannya. Apa saja tipsnya?

1. Gunakan Minyak Alami untuk Perawatan Sebelum Keramas

Minyak alami sangat bermanfaat sebagai salah satu perawatan rambut kering. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah minyak kelapa, minyak ini sangat populer untuk perawatan kulit rambut dan rambut. Selain minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan minyak alpukat, loh. Minyak alpukat adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut.

Ada pula minyak argan yang digunakan untuk merawat rambut kering dan bercabang. Atau kamu bisa memilih minyak zaitun untuk menutrisi rambut kering. Apapun pilihanmu, pastikan mengaplikasikannya secara keseluruhan, ya. Mulai dari ujung rambut hingga ke akar, setelah itu tutup dengan topi mandi, dan biarkan selama satu jam sebelum membilasnya.

2. Biarkan Rambut Kering Alami

Bagaimana caramu mengeringkan rambut setelah keramas? Menggunakan alat pengeringkah? Perlu diingat, menggunakan alat pengering rambut seperti hairdryer terlalu sering, hanya akan membuat rambut rusak, loh. Hal ini karena suhu panasnya. Agar rambut tidak rusak, sebaiknya biarkan rambut kering secara alami. Memang membutuhkan waktu untuk terbiasa mengeringkan rambut secara alami. Tapi, jika sudah terbiasa, kamu akan melihat tekstur alami yang indah dari rambutmu yang bersinar.

3. Menggunakan Sisir

Sikat rambut memang berguna untuk menata rambut, tapi sayangnya cara ini hanya menguraikan ramut kusut secara paksa, apalagi jika kamu memiliki rambut kering dan mudah patah. Untuk merawat rambut kering, Seruni sarankan sebaiknya gunakanlah sisir bergigi jarang. Pilah bagian kusut secara perlahan dari ujung hingga ke akar untuk menghindari rambut patah.

4. Gunakan Masker Rambut

Bukan hanya wajah yang harus mendapatkan perawatan seperti memakai masker, ternyata rambut juga butuh perawatan, loh. Selin kondisioner, penggunakan masker rambut juga memberikan nutrisi untuk rambut dan kulit kepala serta menjaganya agar tetap halus dan lembut. Apalagi, kamu bisa membuat masker rambutnya sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan.

Di antaranya adalah greek yogurt, madu, dan minyak zaitun. Setelah bahan-bahan terkumpul, barulah campurkan dua sendok makan minyak zaitun dengan yogurt di mangkuk kecil. Kemudian panaskan satu sendok madu dengan satu sendok minyak zaitun di panci kecil, tuangkan campuran yogurt tersebut dan aduk hingga rata. Aplikasikan masker secara merata pada seluruh bagian rambut, jangan lupa sambil dipijat unutk melancarkan sirkulasi. Setelah 30-45 menit, barulah bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan masker sekali dalam seminggu dan jadikan sebagai ritual kecantikanmu.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang kita konsumsi ternyata berpengaruh terhadap kesehatan rambut, loh. Sehingga kita sangat dianjurkan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat sebagai salah satu cara merawat rambut kering. Apa saja sih makanan sehat yang harus kita konsumsi? Misalnya adalah ikan salmon, mengonsumsi ikan salmon dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Selain itu, konsumsilah sayur bayam untuk mengatasi rambut yang rapuh, dan jambu biji untuk mencegar kerusakan.

6. Potong Ujung Rambut

Tips merawat rambut kering berikutnya adalah memotong bagian ujung rambut secara rutin, hal ini akan membuat rambut menjadi lebiih sehat. Sebab, salah satu ciri rambut kering adalah pada bagian ujungnya yang bercabang. Agar rambut tidak kering, sangat disarankan untuk melakukan pemotongan ujung rambut setiap dua hingga tiga bulan sekali.

7. Gunakan Sampo yang Tepat

Pemilihan sampo yang tepat menjadi salah satu tips merawat rambut kering. Pastikan sampo yang kamu gunakan sesuai dengan jenis rambut, dan dalam hal ini, gunakanlah sampo khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Untuk mempertahankan kelembapan dan kadar air di kulit kepala, pilihlah sampo yang mengandung dimethicone. Perlu kamu ketahui, bahwa kulit kepala yang kering adalah pemicu terjadinya rambut kering. Kondisi ini juga berkaitan dengan munculnya ketombe.

Untuk menghindari atau mengatasinya, pilihlah sampo yang mengandung cocamidopropyl betaine, natrium benzoat, dan methylcloroisothaizolinone. Selain itu, kamu juga bisa memilih sampo yang mengandung zinc pyrithione dan mental. Kandungan tersebut tidak hanya dapat mencegah dan mengatasi ketombe saja, tapi juga bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal, mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala, dan memberikan sensasi yang menyegarkan di kulit kepala.

8. Berikan Perlindungan yang Cukup

Tips merawat rambut kering selanjutnya, pastikan kamu selalu melindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari terlalu lama. Apabila cuaca di luar terlalu panas, kenakanlah topi saat beraktivitas di luar rruangan. Kamu juga bisa menggunakan penutup kepala saat mandi atau ketika berenang di kolam renang atau laut, hal ini guna melindungi rambut dari klorin dan air garam.

Baca Juga: 10 Kesalahan Gaya Rambut yang Membuat Wajah Tampak Tua

Dengan mengikuti 8 tips merawat rambut kering seperti yang sudah Seruni sebutan di atas, dapat membantu mengurangi masalah rambut kering, asalkan dilakukan secara rutin. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan tips di atas, ya. Selamat mencoba!

  • Bagikan