5 Manfaat Jintan Putih

0
Gambar Via: healthline.com

Seruni.id – Buat kamu yang suka main di dapur alias masak, pasti sudah tidak asing lagi dengan rempah yang satu ini. Ya, jintan putih. Rempah yang satu ini terbuat dari biji tanaman Cuminum cyminum (cumin). Jintan putih jelas berbeda dengan jintan hitam, ya. Jadi, manfaatnya untuk kesehatan tubuh pun berbeda. Lantas, apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rempah satu ini?

Related image
Gambar Via: ebuzzspider.com

Antibakteri dan Antiperadangan

Bahan aktif dalam biji jintan putih memiliki efek antiradang. Dan jika dikonsumsi, rasa sakit akibat peradangan pun akan berkurang. Komponen yang disebut megalomicin juga memiliki sifat antibiotik, sehingga mampu mengurangi resistensi obat dari bakteri tertentu, dan dapat membunuh bakteri yang biasa menyerang sistem imun.

Kaya Antioksidan dan Sumber Zat Besi

Walaupun bentuknya kecil seperti biji padi, tapi rempah yang satu ini mengandung banyak nutrisi. Dalam satu sendok teh biji jintan putih utuh terdapat:

  • 8 kilokalori
  • 0,37 g protein
  • 0,47 g lemak
  • 0, 92 karbohidrat
  • 1,4 mg zat besi

Kamu bisa memenuhi 17,5% kebutuhan zat besi setiap hari dengan mengonsumsi 1 sendok teh jintan putih. Dan asupan zat besi yang terpenuhi akan mendukung pertumbuhan anak serta kesehatan wanita hamil. Selain itu, terdapat juga beberapa antioksidan pada rempah ini, seperti:

  • Terpen,
  • Fenol,
  • Flavonoid,
  • Apegenin,
  • Luteolin, dan
  • Alkaloid.

Mampu mengurangi kerusakan tubuh akibat radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan mengurangi risiko penyakit kanker.

Baca Juga: 3 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Biasanya, jintan putih digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti:

  • Diare,
  • Sakit perut, dan
  • Perut kembung.

Dan rempah ini dikonfirmasi dapat meningkatkan aktivitas enzim pencernaan dengan merangsang empedu mencerna lemak dan nutrisi tertentu. Pada sebuah penelitian, menunjukkan bahwa jintan putih bisa meringankan gejala Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS).

Sebanyak 57 pasien dengan IBS diminta mengonsumsi minyak jintan putih selama dua hingga empat minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa gejala sakit perut, perut kembung, sembelit, hingga diare pun menjadi lebih ringan setelah mengikuti perawatan.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Studi juga menunjukkan penggunaan suplemen jintan putih dapat membantu menurunkan kadar gula darah serta kadar hbA1c dalam darah. Rempah satu ini juga memiliki disinyalir mampu mengobati diabetes.

Penyakit diabetes yang dapat merusak sel-sel sehat di alam tubuh dengan AGEs, yakni senyawa yang menyebabkan peradangan. Nantinya senyawa tersebut akan dibuat ketika gula yang mengalir dalam darah menempel pada protein yang mengganggu fungsi normal dari protein.

Nah, rempah yang satu ini dipercaya mengandung komponen yang bisa menghambat produksi AGEs. Namun, sayangnya belum banyak penelitian lebih lanjut yang membahas tentang manfaat satu ini.

Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol

Dan manfaat jintan putih yang terakhir adalah dipercaya bisa menurunkan berat badan dan kadar kolesterol seseorang. Hipolipidemik merupakan zat yang membantu tubuh untuk mengontrol kadar lemak tinggi yang dapat merusak jantung serta meningkatkan kadar kolesterol. Dan jintan putih dianggap memiliki sifat hipolipidemik itu.

Image result for cumin benefits
Gambar Via: puro.pk

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan suplemen jintan dengan yogurt sebanyak dua kali dalam sehari selama satu bulan, bisa membantu mengurangi kadar trigliserida. Penelitian juga membeberkan fakta bahwa mengonsumsi jintan hitam setiap hari selama tiga bulan dapat mengurangi:

  • Berat badan,
  • Ukuran pinggang, hingga
  • Lemak tubuh yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.