8 Manfaat Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

6 Manfaat Tadarus Al-Qur'an di Bulan Ramadhan
suara.com

Seruni.id – Bulan Ramadhan akan segera tiba, sudah memiliki agenda yang akan kamu lakukan nanti? Jangan lupa masukkan tadarus Al-Qur’an ke dalam daftar aktivitas harian yang akan dilakukan di bulan Ramadhan nanti, ya. Karena manfaat tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadhan sangatlah banyak, salah satunya akan meraih pahala yang berlipat-lipat.

6 Manfaat Tadarus Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

Pastinya kamu juga ingin kan mendapatkan pahala? Nah, agar semakin semangat membaca Al-Qur’annya, yuk simak beberapa manfaat tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadhan, berikut ini:

1. Meraih Pahala yang Belipat Ganda

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa membaca Al-Qur’an yang diniatkan karena Allah SWT, pasti akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda, terlebih jika dilakukan di bulan suci Ramadhan.

Membaca satu huruf Al-Qur’an saja, akan dibalas dengan 10 kebajikan oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dalam hadist Rasulullah saw. Oleh karena itu, yuk kita sama-sama meraih pahala di bulan Ramadhan dengan rajin membaca Al-Qur’an.

2. Mempererat Ikatan Umat Muslim

Manfaat tadarus Al-Qur’an berikutnya yakni dapat mempererat ikatan persaudaraan antara sesama muslim. Mengapa demikian? Sebab, saat melaksanakan tadarus di masjid, maka dapat menyambut tali silaturahmi dengan sadudara muslim lainnya.

3. Menghindari Gibah

Gibah atau membicarakan orang lain di luar bulan Ramadhan saja sudah dosa, bagaimana jika kita melakukannya di bulan Ramadhan? Pastinya dosa yang akan didapatkan akan berlipat-lipat. Nah, dengan melakukan tadarus Al-Qur’an, maka akan menghindari kita dari perbuatan yang tidak terpuji ini, loh.

4. Memperoleh Ilmu Pengetahuan

Manfaat tadarus Al-Qur’an yang lainnya adalah mendapatkan ilmu pengetahuan lebih banyak tentang Al-Qur’an. Saat bertadarus, jangan hanya membaca saja, tapi juga harus memahami artinya. Dengan begitu, kita akan berlajar dan memahami lebih baik lagi tentang isi Al-Qur’an.

Dari Utsman bin Affan, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya orang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

5. Membuat Jiwa dan Hati Menjadi Lebih Tenang

Manfaat tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadhan tidak hanya memperoleh pahala saja, tapi juga akan memberikan ketenangan jiwa. Di dalam Surat Al-Isra [17] ayat 82 dijelaskan, bahwa Al-Qur’an diturunnkan oleh Allah SWT, untuk menjadi obat bagi segala penyakit kejiwaan, sehingga bagi siapa pun yang membacanya akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman dalam jiwanya.

6. Mendapatkan Syafaat di Hari Akhir

Al-Qur’an dapat menjadi syafaat di hari akhir nanti. Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah saw,

“Bacalah Al-Qur’an oleh kamu seklian, karena bacaan Al-Qur’an yang sering dicara ketika hidup di dunia ini, akan menjadi penolongnya nanti di hari kiamat nanti.” (HR. Muslim)

Maka dari itu, saat kita membacanya di bulan Ramadhan, kita bisa mendapatkan jaminan penolong di akhir kelak.

7. Sebagai Sarana Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Mengisi waktu luang dengan tadarus Al-Qur’an termasuk ibadah yang paling utama. Sebab, membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan menjadi salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, membaca Al-Qur’an juga membuat seseorang semakin mendekatkan diri kepada Al-Qur’dan dan Islam. Kesempatan ini tidak selalu bisa didapatkan di hari-hari biasa, terlebih kita kita tahu usia kita akan di bulan Ramadhan berikutnya atau tidak.

8. Membuat Pikiran Menjadi Lebih Positif

Bukan hal mudah untuk terus berpikir positif. Terlebih kita harus menahan emosi selama berpuasa. Terutama saat sedang tertimpa suatu masalah, tidak sedikit orang yang cenderung berpikiran negatif. Namun, dengan membaca Al-Qur’an, berpikir positif bukan lagi hal mustahil, bahkan membaca Al-Qur’an memiliki dampak yang baik untuk psikologis seseorang. Sebagaimana di dalam Al-Qur’an berisi berbagai ilmu dan juga hikmah yang positif. Dengan membacanya, tentu saja hal ini akan memengaruhi pikiran menjadi lebih positif.

Baca Juga: 6 Cara Agar Anak Terbiasa Membaca Al-Qur’an Selama Ramadhan

Demikianlah manfaat tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Selain tadarus, banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan di bulan puasa dan bernilai pahala, salah satunya adalah membayar zakat fitrah. Maka dari itu, untuk menghindari hal yang sia-sia, yuk buatlah daftar kegiatan positif yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan nanti. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.