5 Manfaat Meditasi Pernapasan, Baik Dilakukan di Masa Pandemi

  • Bagikan
5 Manfaat Meditasi Pernapasan, Baik Dilakukan di Masa Pandemi
lifestyle.okezone.com

Seruni.id – Apa sih manfaat meditasi pernapasan itu? Manfaatnya sangat banyak, apalagi di tengah pandemi ini. Nah, Seruni ingin mengulasnya pada artikel berikut ini:

5 Manfaat Meditasi Pernapasan, Baik Dilakukan di Masa Pandemi
superprof.com

Pandemi ini membuat banyak orang menjadi stres sehingga kualitas hidup menjadi berkurang. Terlebih, sejak diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kita tidak hanya fokus pada pekerjaan saja, tapi juga kegiatan di rumah, mengurus keluarga, hingga menemani anak sekolah membuat para orangtua bahkan lupa jika tubuh membutuhkan waktu istriahat. Tak jarang kita merasa bingung dan lelah dengan rutinitas sehingga mungkin merasa hidup seperti robot. Ternyata, kualitas hidup bisa berubah menjadi lebih baik jika kamu mau memberikan waktu istirahat sejenak kepada diri dan pikiran dengan melakukan meditasi pernapasan.

Sebenarnya apa sih meditasi pernapasa itu? Menurut Prita Yulia Maharani, M.Psi., menjelaskan bahwa teknik meditasi ini mendorong kamu untuk mengatur pernapasan. Untuk melakukan meditasi pernapasan ini tidaklah sulit, karena kamu hanya perlu meluangkan waktu selama 3-5 menit. Jika kamu masih ragu untuk melakukannya, lihat dulu yuk manfaatnya berikut ini:

1. Meningkatkan Mood dan Kemampuan Regulasi Emosi

Ketika kelelahan karena aktivitas yang padat, bisa berdampak pada mood yang memburuk dan emosi yang tidak stabil. Padahal, penting sekali mengendalikan setiap emosi yang muncul. Mulai dari emosi, marah, senang, sedih, dan kecewa. Kemampuan regulasi emosi yang baik dapat dilatih dengan melakukan meditasi pernapasan.

2. Memperbaiki Kualitas Tidur

Selama pandemi ini, kualitas tidur menjadi menurun, hal ini bisa disebabkan karena stress yang berkepanjangan. Ditambah lagi dengan aktivitas yang padat. Padahal, setelah seharian bekerja, kamu berharap untuk bisa tidur dengan nyenyak. Entah kenapa saat mau tidur, rasanya otak tidak mau berhenti berpikir. Ini semua bisa diatasi jika kamu menyempatkan diri untuk melakukan meditasi pernapasan sebelum tidur.

3. Melancarkan Pencernaan

Apakah kamu sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit? Tenang saja, masalah bisa kamu tangani dengan melakukan meditasi. Meditasi pernapasan terbukti membuat kondisi perut menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, saat melakukan meditasi, proses penyerapan makanan di dalam perut bekerja secara optimal.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Sering kehilangan fokus saat mengerjakan sesuatu? Atau sulit berkonsentrasi? Jangan khawatir. Ini semua juga bisa kamu atasi dengan melakukan meditasi, loh. Meditasi pernapasan terbukti dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan memperkuat durasi fokus saat beraktivitas.

5. Meningkatkan Ketenangan Batin

Manfaat lain dari meditasi yang berikutnya, dapat membuat jiwa dan pikiran menjadi lebih fresh, tenang, dan damai. Perasaan tenang ini membuat Anda menjadi lebih sabar, pemaaf, dan bijaksana dalam berperilaku karena kamu benar-benar menyadari konsekuensi seperti apa yang akan kamu dapatkan dari perilaku tersebut.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Rasa Cemas dan Sedih Berlebihan di Masa Pandemi

Itulah sederet manfaat meditasi pernapasan yang baik dilakukan selama masa pandemi ini. Selamat mencoba, ya!

  • Bagikan
seruni.id