Bacaan Doa Belajar, Singkat dan Mudah Dihafal

  • Bagikan
Bacaan Doa Belajar, Singkat dan Mudah Dihafal
blog.elevenia.co.id

Seruni.id – Sebelum mulai melakukan seuatu, tentu harus diawali dengan berdoa. Begitu pun ketika hendak menuntut ilmu, doa belajar wajib kita panjatkan, baik sebelum maupun sesudahnya. Ketika kita memanjatkan doa belajar, maka itu merupakan sebuah permohonan kita, agar mendapatkan keberkahan dan ridho dari Allah SWT.

Bacaan Doa Belajar, Singkat dan Mudah Dihafal
haibunda.com

Dengan begitu, niscaya kita akan diberi kemudahan dalam memahami pelajaran dan menambah wawasan serta kecerdasan. Selain itu, kita juga akan dimudahkan dalam menyerap ilmu. Lalu, seperti apa doa belajar yang bisa kita panjatkan? Berikut ini Seruni akan memberikan beberapa bacaan doa sebelum belajar dan sesudah belajar, secara lengkap dan sesuai sunnah, baik dalam bahasa Arab maupun latin.

Kumpulan Doa Belajar

1. Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

“Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alni minash-shoolihiin”

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh.”

2. Doa Belajar yang ke-2

Doa belajar yang kedua ini, biasa kamu panjatkan pada waktu yang mustajab. Sebab, di dalam doa tersebut, terkandung beberapa permintaan lainnya yang sangat baik. Adapun bacaan doa sebelum belajar yang bisa kamu amalkan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

“Allahumma innii au’dzubika min i’lmi laa yanf’a, wamin qolbii laa yakhasya, wamin nasfsyii laa tasya’a, wamin dua’a in laa yus m’a”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak beramnfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar (tidak dikabulkan).” (HR. Abu Dawud no. 1548, An-Nasa’i no. 5536, dan Ibnu Majah no. 3837).

3. Doa Sebelum Belajar ke-3

Doa belajar berikut ini, sebenarnya memiliki inti yang sama seperti doa yang sudah Seruni sebutkan di atas. Namun, kamu tetap bisa memakai doa ini ketika hendak melakukan ujian, agar diberikan kemudahan dan pemahaman.

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

“Rodhlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidmi ilman nafi’a warzuqni fahma.”

Artinya: “Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebaai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik.”

4. Doa Belajar Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat

Setiap ilmu yang kita dapat, tentu diharapkan bisa mendatangkan manfaat. Entah untuk diri sendiri maupun orang lain. Maka dari itu, panjatkanlah doa belajar agar kita bisa mendapatkan manfaatnya. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

“Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni wa zidni ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulli halin.”

Artinya: “Ya Allah, berilah kemanfaatkan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku. Berikanlah aku ilmu yang bermanfaat dan tambahkan ilmu padaku. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.”

5. Doa Sebelum Belajar ke-5

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

“Allahumma inniy as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Ibnu as-Sunni).

Doa belajar yang Seruni sebutkan di atas, bisa kamu bacakan setelah salat subuh. Doa ini juga merupakan salah satu bagian dari dzikir pagi, loh.

6. Doa Sebelum Belajar ke-6

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akhimnaa binuuril fahmi, waftah ‘alainaa bima’rifatil ilmu, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin.”

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karunia-Mu bagi kami, wahai Dzat yang Maha Pengasih.”

7. Doa Belajar ke-7

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Robbis rohlii shodrii wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qaoulii.”

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

8. Doa Belajar ke-8

اَللّٰهُمَّ اَلْهِمْنَاعِلْمًانَفْقَهُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَنَوَاهِيَكَ وَارْزُقْنَافَهْمًانَعْلَمُ بِهٖ كَيْفَ نُنَاجِيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَا. اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَافَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَاِلْهَامَ الْمَلاَءِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Allahumma alhimnaa ‘ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na’lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina.”

Artinya: “Ya Allah, berilah kami ilham berupa ilmu, yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan-Mu, dan karuniailah kami pemahaman, yang dengannya kami dapat mengetahui bagaimana kami bermunajat kepada-Mu, Wahai Dzat yang Paling Pengasih.

Ya Allah, karuniakanlah kepada kami pemahaman seperti pemahaman para Nabi, daya hapal seperti daya hapal para Rasul, dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, berkat rahmat Engkau, wahai Dzat yang Paling Pengasih di antara para pengasih.”

Kumpulan Doa Setelah Belajar

Kita memang dianjurkan untuk mengucapkan Alhamdulillah, ketika kita mampu atau selesai melakukan sesuatu. Namun, selain mengucapkan rasa syukur, ada doa setelah belajar yang bisa kita panjatkan, yakni sebagai berikut:

1. Doa Sesudah Belajar ke-1

اَللّ هُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Allahumma inni istaudai’uka maa ‘allamtanihi fardud-hu ilayya ‘indah haajati wa la tansanihi ya rabbal’alamiin.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”

2. Doa Sesudah Belajar ke-2

اَللّ هُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

“Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa’ah. Wa arinal baathila ba-thilan warzuqnaj tinaabahu.”

Artinya: “Ya Allah, tunjukanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutnya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

3. Doa Setelah Belajar ke-3

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّ هِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

“Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kullihal”

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami, serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Keutamaan Membaca Doa Belajar dan Sesudahnya

Anjuran membaca doa belajar pun sesudahnya, tentu bukan tanpa alasan. Di balik doa yang kita amalkan tersebut, ada beberapa keutamaan yang luar biasa, sehingga membuat kita tidak lupa untuk selalu membacanya. Adapun keutamaan yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut:

1. Diberikan Kemudahan

Menuntut ilmu jalannya tak selalu mulus, terkadang ada saja rintangan dan hambatan yang melintas. Dengan memebaca doa belajar dan setelanya, maka Allah SWT akan memberikan kita kemudahan dan kelancaran. Hal ini sebagaimana yang telah Allah janjikan terhadap umatnya di dalam surat Al Mukmin ayat 60, yang artinya:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

2. Mendapatkan Amalan Baik

Doa yang kita panjatkan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas karena Allah Ta’ala, akan mendapatkan ganjaran berupa pahala. Amalan doa yang baik, akan selalu mengiringi setiap langkah kita, baik di dunia maupun akhirat kelak. Hal ini diperjelas dengan hadis yang menyebutkan amalan seseorang dalam menuntut ilmu.

“Jika manusia meninggal, maka terputuslah amalnya. Kecuali tiga berkara; shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orangtuanya.” (HR. Bukhori dan Muslim).

3. Tujuan yang Jelas

Dalam menuntut ilmu, hindarilah dari keragu-raguan. Mantapkan tujuan yang jelas untuk kedepannya. Ketika mencapai tujuan tersebut, doa dan usaha harus selalu beriringan. Dengan begitu, niscaya Allah SWT akan memberikan kenikmatan yang bisa kita rasakan, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis berikut ini:

“Siapa yang Allah kehendaki kebaikan kepada seorang hamba, maka ia akan dipahamkan tentang agamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hikmah yang Terkandung di Dalam Doa Belajar

Tidak ada amalan yang sia-sia, apalagi jika dilandasi dengan niat untuk ibadah. Begitupun ketika kita mengamalkan doa belajar, tidak akan menjadi sia-sia. Membaca doa sebelum atau setelah belajar, semata-mata hanya demi menggapai ridha dari Allah SWT. Agar aktivitas kita dalam menuntut ilmu, dicatat sebagai salah satu ibadah. Nah, berikut ini Seruni juga telah merangkum beberapa hikmah yang terkandung di dalam doa belajar. Apa saja?

1. Mengingat Allah SWT

Saat kita memanjatkan doa belajar, secara otomatis kita akan mengingat Allah SWT. Allah begitu bahagia, ketika seorang hamba memohon hanya kepada-Nya. Maka, ketika membaca doa tersebut, sejatinya kita tengah mengingat Allah SWT sambil mendekatkan diri kepada-Nya.

Sebab, kita menyadari, bahwa tanpa campur tangan Allah SWT, kita tidak ada daya dan upaya. Kita hanya bisa berikhtiar sekuat tenaga, dan tetap saja, yang menentukan hasil akhirnya adalah Allah SWT.

2. Memohon Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat.

Ilmu yang bermanfaat, menjadi salah satu amalan yang tidak akan pernah gugur meskipun orangnya telah meninggal dunia. Agar diberikan ilmu yang bermanfaat, maka kita dianjurkan untuk membaca doa sebelum belajar. Doa tersebut akan Allah SWT kabulkan, apabila hamba-Nya meminta dengan ikhlas.

3. Menyadari Keterbatasan Manusia

Sebagai manusia biasa, tentu kita memiliki keterbatasan. Mulai dari yang pelupa, mudah terbawa emosi, hingga lalai. Itu merupakan tanda, bahwa manusia adalah makhluk yang lemah dan kerap terbawa arus. Ketika membaca doa belajar, berarti kita menyadari bahwa diri sendiri memiliki banyak keterbatasan sehingga kita sangat membutuhkan pertolongan dari Allah.

Adab Mengamalkan Doa Belajar

Islam begitu istimewa. Bahkan, kehidupan kita telah diatur di dalamnya, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Islam selalu mengutamakan fikih dan tata cara dalam melakukan segala hal. Salah satu syarat setiap amalan yang mendapatkan ridha Allah SWT adalah yang dilakukan dengan ikhlas dan benar.

Bagaimana kita bisa mengetahui mana yang benar dan salah? Standar tersebut dapat kita lihat berdasarkan kesesuain dengan tuntunan Rasulullah SAW. Maka, hendaknya setiap perbuatan haruslah dilakukan sesuai dengan fikih yang telah Rasul contohkan. Termasuk dalam membaca doa sebelum dan sesudah belajar.

Sama seperti mengamalkan doa lainnya, ada adab tersendiri yang harus kita lakukan ketika membaca doa belajar dan sesudahnya. Adab ini kita lakukan agar segala doa yang dipanjatkan dapat diterima oleh Allah SWT. Adapun adab-adabnya sebagai berikut:

1. Pastikan dalam Kondisi Suci

Apa yang dimaksud dengan kondisi suci? Hal ini sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya, agar selalu menjaga wudhu. Ketika hendak menuntut ilmu, sebaiknya kita berwudhu terlebih dahulu. Dengan begitu, kita akan dijauhkan dari godaan setan yang akan menganggu aktivitas belajar.

Wudhu juga bisa mengusir rasa kantuk dan malas agar tidak hinggap. Maka dari itu, sebelum proses belajar dimulai, pastikan saat itu dalam keadaan suci, ya. Tidak ada ruginya menjaga diri dari hadast ketika hendak belajar. Namun, tidak ada paksaan untuk melakukannya. Sebab, sifatnya bukanlah perkara yang wajib, hanya saja dianjurkan.

2. Memulai dengan Bismillah

Sebelum membaca doa belajar, pastikan kamu memulainya dengan membaca bismillah, ya. Meski singkat, tapi banyak dari kita yang kerap melupakannya. Padahal, maknanya sangat luar biasa, loh. Dengan membaca bismillah setiap akan memulai sesuatu, itu tandanya kita menghadirkan Allah SWT dalam setiap aktivitas. Sehingga hati terasa lebih tenang, lapang, dan terhindang dari gangguan setan.

Memulai belajar dengan ucapan bismillah, juga akan menambah keberkahan atas ilmu yang diperoleh. Di mana, otak kita akan lebih mudah menyerap ilmu pengetahuan baru. Jika diibaratkan, bismillah adalah benteng yang melindungi otak dari hal-hal yang tidak penting, sehingga memudahkan proses transfer informasi yang penting.

3. Boleh Dibaca Secara Lisan Maupun di Dalam Hati

Doa tidak melulu harus dibacakan secara lisan, tapi kamu juga boleh membacanya di dalam hati. Namun, jika memilih membacanya di dalam hati, kamu harus memfokuskan pikiran dari hal-hal yang tidak penting, dan terutama dilakukan secara ikhlas. Jangan biarkan pikiran menganggu saat kamu sedang membaca doa di dalam hati. Dengan demikian, ini bukan tergolong amalan ikhlas, dan sedikit peluang dikabulkan Allah SWT.

Begitupun ketika membacanya secara lisan, lakukanlah dengan suara yang lirih. Pada prinsipnya, manusia yang berdoa merupakan hamba Allah sedang memohon pertolongan. Orang yang memohon pertolongan tidak mungkin berkata dalam suara yang keras, melainkan lirih penuh ketulusan agar permohonannya Allah SWT kabulkan.

4. Akhiri dengan Aamiin

Setelah selesai membaca doa hendak belajar, akhirilah doa tersebut dengan lafadz ‘Aamiin’. Meski singkat, tapi satu kata ini memiliki beragam makna mendalam, untuk meng-iyakan doa yang telah kita panjatkan. Menutup doa dengan kata ‘Aamiin’, tandanya kita telah setuju dengan doa tersebut. Jadi, jangan lupa untuk menutup dengan kata ‘Aamiin’, setelah memanjatkan doa, ya.

Baca Juga: Keberkahan Belajar di Waktu Pagi

Demikianlah beberapa bacaan doa belajar yang bisa kita amalkan. Dengan senantiasa mengamalkan doa tersebut, semoga semoga Allah SWT selalu memberikan kita kemudahan dalam memahami materi pembelajaran dan memperoleh ilmu yang bermanfaat. Aamiin ya Rabbal’alamin.

  • Bagikan
seruni.id