7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh

7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh
realitarakyat.com

Seruni.id – Rempah-rempah tradisional tak hanya dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan saja. Namun di balik itu, beberapa jenis rempah juga memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat menjaga sistem imun tubuh.

Karena, rempah tersebut diperkaya dengan antioksidan yang mampu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Jadi, apa saja jenis rempah yang bisa dijadikan sebagai ramuan herbal penguat sistem imun tubuh?

1. Jahe

7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh
jawapos.com

Jenis rempah tradisional yang satu ini, mudah sekali kita jumpai di dapur. Jahe rempah dengan rasa hangat dan aroma yang khas ini, memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Tentunya dapat meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan, terbukti memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan menjadikannya sebagai campuran dalam secangkir teh hangat, wedang ronde, serta merebusnya bersamaan dengan serai dan gula jwa. Selain memberikan sensasi yang hangat dan nyaman, namun juga menyegarkan dan menyehatkan.

2. Meniran

7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh
generasibiologi.com

Berdasarkan studi in vitro 2014, ekstrak tanaman dengan nama ilmiah Phyllanthus niruri ini menunjukkan adanya aktivitas antioksidan yang kuat. Antioksidan tersebut dapat membantu tubuhmu melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan penyakit.

Tak cuma itu saja, menurut penelitian dalam jurnal Phytotherapy Research 2012, juga menemukan, bahwa meniran memiliki sifat antimikroba. Terutama meniran dapat melawan mikroba seperti H, Pylori yang kerap menyababkan gangguan pada saluran pencernaan, seperti tukak lambung, mual, dan sakit perut.

3. Serai

7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh
kumparan.com

Serai sering kali dijadikan sebagai bumbu yang dapat mengharumkan olahan makanan. Serai yang juga kaya akan antioksidan, vitamin C, dan flavonoid yang mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut juga bisa meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Dengan sifatnya yang diuretik, serai mampu membantu membuang racun berbahaya dan bahan kimia yang tak diperlukan oleh tubuh, menurunkan kadar asam urat, serta meningkatkan fungsi hati dan ginjal.

4. Kunyit

7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh
jawapos.com

Rempah yang kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan jamu, mengandung senyawa kuning curcumin yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh serta kesehatan otak. Menurut penelitian dari Departement of Pharmocology, Peking Unoversity, curcumin dapat meningkatkan kadar brain-derived neurotrophic factor (BDNF) pada otak.

BDNF sendiri, merupakan hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan saraf otak. Selain itu, kunit juga mampu menangkal radikal bebas. Sama seperti rempah lainnya, kunyit juga mengandung antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas. Hal ini terbukti dalam beberapa penelitian, salah satunya sempat dipublikasikan dalam jurnal Antioxidants and redox signaling tahun 2005.

5. Temulawak

7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh
food.detik.com

Temulawak memiliki warna dan bentuk yang hampir mirip dengan kunyit. Dengan kandungan kurkumin di dalamnya, diyakini dapat menyehatkan sekaigus meningkatkan daya tahan tubuh. Cara mengolahnya cukup sederhana, yakni dengan merebusnya bersamaam dengan kunyit dan jahet. Selain menjaga daya tahan tubuh, temulawak juga mampu melindungi organ hati.

6. Bawang Putih

7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh
popmama.com

Sejak ribuan tahun lalu, bawang putih dipercaya ampuh menjadi tanaman mujarab komposisi obat herbal. Dengan khasiat antibakteri dan antivirus yang bisa memperkuat sistem imunitas tubuh. Selain itu, bawang putih juga mngandung antioksidan yang tinggi, fosfor, seng, potassium, dan kalsium. Berbagai senyawa tersebut mampu membantu memperkuat sistem pernapasan dan turut menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh.

7. Kayu Manis

7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh
popmama.com

Aroma khasnya membuat kayu manis banyak dimanfaatkan sebagai campuran masakan. Kayu manis banyak mengandung kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat, dan vitamin C.

Kayu manis dikenal sebagai rempah tradisional yang kaya akan antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai penguat daya tahan tubuh. Jenis rempah ini, bisa kamu konsumsi dalam bentuk serbuk sebagai campuran minuman atau makanan. Kayu manis utuh pun bisa digunakan sebagai campuran rebusan jamu.

Baca Juga: 8 Cara Sederhana Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Terhindar Virus Corona

Yuk jangan malas mengonsumsi rempah alami asli dari Indonesia ini, demi menjaga kekebalan sistem imun dalam tubuh kita.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.