6 Cara Sehat Mengonsumsi Kopi

6 Cara Sehat Mengonsumsi Kopi
google.com

Seruni.id – Secangkir kopi tak bisa dilewatkan begitu saja, apalagi jika kamu adalah penggemar berat minuman ini. Mungkin sudah banyak yang tahu, bahwa kopi bisa menambah energi dan menghilangkan rasa kantuk karena kandungan kafein di dalamnya.

Namun terlepas dari itu semua, mengonsumsi kopi dengan jumlah yang berlebihan memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa kok buat kopi menjadi lebih sehat. Bagaimana caranya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara sehat mengonsumsi kopi:

1. Hindari Memakai Gula atau Pemanis Buatan

6 Cara Sehat Mengonsumsi Kopi
google.com

Ciri khas dari kopi adalah rasanya yang pahit. Bagi yang tidak suka, mereka kerap menambahkan gula ke dalam cangkir kopinya. Gula memang membuat rasa kopi menjadi lebih nikmat. Namun, tahukah kamu? Kebiasaan minum kopi dengan gula terlalu banyak justru akan menimbulkan masalah serius, seperti diabetes. Sebagai solusi, kamu bisa memilih pemanis seperti gula kelapa organik, karena lebih sedikit mengandung kalori daripada gula pasir biasa.

2. Hindari Penggunaan Creamer

6 Cara Sehat Mengonsumsi Kopi
google.com

Cara sehat mengonsumsi kopi, tak hanya gula yang harus kamu hindari, tapu juga creamer. Karena biasanya produk seperti ini mengandung banyak gula dan bahan lain yang sama sekali tidak sehat. Alih-alih creamer buatan, akan lebih baik apabila kamu benar-benar menambahkan cream lemak dari susu.

3. Tambahkan Kayu Manis

6 Cara Sehat Mengonsumsi Kopi
google.com

Kayu manis merupakan bahan herbal lezat yang bisa dikombinasikan dengan kopi. Menurut sebuah penelitian, bahwa kayu manis dapat menurunkan gula darah, kolesterol dan trigliserida pada diabetes. Jika kamu ingin menambahkan perasa, cobalah masukkan sebatang atau satu sendok kayu manis bubuk untuk menambah kenimatan, dan pastinya kopi menjadi lebih sehat.

4. Gunakan Filter Kertas

6 Cara Sehat Mengonsumsi Kopi
google.com

Sebagaimana yang telah dijelaskan, kopi sebenarnya adalah minuman yang sehat. Tapi samalanya, minuman ini juga mengandung zat cafestol yang dapat meningkatan kadar kolesterol dalam tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Kamu mungkin tidak bisa menghilangkan zat ini seutuhnya, namun kamu bisa menghilangkannya dengan cara sederhana, yakni dengan menggunakan filter kertas saat menyeduh kopi. Filter ini berfungsi untuk mengurangi sebagian besar zat cafestol dan hanya membiarkan antioksidan dan kafein. Memang rasa kopinya akan berbeda, namun tentunya lebih sehat.

5. Tambahkan Kakao

6 Cara Sehat Mengonsumsi Kopi
google.com

Bubuk kakao atau cokelat ini mengandung banyak antioksidan dan kerap dihubungkan dengan beragam manfaat kesehatan. Salah satunya termasuk menurunkan risiko penyakit jantung. Jika kamu menginginkan perasa dalam kopi, cobalah tambahkan sedikit kakao yang tidak diberi pemanis ke dalam kopi.

6. Gunakan Susu

6 Cara Sehat Mengonsumsi Kopi
google.com

Cara sehat mengonsumsi kopi selanjutnya dengan menambahkan susu nabati ke dalamnya. Perlu diketahui, susu nabati merupakan susu yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, seperti susu kedelai atau almond.

Baca Juga: 10 Jenis Minuman Kopi Asli Indonesia yang Nikmat dan Mendunia

Membuat secangkir kopi agar lebih sehat ternyata tidaklah sulit, ya. Dan yang terpenting, rasa kopinya akan lebih nikmat dari biasanya. Gak percaya? Coba saja sendiri di rumah. Semoga bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.