10 Manfaat Temulawak untuk Kecantikan Wajah

  • Bagikan
10 Manfaat Temulawak untuk Kecantikan Wajah
glitzmedia.co

Seruni.id – Manfaat temulawak untuk kecantikan? Memangnya ada, ya? Ternyata manfaatnya sangat banyak, loh. Untuk tahu apa saja manfaatnya, kamu bisa menyimaknya di bawah ini.

10 Manfaat Temulawak untuk Kecantikan Wajah
farmaku.com

Tanaman dengan nama ilmiah Curcuma Xanthorrhiza alias temulawak adalah salah satu tanaman tradisional asli Indonesia. Di beberapa daerah, tanaman obat familiki Zingiberaceae ini memiliki nama yang berbeda-beda. Biasanya, masyarakat Sunda menyebutnya sebagai koneng gede. Sedangkan di Madura, mereka menyebutnya sebagai temu labak. Tanaman ini umumnya tumbuh subur di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Masyarakat Indonesia sering kali mengolah temulawak menjadi jamu yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, temulawak juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan wajah. Kamu bisa memperoleh manfaatnya dengan dua cara, yakni mengonsumsinya atau digunakan sebagai masker. Berikut sejumlah manfaat temulawak untuk kecantikan yang Seruni rangkum dari berbagai sumber:

 

1. Membuat Kulit Wajah Glowing Alami

Saat ini, banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan hasil luar biasa, salah satunya adalah produk yang dapat membuat kulit wajah glowing secara instan. Tapi, kamu sudah yakin produk tersebut aman? Daripada kamu menggunakan produk yang belum tentu cocok, kamu bisa loh mencoba menggunakan bahan-bahan alami, seperti temulawak misalnya.

Sebab, temulawak mengandung antioksidan dan komponen anti-inflamasi, yang dapat memberikan efek glowing pada kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolahnya menjadi masker wajah. Cukup mencampurkan sedikit greek yogurt, madu, dan temulawak. Kemudian oleskan ke wajah, biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

 

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat sering kali dianggap sebagai masalah sepele. Padahal, jerawat membutuhkan perawatan yang tepat agar tidak semakin meradang. Jika keliru, kulit berjerawat justru bisa jadi iritasi dan semakin meradang, loh. Lantas, kamu sudah tahu belum kalau manfaat temulawak untuk kecantikan salah satunya adalah bisa mengatasi jerawat? Manfaat tersebut diperoleh karena sifat antiseptik dan anti-inflamasinya, sehingga mampu mencegah penyebaran bakteri dan mengurangi kemerahan pada jerawat.

 

3. Meremajakan Kulit

Wajahmu sudah menunjukkan tanda-tanda penuaan dini? Memang sih, tanda penuaan cukup mengkhawatirkan. Namun, kamu jangan dulu panik. Sebab, kamu bisa meremajakannya dengan berbagai macam perawatan alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan temulawak.

Manfaat temulawak untuk kecantikan, tidak sebatas untuk mencegah gejala penuaan saja, tapi juga bisa meremajakan kulit. Perawatan dengan bahan alami ini, dapat memberikan nutrisi pada kulit, sehingga kulit menjadi lebih sehat. Kulit yang sehat akan tampak lebih segar sehingga akan terlihat lebih muda.

 

4. Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Lingkaran hitam di bawah mata atau lebih sering disebut dengan mata panda, adalah salah satu masalah yang kerap dialami banyak orang. Mata panda tidak hanya terjadi karena kurangnya waktu tidur saja, tapi juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan, paparan sinar matahari, dan pigmentasi. Namun, kamu tidak perlu khawatir, mata panda bisa kamu atasi dengan memanfaatkan temulawak.

 

5. Menghaluskan Wajah

Manfaat temulawak untuk kecantikan berikutnya yaitu dapat menghaluskan wajah. Kamu bisa menggunakan masker berbahan temulawak secara rutin. Kalau kulit wajah sudah halus, maka wajahmu akan tampak terawat, sehingga membuat makeup yang kamu gunakan terlihat lebih sempurna.

 

6. Melembapkan Kulit

Kulit kering, akan membuat wajah tampak lebih kusam. Untuk membantu mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan ekstrak temulawak. Gunakan masker temulawak yang terdiri dari ekstrak temulawak dan susu. Ini akan membantu membuat kulit jadi lebih lembut, terhidrasi dan tampak lebih sehat.

 

7. Menyamarkan Bekas Luka di Wajah

Manfaat temulawak untuk kecantikan berikutnya, yaitu bisa menghilangkan bekas luka yang ada di wajah. Kamu bisa memanfaatkan rempah ini sebagai masker wajah yang digunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

8. Sebagai Antioksidan Alami

Dalam melakukan perawatan wajah, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang mengandung antioksidan. Temulawak memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan ini berperan penting menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai masalah di kulit wajah termasuk jerawat, kerutan, dan noda hitam yang bisa mengganggu penampilan.

 

9. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori wajah yang besar, sering kali menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Sebab, pori-poti wajah yang besar biasanya dapat menimbulkan wajah berjerawat. Untuk mengecilkannya, kamu dapat menggunakan masker berbahan temulawak secara rutin. Sifat astringent yang terkandung di temulawak bermanfaat mengecilkan dan menghambat minyak secara berlebih.

 

10. Meredakan Eksim

Temulawak juga bermanfaat untuk meredakan keluhan dari masalah kulit yang sering kambuh, termask psoriasis, rosacea, dan eksim. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakterinya dapat bekerja dengan baik dalam mengatasi kondisi tersebut. Bahan ini mampu membantu menenangkan kulit yang sedang meradang dan iritasi. Campurkan ekstrak temulawak dan minyak kelapa, lalu oleskan pada bagian kulit wajah yang sedang iritasi.

Baca Juga: 7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja manfaat temulawak untuk kecantikan? Dari ulasan di atas, apa kamu tertarik untuk mencobanya?

  • Bagikan