Jangan Langsung Dibuang, Manfaatkan Ampas Kopi untuk 8 Hal Ini

Jangan Langsung Dibuang, Manfaatkan Ampas Kopi untuk 8 Hal Ini
majalah.ottencoffee.co.id

Seruni.id – Biasanya selesai minum kopi, kebanyakan orang akan langsung membuang ampasnya. Karena mereka menganggap ampas kopi tersebut sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi. Padahal, ampas kopi bisa diolah kembali dan digunakan untuk hal yang berguna di sekitar rumah, loh. Penasaran apa saja manfaat dari sisa serbuk kopi? Yuk simak berikut ini.

Jangan Langsung Dibuang, Manfaatkan Ampas Kopi untuk 8 Hal Ini
makanabis.com

1. Bahan Keramas untuk Rambut Warna Coklat

Jika kamu mewarnai rambut, pastinya harus melakukan perawatan yang ekstra agar warna tersebut lebih tahan lama. Terkadang sulit sekali untuk menemukan shampoo maupun kondisioner untuk merawat rambut tersebut. Tapi tenang saja, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitarmu, salah satunya ampas kopi. Kalau kamu ingin rambut cokelatmu tetap sehat dan berkilau, pastikan kamu sudah menyimpan ampas tersebut dan sudah bersuhu dingin, ya.

Kemudian, aplikasikan pada rambutmu setelah keramas, jangan lupa dibarengi dengan pijatan lembut. Setelahnya, tutuplah kepalamu dengan shower cap dan diamkan selama 30 menit, baru dibilas hingga bersih. Mencuci rambut dengan bubuk sisa kopi ini akan membuat rambut berwarnamu lebih tampak bercahaya, serta memberikan tambahan warna pada akar rambut yang menggelap. Selain itu, rambutmu pun akan mengeluarkan aroma khas kopi, loh.

2. Mengharumkan Kulkas

Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas terkadang membuat aromanya menjadi campur aduk. Bahkan, tak jarang bahan makanan yang tersimpan akan menjadi mudah busuk. Jika aroma tak sedap itu sulit dihilangkan, kamu bisa menaruh ampas kopi di mangkuk lalu diamkan selama kurang lebih dua jam di dalam kulkas. Maka aroma tersebut akan digantikan dengan aroma khas kopi yang begitu menyegarkan.

3. Menymarkan Selulit di Tubuh

Seululit pada tubuh sangat menganggu sekali, banyak para wanita yang mencari cara untuk menghilangkannya. Namun sayangnya, tak semua cara bisa mengatasinya. Tapi kamu bisa loh mencoba bahan alami berbahan ampas kopi untuk menyamarkan selulit di tubuh. Caranya yaitu mencampurkan bubuk kopi dengan body lotion lalu aplikasikan di bagian selulit tersebut kemudian digosokkan perlahan-lahan atau dipihat lembut. Cara ini nantinya akan memfasilitasi pemecahan lemak dikulit yang akan menghilangkan selulit. Lalu, diamkan kurang lebih 30 menit sebelum melakukan pembilasan.

4. Mengatasi Sakit Kepala

Bagi kamu si pencandu kopi, tentunya pernah dong merasakan sakit kepala jika melewatkan minum kopi pada waktu biasanya? Meski ini bukanlah pertanda baik, namun kopi bisa membantumu dalam mengatasi sakit kepala yang terjadi. Bahkan, beberapa peneliti menemukan jika kafein dapat meningkatkan efektivitas obat sakit kepala tanpa resep, seperti acetaminophen, aspirin, dan ibuprofen. Namun, pastikan kamu menelan obat itu dengan air mineral, bukan dengan kopi. Karena nantinya, justru kamu akan sakit perut.

5. Membersihkan Panci

Mencuci panci menjadi hal yang sangat melelahkan dan membosankan, apalagi jika panci atau wajan tersebut berminyak. Sabun saja ternyata tidaklah cukup untuk menghilangkannya. Namun, jangan khawatir. Kamu bisa membersihkan panci dengan sempurna hanya menggunakan ampas kopi saja. Untuk menggunakannya, campurkan saja bubuk kopi dengan sabun dan air, lalu gosokkan ke panci menggunakan selembar kain atau spons.

Bahkan, kamu dapat menggunakan filter kopi bekas sebagai alat untuk membersihkan panci atau alat memasak lainnya. Apabila kamu memasak makanan dengan menggunakan bahan makanan aroma menyengat seperti bawang putih dan bawang bombay, kamu dapat menggosok scrub menggunakan tanganmu langsung. Menariknya, kopi bukan hanya dapat menghilangkan aroma yang tidak sedap saja, tapi juga bisa membersihkan tanganmu dari sisa minyak akibat memegang alat masak.

6. Jadikan Sebagai Pupuk

Siapa sangka, ternyata ampas kopi yang dianggap tidak lagi memiliki manfaat bisa dijadikan sebagai pupuk tanaman. Tingginya kandungan fosfor, potassium, magnesium, hingga tembaga, akan memberikan nutrisi yang baik untuk tanah. Cara menggunakannya pun sangat mudah, tanpa perlu dicuci lebih dulu, kamu bisa langsung menaburkan ampas tersebut ke tanaman yang kamu miliki.

7. Mengempukkan Daging

Mengolah daging menjadi suatu tantangan tersendiri, karena membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya empuk. Tapi, hanya dengan ampas kopi, kamu sudah bisa mendapatkan olahan daging yang begitu empuk. Sifat asam dari kopi akan bekerja untuk melunakkan daging juga meningkatkan rasanya. Caranya yakni, kamu hanya perlu merendam daging dengan bubuk kopi yang dilarutkan sebelum dimasak.

8. Menghilangkan Goresan pada Furnitur

Hal paling menjengkelkan adalah ketika mendapati furniture kesayangan terkena goresan. Mungkin kamu juga berpikir bahwa goresan tersebut tidak bisa dihilangkan. Namun, ternyata goresan tersebut masih bisa kok dihilangkan menggunakan ampas kopi. Caranya gampang banget, siapkan saja kopi hitam kental dan selembar kain. Setelah itu, oleskan kopi tersebut menggunakan kain pada bagian furnitur yang tergores.

Baca Juga: 6 Cara Sehat Mengonsumsi Kopi

Itulah delapan hal unik hasil memanfaatkan ampas sisa kopi yang tidak lagi terpakai. Jadi, ketika selesai menyeruput kopi, pastikan kamu tidak langsung membuang ampasnya begitu saja, ya. Simpan saja di wadah bersih, untuk berbagai keperluan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.