Tak Hanya Membuat Awet Muda, Ini 7 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

8 Langkah Mencegah Baby Blues Syndrome Pasca Melahirkan
google.com

Seruni.id – Semua orang pasti pernah tertawa sebagai salah satu ekspresi kegembiraan, terutama jika ada hal-hal yang dianggapnya lucu dan menghibur. Banyak yang berkata, manfaat tertawa bikin seseorang awet muda.

8 Langkah Mencegah Baby Blues Syndrome Pasca Melahirkan
google.com

Namun ternyata, tertawa bisa menjadi salah satu obat terbaik untuk segala hal, baik secara fisik pun mental. Mau tahu apa saja manfaat tertawa untuk kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat tertawa untuk kesehatan dapat memperlebar endotelium yang berfungsi sebagai penghalang yang mengontrol transit sel darah putih ke dalam dan luar aliran darah. Oleh karena itu, sirkulasi darah menjadi lebih lancar serta mengurangi cardiovascual disease atau penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

2. Menajaga Sistem Pernapasan

Selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, tanpa kamu sadari, dengan tertawa kamu turut menjaga atau merawat fungsi sistem pernapasan. Manfaat tertawa bagi kesehatan yang satu ini dikarenakan saat tertawa, terjadi ativitas pengosongan paru-paru dari udara luar yang kotor dan berpotensi merusak fungsi organ pernapasan. Terutama bagi kalian yang menderita penyakit asma, cobalah untuk mencari sedikit hiburan yang bisa menimbulkan tawa, sehingga penyakit tersebut bisa dikendalikan.

3. Memperkuat Sistem Imun

Tahukah kamu, bahwa suasana hati yang lebih bahagia, bisa membuatmu menjadi lebih sehat, loh. Manfaat lain dari tertawa yakni, dapat menurunkan hormon stres, meningkatkan sirkulasi dan konsumsi oksigen. Dengan melepaskan energi negatif dengan cara tertawa, dapat memperkuat sistem imun dalam tubuh. Selain itu, dengan tertawa dapat membuat tubuh melawan bakteri dan infeksi saluran pernapasan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Ketika kamu sedang tertawa, secara tak sadar, ada banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Hal ini, tentu saja membawa dampak positif bagi kesehatan fungsi organ tubuh, dan salah satunya otak. Dengan banyaknya oksigen yang masuk, akan mengoptimalkan fungsi sel-sel otak, sehingga secara otomatis kamampuan daya ingat atau berpikir otak meningkat.

5. Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka, hal yang menyenangkan ini ternyata bisa membantumu untuk menurunkan berat badan, loh. Ini disebabkan karena ketika kamu tertawa, secara tidak sadar kamu sedang membuang kalori, pun metabolisme tubuh sedang bekerja optimal. Dampaknya, terjadi pembakaran lemak di dalam tubuh. Sehingga berat badat juga akan mengalami penurunan. Bagi kalian yang saat ini tengah menjalani program diet, sering-seringlah tertawa.

6. Mengurangi Stres

Setiap orang tentu pernah mengalami yang namanya stres. Ketika seseorang sedang stres atau banyak pikiran, maka tubuh akan menghasilkan hormon stres seperti cortisol. Meningkatnya hormon cortisol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan bahwa depresi dan penyakit jantung. Akan tetapi, tertawa dapat menjaga agar hormon cortisol tetap rendah. Bahkan, dengan tertawata kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, loh.

7. Membuat Pikiran Menjadi Lebih Positif

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang sedang mengalami kesedihan, dan kecemasan setiap harinya? Hal ini kerap membuat seseorang sulit untuk menghadapinya. Kendati demikian, tertawa rupanya menjadi salah satu obat terbaik. Kamu tahu kenapa? Karena dengan tertawa, kamu akan lebih optimis dan percaya diri dalam menjalani hidup, loh. Gak percaya? Kamu bisa mencobanya sendiri, ya.

Baca Juga: Kenapa Seseorang Harus Tertawa??

Tertawa ternyata memiliki manfaat yang tak disangka-sangka. Jadi, jika kamu ingin merasakan manfaatnya, cobalah untuk berhenti menangisi sesuatu, tapi mulailah jalani hidup lebih optimis. Jangan lupa untuk bahagia dan membagi tawamu dengan orang-orang sekitar. Tapi sebaiknya, jangan tertawa terus-menerus, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.