10 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

10 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil
aladokter.com

Seruni.id – Manfaat tomat untuk ibu hamil ternyata cukup banyak. Hal itu karena buah degan struktur padat dan kecil itu kaya akan vitamin, protein, serat, nutrisi, dan lainnya yang sangat baik bagi ibu hamil. Tentunya kamu ingin tahu dong apa saja manfaatnya? Berikut Seruni berikan ulasannya.

10 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil
kompas.com

1. Meringankan Kram Kaki

Tomat mengandung potasium yang dapat meredakan kram kaki dan otot pada ibu hamil. Setidaknya ada 250-400 mg potasium dalam tomat. Selain meredakan kram kaki, kalium juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan air dan elektrolit tubuh. Pada wanita hamil setidaknya mengonsumsi 4.500 mg potasium per hari.

2. Membantu Penyerapan Zat Besi

Selama kehamilan, ibu membutuhkan banyak zat besi untuk memproduksi hemoglobin ekstra. Selain itu, zat besi juga membantu transmisi normal oksigen dalam rahim dan seluruh janin. Manfaat tomat untuk ibu hamil, terdapat pada kandungan vitamin C-nya, yang dapat menyerap zat besi. Biasanya dokter kandungan akan menyarankan ibu hamil untuk meningkatkan asupan zat besi melalui suplementasi. Namun, menambahkan tomat ke dalam menu makanan sehari-hari dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. Hebat, bukan?

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Tomat berukuran sedang mengandung kurang lebih 10-15 mg vitamin C. Ibu hamil sangat membutuhkan vitamin tersebut, demi meningkatkan daya tahan tubuhnya, membantu penyerapan zat besi, hingga menjaga kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, juga penting dalam membentuk organ pada janin saat di dalam kandungan. Di antaranya untuk membentuk tulang, otot, gigi, serta kulit. Wanita hamil perlu mengonsumsi sekitar 80-85 mg vitamin C setiap hari.

4. Mencegah Pendarahan

Ibu hamil bisa saja mengalami perdarahan sebelum pun setelah melahirkan. Dalam kasus yang cukup parah, bahkan nyawa menjadi taruhannya. Namun dengan mengonsumsi vitamin K yang ada pada tomat, dapat membantu mencegahnya. Karena vitamin K akan membantu tubuh mencegah pendarahan yang berlebihan selama proses pembekuan darah.

5. Melancarkan Pencernaan

Tomat juga mengandung serat yang cukup tinggi. Fakta membuktikan bahwa setiap 100 gram tomat mengandung setidaknya 1,5 gram serat. Kandungan serat yang tinggi pada tomat memungkinkan untuk melancarkan pencernaan terutama pada ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil cenderung mengalami penyakit pencernaan. Nantinya, kandungan serat pada tomat akan membantu memberikan cairan yang cukup untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, serat bisa merangsang gerak peristaltik otot pencernaan. Pengolahan sisa makanan menjadi lebih lancar. Jika sistem pencernaan menjadi tidak terhalang, risiko sembelit berkurang.

6. Mencegah Dehidrasi

Manfaat tomat untuk ibu hamil selanjutnya bisa mencegah dehidrasi. Ini karena tomat mengandung banyak air. Selama kehamilan, wanita membutuhkan lebih banyak air untuk menghindari dehidrasi. Dengan mengonsumsi air mineral yang cukup, air dalam sayur dan buah-buahan, kamu juga akan mendapatkan cairan tubuh yang cukup.

7. Menjaga Kesehatan Mata Ibu dan Janin

Tomat adalah salah satu sumber utama vitamin A. Bahkan, dalam satu buah tomat, terdapat sekitar 40-50 mikrogram vitamin A, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata ibu dan mendukung perkembangan organ janin (terutama mata) di dalam kandungan. Tak hanya itu, tomat juga membantu perkembangan jantung janin, otak, paru-paru dan tulang, serta membantu sirkulasi darah ibu selama kehamilan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi sekitar 800 mikrogram vitamin A per hari.

8. Mencegah Cacat Bawaan Lahir

Bukan hanya mencegah kerusakan sel pada ibu hamil, kandungan likopen pada buah tomat ternyata dipercaya mampu mencegah kelainan bawaan lahir dan pre-eklampsia (komplikasi berupa tekanan darah tinggi, pembengkakan tangan dan kaki, hingga adanya protein dalam urine).

9. Melancarkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang lancar bisa berdampak baik pada janin di dalam kandungan. Ini karena semua nutrisi dan oksigen janin diangkut melalui darah ibu hamil. Penelitian menunjukkan bahwa tomat dapat membantu membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Manfaat tomat untuk ibu hamil tentunya sangat menguntunkan sekali.

10. Menangkal Radikal Bebas

Tomat juga dikenal memiliki kandungan likopen yang sangat tinggi. Bagi yang belum tahu, likopen berperan aktif dalam mejaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Kandungan likopen juga dijadikan agen antioksidan yang membantu tubuh untuk menangkal masuknya radikal bebas. Tujuannya yaitu untuk melawan sejumlah infeksi dan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Beberapa studi menyatakan, antioksidan dan likopen yang sangat tinggi di dalam tomat mampu mencegah gangguan selama kehamilan. Mulai dari preeklampsia, tekanan darah yang tinggi hingga diabetes gestasional. Kendati demikian, kamu tetap dianjurkan untuk menggunakan sunscreem setiap harinya ya. Hal ini agar kulit bisa mendapatkan perlindungan secara maksimal akan kerusakan akibat sinar matahari.

Baca Juga: Berbahan Dasar Tomat, Ini 6 Menu Khas Italia yang Menggugah Selera

Dengan mengetahui manfaat tomat untuk ibu hamil, mulai saat ini, kamu bisa menambahkan buah tomat ke dalam menu makanan sehar-hari. Tapi jangan lupa, pilihlah tomat yang bulat, berkulit halus, memiliki warna yang rata, dan tentunya segar. Selain mengonsumsi tomat, penuhi juga kebutuhan gizi selama hamil dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Untuk menentukan jenis makanan apa saja yang baik dikonsumsi saat hamil, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan saran lebih lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.