6 Manfaat Jus Mentimun untuk Program Diet

  • Bagikan
6 Manfaat Jus Mentimun untuk Program Diet
ambojafarm.com

Seruni.id – Apa sih manfaat jus mentimun untuk program diet? Sebenarnya manfaatnya sangat banyak, tak heran kalau banyak orang yang sering mengonsumsinya. Meski sering dianggap sebagai sayuran, mentimun sebenarnya adalah buah yang tinggi nutrisi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa antioksidan tertentu pada mentimun dapat membantu mengobati dan mencegah beberapa kondisi.

6 Manfaat Jus Mentimun untuk Program Diet
waspada.co.id

Melansir dari laman Menshealth, salah satu senolitik terbaik yang tersedia adalah senyawa alami dalam mentimun. Secara signifikan, mentimun dapat mengurangi peradangan dan faktor utama dalam meningkatkan pertahan tubuh. Buah yang mengandung banyak air dan serat larut ini, membuatnya ideal dalam memberikan manfaat untuk kamu yang sedang melakukan program diet. Adapun manfaat jus mentimun untuk program diet yang harus kamu rasakan adalah sebagai berikut:

Manfaat Jus Mentimun

1. Rendah Kalori

Manfaat jus mentimun untuk program diet yang pertama adalah rendah kalori. Dalam satu porsinya, hanya memiliki kandungan kalori sebanyak 16 kalori saja. Sehingga, baik untuk dijadikan pengganti minuman berkalori lainnya, seperti soda. Mengonsumsi jus mentimun setidaknya satu kali dalam seminggu saja, sudah bisa menurunkan berat badan cukup banyak. Dan pastinya jus ini sangat ramah di lambung serta sistem pencernaan secara menyeluruh.

2. Mampu Menghidrasi dan Memberikan Asupan Cairan Harian

Tubuh harus mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap harinya, hal ini tentunya agar tubuh terhindari dari dehidrasi. Selain dari air putih, kamu juga bisa mendapatkan asupan cairan dari jus mentimun, loh. Sebab, buah mentimun memiliki beberapa vitamin, mineral, dan kandungan air yang tinggi. Fakta lain juga menyebutkan, kalau buah mentimun juga memiliki kandungan elektrolit penting untuk mencegah dehidrasi.

Melansir dari laman Healthline, hidrasi yang tepat dapat memengaruhi kinerja fisik hingga metaboliesme. Buah dan sayuran mentimun bisa menjadi sumber air yang baik dan sangat efektif memenuhi kebutuhan cairan harian. Jadi, jus mentimun dapat menjadi kunci utama dapat menurunkan berat badan dengan sehat dan mampu menghidrasi tubuh secara menyeluruh.

3. Mengurangi Kembung dan Membantu Detoksifikasi

Manfaat jus mentimun untuk diet selanjutnya, juga sangat baik untuk mengurangi tampilan bengkak di sekitaran perut. Tubuh manusia sendiri membutuhkan proses mengeluarkan racun yang disebut sebagai detoksifikasi. Mentimun akan bekerja sebagai diuretik untuk membantu membuang air kecil, mengeluarkan cairan berlebih beserta racun. Dengan ini, maka tampilan kembung dan membengkak di sekitar perut bisa dikurangi sekaligus mengencangkan otot di area perut.

4. Menenangkan Iritasi

Perlu kalian tahu, bahwa semua kalori dalam mentimun berasal dari serat untuk membantu meningkatkan kesehatan usus dan keteraturan buang air besar. Mengonsumsi banyak makanan sehat seperti mentimun dapat mencegah dari sembelit dan membantu menjaga kesehatan agar tetap berjalan. Sedangkan tukak lambung dapat menyebabkan perut kembung yang sangat menganggu area perut. Buah mentimun bisa menjadi solusi terbaik untuk mencegah peradangan dan meredakan iritasi lapisan lambung selama menjalankan program diet.

5. Sumber Energi dan Bebas Lemak

Sebuah studi membuktikan, bahwa lemak dan penurunan berat badan bisa berhasil tergantung dari asupan lemak dan kandungan rendah kalori dalam asupan makanan. Mentimun memiliki nol kandungan lemak dan rendah kalori, sehingga menjadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi setiap hari dan juga sebagai sumber energi, camilan dalam program diet untuk menurunkan berat badan.

6. Menurunkan Berat Badan

Karena kandungan nutrinya yang luar biasa, mengonsumsi jus mentimun akan membuat perut terasa kenyang lebih lama, ditambah fungsi mentimun yang mampu meluruhkan lemak sekaligus mengurangi kandungan kalori dalam makaan. Sehingga kamu bisa menjadikan jus mentimun sebagai salah satu pilihan minuman sehat untuk dikonsumsi secara teratur ketika sedang diet.

Cara Membuat Jus Mentimun

Melansir dari laman Fimela, berdasarkan sebuah penelitian, rutin mengonsumsi jus buah mentimun yang dicampur dengan tomat selama satu bulan, akan membantu menurutnkan berat badan hingga 3 kg. Tertarik untuk membuatnya? Simak caranya berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 1 sendok teh lada hitan (bubuk)
  • 1 buah mentimun (cuci bersih, iris kecil)
  • 3 buah tomat (iris kecil-kecil)

Cara membuat:

  • Sebelum membuatnya, pastikan kamu telah mencuci mentimun dan tomat hingga bersih.
  • Kemudian, masukkan ketiga bahan tersebut ke dalam blender, dan haluskan.
  • Saring dan minum jus yang telah jadi setiap pagi sebelum sarapan.

Baca Juga: Baru Tahu, Ternyata Mentimun Berkhasiat Sekali Untuk Ini…

Dengan rutin mengonsumsi jus mentimun, berat badan akan turun dengan baik secara bertahap dan sistem pencernaan akan semakin lancar. Meski jus ini sangat bermanfaat, tapi kamu harus ingat, bahwa berat badan tidak akan turun jika kamu hanya mengonsumsi jus ini saja. Pastikan kamu tetap harus menjaga pola hidup dan pola makan.

Kurangi ngemil, istirahat yang cukup, olahraga yang cukup, serta hindari pikiran-pikiran negatif akan tidak stres. Disadari atau tidak, stres sangat berpengaruh terhadap berat badan, loh. Semoga informasi ini bermanfaat!

  • Bagikan
seruni.id