11 Manfaat Makan Es Krim bagi Kesehatan

  • Bagikan
11 Manfaat Makan Es Krim bagi Kesehatan
kompas.com

Seruni.id – Tak sekadar enak dan membuat mood menjadi baik, ternyata ada beragam manfaat makan es krim bagi kesehatan, loh. Apa saja ya manfaatnya?

11 Manfaat Makan Es Krim bagi Kesehatan
jawapos.com

Siapa sih yang tidak suka makanan beku dan bersuhu dingin yang satu ini? Es krim memang tak pernah gagal menyajikan kenikmatannya, mau siang atau malam, terik atau dingin, tak ada yang bisa menolak untuk makan es krim. Apalagi, kini es krim memiliki beragam rasa yang menggugah selera. Pastinya tak sedikit dari kamu yang gagal diet karenanya.

Namun, rasanya kurang lengkap jika kamu hanya mengetahui berbagai variannya saja, tanpa tahu manfaat makan es krim bagi kesehatan. Nah, pada artikel ini Seruni akan membocorkan beberapa manfaat makan es krim berikut ini nih. Buat para pencinta es krim, kamu wajib banget tahu!

1. Sumber Vitamin

Banyak yang mengatakan, makan es krim itu tidak baik untuk kesehatan. Padahal, es krim mejadi salah satu sumber vitamin, loh. Seperti yang sudah kita ketahui, tubuh membutuhkan asupan vitamin setiap harinya. Di dalam es krim, terkandung banyak vitamin yang dapat mencukupi kebutuhan vitamin tubuh setiap hariya.

Mulai dari vitamin A, vitamin D, vitamin K, dan vitamin B12. Dari sekian banyak vitamin yang ada di dalam es krim, susu menjadikan es krim kaya akan vitamin. Manfaat vitamin tersebut pastinya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Merangsang Otak Bekerja Lebih Baik

Manfaat makan es krim berikutnya, yaitu dapat merangsang otak agar bekerja lebih baik lagi. Bahkan, sebuah penelitian di Kyorin University menyebutkan, bahwa es krim dapat membuat kita menjadi lebih fokus menjadi aktivitas.

Selain itu, mengonsumsi es krim di pagi hari, akan memberikan dorongan pada otak agar bekerja lebih efektif. Kalangan ahli diet juga menyebutkan, es krim dapat meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Zat tersebut memicu kita lebih waspada dan terjaga.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Siapa bilang makan es krim bisa membuat berat badan bertambah? Justru sebaliknya, loh. Manfaat makan es krim dapat membantumu dalam program menurunkan berat badan. Meski terdengar aneh, tapi suhu tubuh akan cenderung naik ketika kamu memakan sesuatu yang dingin. Sehingga, lemak dan kalori akan terbakar lebih baik lagi. Kendati demikian, mengonsumsinya harus sesuai takaran agar mendapatkan manfaatnya secara optimal.

4. Melindungi Gigi dan Gusi

Es krim yang terbuat dari olahan susu, tentunya mengandung kalsium lebih banyak. Di mana kalsium bermanfaat untuk melindungi gigi dan gusi agar tetap kuat. Sehingga, mengonsumsi es krim dengan jumlah yang cukup, akan membantu mencegah terjadinya pengroposan pada gigi sekaligus menghindari dari ancaman gigi berlubang. Namun, perlu digarisbawahi, kamu akan mendapatkan manfaat makan es krim ini, hanya ketika kamu mengonsumsi es krim yang terbuat dari susu, ya.

5. Memperbaiki Susana Hati

Suasana hati yang kacau akan membuat aktivitas terganggu. Untuk memperbaikinya, tentu saja dengan refreshing atau sedakar mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan mood, salah satunya adalah es krim. Ketika kamu memakan es krim, suasana hati akan kembali seperti semula. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, ya. Jadi, ketika kamu memakan es krim, tubuh otomatis menghasilkan hormon yang dikenal sebagai seratonin, yaitu hormon yang berperan untuk membuatmu bahagia.

6. Meningkatkan Energi

Terlepas dari kandungan vitamin, mineral, dan kalsium di dalamnya, makanan lezat ini juga bisa menjadi sumber energi, loh. Es krim kaya akan protein, lemak, dan karbohidrat untuk membantu tubuh menghasilkan lebih banyak energi. Protein di dalamnya juga bisa memperbaiki kerusakan jaringan otot di tubuh.

7. Menguatkan Tulang

Meski masih berusia muda, bukan berarti kamu mengabaikan kesehatan tulang begitu saja, ya. Kesehatan tulang harus dijaga sedini mungkin. Mengingat saat berusia lanjut nanti, tulang cenderung mudah rapuh. Sejak duduk di bangku sekolah, mungkin kamu sudah tahu, bahwa kalsium dapat membantu tulang dan gigi agar menjadi lebih kuat.

Faktanya, 99% dari tulang dan gigi terbuat dari kalsium. Untungnya, es krim juga mengandung kalsium. Karena tubuh kamu tidak memproduksi kalsium secara alami, maka kamu harus menemukan cara untuk memasukkan kalsium ke dalam tubuh. Caranya pun banyak, bisa melalui makanan, suplemen, dan tentu saja es krim!

8. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Banyak dari kita yang mungkin belum tahu tentang manfaat makan es krim yang satu ini. Es krim memiliki manfaat yang sama seperti buah-buahan, yakni dapat menjaga daya tahan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan susu pada es krim. Susu menjadi salah satu bahan utama dari kebanyakan varian es krim yang dijual di pasaran. Susu yang tersusun dari laktoferin memiliki peran sebagai zat pertahanan tubuh.

9. Menjadi Obat Flu

Tak sedikit yang beranggapan, bahwa makan es krim hanya akan membuat tubuh terserang flu. Namun, pada kenyataannya, es krim atau minuman lainnya tidak ada hubungannya dengan flu, loh. Sebab, flu terjadi akibat adanya vitus yang menyerang ketika daya tahan tubuh rendah. Dengan mengonsumsi es krim, justru daya tahan tubuh akan meningkat. Sehingga, flu akan perlahan-lahan membaik.

10. Meredakan Nyeri Tenggorokan

Seorang konsultan kesehatan, yang bekerja di Mayo Medical School Rochester, James Stecklberg menyatakan, untuk mengonsumsi es krim sebagai obat alternatif meredekan nyeri tenggorokan. Hal ini karena kandungan susu pada es krim, dapat memberikan asupan kalori sementara saat seseorang enggan mengonsumsi makanan karena merasa sakit pada tenggorokan.

11. Mendatangkan Kebahagiaan

Pernah melihat adegan film, di mana seseorang yang sedih kmeudian menyendiri sambil makan es krim? Usut punya usut, itu merupakan sesuatu yang nyata di mana es krim bisa membuat kamu tenang sekaligus mendatangkan kebahagiaan. Mengonsumsi es krim, dapat membantu memperoduksi serotonin, hormon yang dapat memberikan rasa nyaman di dalam tubuh.

Karena manfaat makan es krim efektif untuk mendatangkan kebahagiaan, beberapa profesional medis merekomendasikan bahwa kamu harus selalu menyimpan es krim di dalam rumah untuk berjaga-jaga. Kita tidak pernah tahu kan kapan kesedihan akan menyerang?

Baca Juga: 10 Resep dan Cara Membuat Es Krim di Rumah, Segar dan Bervariasi

Itulah beberapa manfaat makan es krim yang bisa kamu rasakan. Meski memiliki banyak manfaat, tapi kamu harus ingat, bahwa segala yang berlebihan itu tidaklah sehat, loh. Jadi, tetap kontrol konsumsi es krim yang kamu makan, ya!

  • Bagikan
seruni.id