Mudah Ditemukan, Ini 11 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

  • Bagikan
Mudah Ditemukan, Ini 11 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan
bola.com

Seruni.id – Tampaknya kita sudah tidak asing lagi dengan hidangan dari singkong, termasuk bagian daunnya. Daun singkong kerap dimasak menjadi gulai atau ditumis. Tentunya rasanya sangat nikmat sekali. Namun, masih sedikit orang yang tahu bahwa manfaat daun singkong untuk kesehatan itu sangat beragam, loh.

Mudah Ditemukan, Ini 11 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan
lensapena.id

Apakah kamu termasuk salah satunya yang tidak tahu? Kalau iya, langsung saja simak beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan berikut ini yuk!

1. Menjadi Sumber Energi

Manfaat daun singkong untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menjadi sumber energi. Sebab, di dalamnya terkandung asam amino esensial. Zat tersebut berperan penting dalam mengubah karbohidrat menjadi energi untuk beraktivitas.

2. Mengatasi Masalah Diare

Saat diare perut akan terasa tidak nyaman dan aktivitas pun menjadi terganggu. Untuk meredakannya, kamu bisa memanfaatkan daun singkong. Karena daun tersebut dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah ini.

Tentunya hal ini telah dibuktikan melalui penelitian dari Journal of Ayurvedic and Inegrative Medicine, di mana ekstrak daun singkong diberikan kepada tikus lab yang mengalami diare. Alhasil, gejala pun berkurang, sama halnya seperti menggunakan obat anti-diare.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Di masa pandemi ini, tubuh memerlukan imunitas yang cukup, tujuannya agar kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit dan virus berbahaya. Mengapa manfaat daun singkong dapat meningkatkan imun? Hal ini karena di dalamnya terkandung vitamin C dan folat. Di mana keduanya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan menyerang anti virus dan bakteri.

Selain itu, daun singkong juga merupakan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas diketahui memiliki kaitan dengan risiko terjadinya kanker. Untuk itu, folat membantu produksi sel dalam tubuh, sehingga membantu dalam pembuatan materi genetik untuk kehidupan dan mencegah mutasi DNA.

4. Memenuhi Kebutuhan Protein

Manfaat daun singkong yang tak kalah luar biasanya yakni mampu mencukup kebutuhan protein di dalam tubuh. Sebab, kadar protei di dalam daun singkong cukup tinggi. Bahkan, jumlah total asam amino esensial pada protein daun singkong sama dengan yang terdapat pada telur ayam.

Itu artinya, kandungan protein pada daun singkong lebih besar daripada sayuran lainnya, misalnya daun bayam, kedelai, oat, hingga bulir padi. Jadi, tak perlu heran jika daun singkong dapat memenuhi kebutuhan protein harianmu.

5. Mengatasi Radang Sendi

Bagi kamu yang mengalami radang sendi, cobalah mengonsumsi daun singkong secara rutin. Karena daun singkong mengandung mineral magnesium yang baik untuk mengatasi masalah ini. Kandungan magnesiumnya mampu memadatkan isi tulang. Selain mengatasi radang sendi, daun singkong juga mampu menurunkan risiko patah tulang.

6. Menjadikan Kulit Lebih Sehat

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, tidak cukup hanya dirawat dari luar saja, tapi juga dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Banyak yang belum tahu nih, kalau manfaat daun singkong dapat menyehatkan kulit. Karena di dalamnya mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini baik untuk menangkal radikal bebas dari polusi udara atau sinar matahi yang dapat memicu kanker kulit. Tidak hanya itu, kulit pun akan terlihat lebih sehat dan terbebas dari penuaan dini.

7. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sejumlah penelitian menyebutkan, bahwa kandungan beta karoten yang terdapat di dalam daun singkong baik untuk meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Zat tersebut turut andil dalam menjaga fungsi otak dan memori. Para peneliti menemukan manfaat daun singkong yang satu ini dapat diperoleh jika asupan beta karoten dikonsumsi dalam jangka panjang, kurang lebih sekitar 18 tahun. Meski demikian, penelitian ini memerlukan studi lanjutan.

8. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun singkong juga sangat baik dikonsumsi oleh kamu yang ingin menurunkan berat badan, loh. Sebab, daun singkong memiliki kalori yang rendah dan kandungan serat serta protein yang tinggi. Namun, jangan lupa imbangi dengan rutin berolahraga, ya.

9. Melancarkan Pencernaan

Apakah sistem pencernaanmu sedang terganggu? Cara mengatasinya mudah, kok. Yakni dengan mengonsumsi sayur daun singkong. Pasalnya, daun singkong mengandung serat yang akan membuat usus besar kamu semakin sehat.

10. Meningkatkan Produksi ASI

Ternyata olahan daun singkong juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Khasiatnya yakni dapat meningkatkan produksi air susu ibu (ASI). Produksi ASI bisa bisa bertambah karena daun singkong kaya akan kandungan vitamin dan mineral.

11. Baik untuk Kesehatan Mata

Daun singkong mengandung beta-karoten, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Sedangkan singkongnya, diperkaya dengan vitamin A dan senyawa seperti bakarotennya yang dapat meningkatkan kesehatan mata di masa depan. Sehingga, manfaat daun singkong mampu mencegah kebutaan atau penglihatan yang buruk di masa yang akan mendatang.

Baca Juga: 22 Olahan Makanan Singkong Khas Indonesia, dari yang Jadul Hingga Kekinian

Itulah 11 manfaat daun singkong untuk kesehatan. Meski memiliki beragam manfaat, tapi sebaiknya dikonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan, ya.

Apalagi, jika dikonsumsi secara mentah atau setengah matang, dikhawatirkan menyebabkanmu keracunan sianida. Jadi, pastikan kamu mengolahnya dengan baik dan matang, agar manfaatnya bisa kamu dapatkan secara maksimal.

  • Bagikan
seruni.id