Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa

Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa
liputan6.com

Seruni.id – Belakangan, film pendek berjudul “Tilik” menjadi sangat populer. Bahkan, hingga saat ini, film garapan Wahu Agung Prasetyo itu masih menjadi topik hangat di media sosial. Di YouTube sendiri pun telah diakses lebih dari 10 juta penonton, loh.

Tentunya film pendek ini tidak lepas dari cerita yang lucu dan menarik. Juga karena keberadaan Bu Tejo, dengan karakternya yang banyak bicara dan menyebalkan. Bukan hanya film “Tilik” saja, ternyata masih banyak lagi film-film lain yang dibuat oleh anak-anak bangsa, berikut daftarnya yang wajib kamu tonton:

1. Anak Lanang

Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa
youtube.com

Film pendek yang pertama berjudul “Anak Lanang”, yang diproduksi lebih dulu daripada film “Tilik” tepatnya pada 2017 lalu. Film “Anak Lanang” menceritakan tentang empat anak laki-laki yang ingin kembali pulang ke rumah, usai bersekolah. Dalam perjalanan kembali ke rumah, keempatnya membicarakan tentang gadget, seperti media sosial, hot news, dan ciri-ciri orang tua.

2. Kentut (Sound of Preeett)

Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa
viddsee.com

Kentut menceritkan tentang kesialan seorang pria paruh baya. Saat sedang berbelanja bersama sang istri, tiba-tiba saja seseorang menuduhnya kentut. Warga diprovokasi lalu digiring ke kamar mandi. Untuk menghindari amukan, ia terpaksa berpura-pura buang air besar. Di balik kisahnya yang jenaka, film pendek garapan Rangga Kusumalendera ini berusaha menyentil kultur persekusi yang masih melekat di sekitar kita.

3. KTP

Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa
gangkecil.com

Film karya sutradara Bobby rasetyo ini, menceritakan mengenai perdebatan panjang antara seorang laki-laki paruh baya yang menganut Kejawen, bernama Mbah Karsono dengan Darno, seorang PNS dari kantor kecamatan. Ketika Darno hendak mendaftarkan Mbah Karsono sebagai pemegang kartu kesehatan pemula. Namun sayang, ia ternyata tak memiliki KTP, sebagai syaratnya. Salah satu persyaratan membuat KTP adalah mengisi kolom yang berisi pilihan enam agama yang tercantum. Akan tetapi, di sana tak tercantun agama yang dianutnya, sehingga hal inilah yang menjadi pemicu perdebatan panjang.

4. Ji Dullah

Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa
id.bokkmyshow.com

Film pendek “Ji Dullah” menceritakan tentang pria yang mencalonkan diri sebagai kepala desa. Gelar hajinya ia manfaatkan demi meraup suara lebih banyak. Meski film ini menggunakan bahasa Madura, namun ceritanya terasa dekat dan menyentil karena banyak kejadian di kehidupan nyata. Di kampungmu barangkali ada orang seperti Ji Dullah?

5. Unbaedah

Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa
youtube.com

Unbaedah adalah film karya Iqbal Arieffurahman ini, sepertinya menarik untuk kamu tonton. Terutama bagi kamu yang gemas dengan akting Siti Fauziah alias Bu Tejo dalam film “Tilik”. Di film pendek ini, ia memerankan sosok Baedah, ibu-ibu yang sifatnya tidak jauh berbeda dari karakter Bu Tejo. Penonton pastinya akan merasa terhibur dengan tingkah Baedah.

6. Singsot

Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa
youtube.com

Berbeda dengan “Tilik” dan “Anak Lanang”, film yang juga disutradarai Wahyu Agung kali ini bergenre horror. Kisahnya bermula ketika seorang anak laki-laki bersiul pada malam hari mengikuti suara burung milik kakeknya. Padahal, sang nenek sudah mengingatkan agar tidak bersiul di malam hari, karena menurutnya bisa mendatangkan hantu. Namun sayang, perkataan sang nenek tak diindahkan olehnya. Mulai dari sinilah kejadian menyeramkan menimpa anak itu.

7. Udin Telkomsel

Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa
viddsee.com

Kalau yang berikut ini, bercerita tentang Gundul dan Parjo yang sedang mengobrol. Gundul bercerita kepada Parjo mengenai bocah yang bisa mengirim SMS kepada Tuhan. Gosip yang tidak masuk akal ini kemudian digambarkan lewat adegan-adegan yang absurd sekaligus mengocok perut. Film karya Rein Mayshaelson ini mendapatkan Honorable Mention Award di ajang Viddsee Juree Award 2016. Sungguh menghibur!

8. 05:55

Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa
bernas.id

Film 05:55 (2014) adalah film bisu hitam putih yang mengisahkan tentang suasana di pagi hari nan cerah pada sebuah desa di Bantul, tepatnya sebelum gempa besar menghantam daerah tersebut. 05:55 ini diangkat dari kisah nyata bencana Gempa Jogja di tahun 2006 lalu, yang memakan korban meninggal dunia mencapai lebih dari 6.000 orang. Meski secara idenya dan alurnya sangat sederhana, namun berhasil meraih banyak penghargaan baik di level nasional maupun internasional.

9. Elegi Melodi

Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa
youtube.com

Untuk kamu yang menyukai sinema bertemakan keluarga, Elegi Melodi bisa jadi salah satu film pendek yang bisa kamu tonton. Berkisah tentangseorang ibu yang memiliki permintaan terkahir sebelum meninggal kepada anaknya untuk dibuatkan video klip.

10. Mars (Jangan Pipis Sembarangan)

Rekomendasi 10 Film Pendek Karya Anak Bangsa
astaga.com

Kalau sinema yang satu ini, bercerita tentang Ipul (12 tahun) yang hendak ikut study tour sekolah. Mengetahui sang anak masih suka ngompol, ibunya pun berinisiatif membawakan pispot untuk buang air kecil saat di perjalanan. Benar saja, di Mars Ipul tiba-tiba pengin pipis. Ia pun pipis sembarangan karena nggak ada toilet umum di atas sana. Dan saat pipis itulah ia diculik oleh alien. Sampai sini aja sudah kocak, kan? Pengin tahu kelanjutan ceritanya? Yuk segera tonton.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Film Action Terbaik, Kamu Harus Nonton!

Sekian beberapa film pendek yang bisa Seruni rekomendasikan. Bisa jadi hiburan buat kamu yang sedang gabut rebahan. Dijamin bikin ngakak karena kejenakaan ceritanya. Film “Tilik” boleh dibilang momentum, akhirnya kita sadar bahwa sinema pendek juga tak kalah menarik dari sinema di bioskop. Selamat menonton!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.