Manfaat Masker Susu Dancow dan Air Mawar

  • Bagikan
Manfaat Masker Susu Dancow dan Air Mawar
beautynesia.id

Seruni.id – Masker susu Dancow dan air mawar, kerap dimanfaatkan banyak orang sebagai salah satu perawatan wajah, yang murah dan praktis. Sebab, kamu hanya perlu menggunakan dua bahan saja, yakni susu Dancow dan secukupnya air mawar. Banyak sudah testimoni yang mengatakan, bahwa masker tersebut sangat bagus untuk mencerahkan dan membuat kulit menjadi lebih glowing. Hal ini tentu saja membuat para wanita kian tertarik. Selain harganya yang ekonomis, cara membuatnya pun sangat mudah. Untuk lebih jelas apa saja manfaatnya, Seruni akan merangkumnya sebagai berikut:

 

Manfaat Masker Susu Dancow

Manfaat Masker Susu Dancow dan Air Mawar

 

1. Mencerahkan Kulit

Setiap hari, ada saja aktivitas di luar ruangan yang membuat wajah terpapar polusi, sebum, dan kotoran. Sehingga, kulit wajah menjadi lebih mudah usam. Membersihkan wajah dengan teratur, ternyata tidaklah cukup, harus ada perawatan tambahan untuk mendukung kulit wajah yang bersih. Misalnya, dengan menggunakan masker susu Dancow untuk mengangkat sebum dan sel kulit mati lebih mendalam. Masker tersebut, dapat membantu mengatasi masalah kulit kusam dan membantumu untuk mendapatkan kulit yang cerah.

 

2. Menghaluskan Kulit

Manfaat masker susu Dancow yang bisa kamu rasakan selanjutnya adalah, dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Mengapa demikian? Sebab, perpaduan antara susu Dancow dan air mawar, dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang melekat di lapisan epidermis atas.

 

3. Mengatasi Kulit Kering

Kamu punya masalah dengan kulit kering? Masker susu Dancow menawarkan manfaat yang satu ini, loh. Kulit kering sangat rentan iritasi. Tidak hanya membuat sensasi yang tidak nyaman, gatal, dan perih. Masalah lainnya yang kerap terjadi adalah makeup menjadi sulit menempel.

Ketika hal ini terjadi, tentunya kamu harus memastikan bahwa kulit tetap terhidarsi dengan cara memperbanyak mengonsumsi air putih. Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan masker susu Dancow dan air mawar setiap tiga hari sekali. Masker ini sebaiknya digunakan saat malam hari setelah membersihkan kulit, ya. Mengapa harus malam hari? Karena proses regenerasi sel kulit lebih efektif di malam hari.

 

4. Mencegah Penuaan Dini

Di dalam susu, terkandung lactic acid, yang merupakan bagian dari alpha hydroxy acid (AHA) yang memiliki unsur sama dengan produk eksfoliasi. Di mana, kandungan tersebut berperan dalam meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Ketika produksi kolagen meningkat, maka kulit pun akan terhindari dari masalah kerutan dan garis halus.

 

5. Mengatasi Masalah Jerawat dan Komedo

Manfaat masker susu Dancow dan air mawar berikutnya, dipercaya dapat mengatasi masalah jerawat dan komedo. Masalah jerawat, umumnya disebabkan karena peradangan akibat bakteri pada pori-pori kulit. Karena di dalam susu terkandung lactic acid, sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi kulit yang meradang akibat jerawat.

Selain itu, kandungan di dalam susu juga dapat membantu mengeringkan jerawat, meredakan peradangan, hingga mengatasi masalah komedo membandel. Caranya, kamu cukup mengaplikasikan masker susu Dancow dan air mawar pada kulit berjerawat di malam hari. Setelah itu, biarkan semalaman, barulah dibersihkan pada pagi harinya. Sedangkan untuk mengatasi masalah komedo, kamu bisa menggunakan susu Dancow dan beras tumbuh sebagai scrub.

 

6. Menyamarkan Bekas Jerawat

Meski jerawat sudah hilang, tapi terkadang bekasnya masih tertinggal. Inilah saatnya untuk kamu merasakan manfaat masker susu Dancow dan air mawar, yaitu dapat menghilangkan bekas jerawat yang tersisa di wajah. Meski demikian, bukan berarti bekas jerawat dapat hilang sekejap mata, ya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya kamu harus menggunakan masker susu Dancow secara rutin.

 

7. Menghilangkan Mata Panda

Banyak wanita yang sering mengeluhkan kehadiran mata panda. Namun, kini kamu tak perlu lagi khawatir. Sebab, salah satu manfaat masker susu Dancow dan air mawar, adalah dapat menyamarkan noda hitam pada bawah mata. Asalkan, kamu menggunakannya secara rutin.

 

Resep Masker Susu Dancow

"Manfaat

Setelah mengetahui beragam manfaat masker susu Dancow, kini saatnya untuk kamu mengetahui juga berbagai cara membuatnya. Berikut ini Seruni telah merangkum mengenai resep masker susu Dancow dengan beragam campuran:

 

1. Masker Susu Dancow dan Air Mawar

Sudah sejak lama, air mawar dikenal sebagai salah satu perawatan wajah yang efektif. Selain membuat wajah bersih, juga membuatnya tampak segar. Tak heran, jika air mawar kerap dimanfaatkan sebagai penyegar wajah. Begitupun aromanya yang harum, dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks. Air mawar ini, bisa kamu manfaatkan sebagai maseker wajah yang dicampur dengan susu Dancow, loh. Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa membuatnya dengan cara berikut ini.

Cara Membuat:

  • Pertama-tama, ambil tiga sendok makan susu Dancow, kemudian campurkan dengan air mawar secukupnya.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada kulit wajah secara merata.
  • Biarkan kurang lebih selama 15-20 menit, baru bilas dengan air sampai bersih.

 

2. Masker Susu Dancow dan Putih Telur

Putih telur, merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan kandungan protein di dalamnya. Bahan ini, berperan penting dalam menutrisi kulit wajah dan membuatnya menjadi lebih kencang. Apalagi, jika dicampurkan dengan susu Dancow, sehingga kedua campuran ini dapat bermanfaat untuk menghilangkan komedo hingga mencegah munculnya penuaan dini.

Bahan-bahan:

  • 1 butir putih telur
  • 3 sendok teh susu Dancow

Cara membuat:

  • Pecahkan satu butir telur, kemudian pisahkan bagian putihnya. Setelah itu, kocok kasar, dan tambahkan susu Dancow sesuai takaran.
  • Aduk hingga kedua bahan tercampur rata. Jika sudah, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah.
  • Biarkan selama 20 menit hingga kering. Bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

 

3. Masker Susu Dancow dan Minyak Zaitun

Wajahmu berjerawat? Yuk atasi dengan masker susu Dancow yang dicampurkan dengan minyak zaitun. Kedunya sama-sama bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Di mana, minyak zaitun mengandung vitamin E, antioksidan, dan asam amino yang dapat membantu masalah tersebut.

Cara membuat:

  • Siapkan wadah, ambil tiga sendok makan susu Dancow bubuk, kemudian tambahkan dengan dua sendok makan minyak zaitun.
  • Aduk hingga masker memiliki tekstur yang sedikit lengket.
  • Kalau sudah, barulah aplikasikan pada wajah secara merata. Biarkan selama 20-30 menit. Bilas hingga bersih.

 

4. Masker Susu Dancow dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis diperkaya dengan kandungan vitamin C di dalamnya, yang mampu memberikan efek cerah dan menghilangkan noda gelap pada wajah. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis sebagai masker yang dicampurkan dengan susu Dancow, dengan cara berikut.

Cara membuat:

  • Ambil tiga sendok makan susu Dancow, lalu tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya.
  • Campurkan hingga membentuk adonan seperti pasta.
  • Kalau sudah, bisa langsung diaplikasikan ke wajah, biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, barulah bilas dengan air hiangga bersih.

 

5. Masker Susu Dancow dan Madu

Madu dikenal memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Sebab, di dalamnya terkandung antioksidan yang tinggi, sehingga menjadi perpaduan yang pas jika mencapurkannya dengan susu bubuk Dancow. Campurkan kedua bahan ini, dapat menjaga kulit tetap lembap, meski udara sedang dingin.

Cara membuat:

  • Siapkan tiga sendok makan susu Dancow, kemudian campurkan dengan satu sendok makan madu.
  • Aduk merata, hingga kedua bahan tersebut bertesktur seperti pasta.
  • Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

6. Masker Susu Dancow dan Kopi

Bubuk kopi, kaya akan kafein, protein, mineral, dan asam amino yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Kandungan aktif di dalamnya, juga mampu membuat kulit menjadi lebih halus. Kombinasi susu Dancow dan kopi, tentunya dapat menjaga tampilan kulit wajah menjadi lebih maksimal.

Cara membuat:

  • Campurkan dua sendok makan susu Dancow dengan dua sendok makan kopi.
  • Setelah itu, tambahkan sedikit air, sehingga tekstur keduanya mengental seperti pasta.
  • Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 15 menit.

 

7. Masker Susu Dancow dan Yogurt

Buat kamu yang memiliki masalah kulit kering, kasar, dan kusam, kamu bisa memanfaatkan masker susu Dancow dan yogurt untuk mengatasi masalah tersebut. Melansir dari jurnal Effects of Fermented Dairy Product on Skin: A Systematic Review menyatakan, bahwa kandungan probiotik di dalam susu, tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh, tapi juga menjaga kesehatan kulit.

Cara membuat:

  • Campurkan dua sendok makan susu Dancow dengan satu sendok makan yogurt plain alias tawar.
  • Tambahkan sedikit minyak zaitun. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan membentuk pasta.
  • Aplikaskan pada wajah dan leher secara merata. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin.

 

Tips Penting Saat Menggunakan Masker Susu Dancow

"Manfaat

Meski masker susu Dancow memiliki banyak manfaat, tapi ada beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan nih. Tips berikut ini akan membuat masker tersebut menjadi lebih efektif. Apa saja?

 

1. Perhatikan Takaran Susu

Agar masker tidak terlalu tebal, maka perhatikanlah takaran susu yang digunakan. Pastikan kamu hanya menggunakan susu dengan takaran 3-5 sendok makan saja. Sebab, jika masker terlalu tebal, maka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk kering.

 

2. Gunakan Campuran yang Sesuai

Di atas, Seruni telah memberikan resep masker susu Dancow yang bisa kamu buat di rumah. Namun, kamu harus memastikan, bahwa campuran yang digunakan sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini dilakukan, agar susu Dancow dapat bekerja secara optimal sehingga kamu pun akan mendapatkan hasil yang maksimal pula.

 

3. Tidak Perlu Menggunakan Air, Jika Campuran Susu Berbentuk Cair

Biasanya, susu Dancow yang dijadikan masker, membutuhkan bahan lainnya sebagai pelengkap. Entah itu berbentuk powder maupun cair. Sebagai catatan, jika kamu sudah menggunakan campuran berbentuk cair, maka tidak perlu lagi menambahkan air, ya. Cukup gunakan cairan dari bahan pencampur agar hasil masker berbentuk pasta. Dengan begitu, bahan tambahan dan susu bubuk dapat sama-sama bersinergi dalam memberikan manfaat.

 

4. Jangan Terburu-buru Membilasnya

Sebaiknya kamu jangan tergesa-gesa dalam membilas masker, ya. Setidaknya biarkan masker susu Dancow selama 15-20 menit. Mengapa? Hal ini agar semua kandungannya dapat meresap sempurna ke dalam kulit. Namun, jika sebelum waktunya masker sudah kering dan terasa ketat di wajah, maka kamu bisa langsung mengangkatnya dan membilas dengan air hingga bersih.

 

5. Bilas dengan Air Hangat

Langkah terakhir yang penting diperhatikan adalah ketika kamu membilasnya. Ketika masker sudah kering dan terangkat, segera bilas dengan air bersih hangat. Ini akan membantu agar pori-pori terbuka, sehingga pembersihan bisa lebih maksimal dan menyeluruh. Jika sudah selesai membilas dengan air hangat, jangan lupa keringkan wajah dengan tisu kering maupun handuk berbulu lembut dan bersih.

 

Efek Samping Masker Susu Dancow

"Manfaat

Apakah masker susu Dancow memiliki efek samping? Ya tentu saja, segala jenis masker tentu memberikan efek samping yang berbeda, tak terkecuali dari susu bermerek ini. Serangkaian efek samping tersebut, biasanya dialami oleh mereka yang memiliki kulit sensitif atau kurang cocok terhadap bahan-bahan yang terkandung di dalam masker susu Dancow. Adapun efek sampingnya berupa:

  • Menimbulkan iritasi atau kemerahan pada kulit.
  • Muncul rasa gatal pada kulit.
  • Memicu tumbuhnya beruntusan atau jerawat alias breakout.
  • Menyebabkan kulit menjadi tekelupas.
  • Kulit menjadi lebih kering.

Itulah sejumlah efek samping yang mungkin akan kamu rasakan. Oleh sebab itu, sebelum memanfaatkan masker dari susu bermerek ini, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu dengan mengoleskannya di bagian dalam lengan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui, apakah masker tersebut aman atau tidak. Lihatlah reaksi yang terjadi, apakah kulit tidak bermasalah atau justru menimbulkan reaksi negatif? Apabila gelaja efek samping muncul, maka tidak ada alasan bagi kamu untuk melanjutkan penggunaannya.

 

Apakah Masker Susu Dancow Aman untuk Kulit?

"Manfaat

Meski masker dari susu ini, menawarkan beragam manfaat, tapi sebaiknya kita juga harus tahu, apakah aman untuk digunakan pada wajah? Terlebih masing-masing orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Walaupun susu sering kali dimanfaatkan sebagai salah satu perawatan wajah.

Namun, jangan samakan susu Dancow dengan susu segar yang baru diambil dari indukan sapi, ya. Sebab, susu bermerek tersebut, tidak 100% susu murni. Ada bahan lain yang ditambahkan untuk menjaga susu, agar tetap tahan lama.

Melansir dari laman aladokter, dr. Amadeo Drian Basfiansa menjelaskan, sejauh ini belum ada penelitian secara spesifik mengenai dampak penggunaan susu sebagai masker, terutama dengan menggunakan susu Dancow. Secara logika, jika itu aman untuk dikonsumsi, seharusnya aman juga untuk diaplikasikan pada wajah.

Akan tetapi, perlu dipahami, aman dan berkhasiat itu berbeda. Menggunakan susu merek tersebut sebagai masker, berarti kamu telah menggunakan produk tidak sebagai peruntukannya, dan karena penelitian secara medisnya belum ada, berarti kamu telah melakukan hal tersebut, dan merisikokan diri terhadap sesuatu yang belum pasti.

Kalau kamu benar-benar ingin merawat kecantikan kulit wajah dengan menggunakan susu sebagai bahan utamanya, Seruni sarankan untuk menggunakan susu segar atau produk yang memang diperuntukan sebagai masker.

 

Testimoni Penggunaan Masker Susu Dancow

Baca Juga:

Jadi, itulah beberapa manfaat masker susu dan cara pembuatannya. Perlu kamu ketahui nih, bahwa tidak ada cara instan untuk membuat wajah putih dan cerah. Dibutuhkan perawatan rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Di dalam susu bermerek tersebut, memang mengandung formula yang tidak hanya menutrisi tubuh saja, tapi juga menutrisi kulit wajah. Masker tersebut, memang dapat memberikan manfaat apabila kulitmu cocok. Jika tidak, hanya akan memunculkan reaksi alergi. Semoga artikel ini dapat memberikanmu ilmu pengetahuan, ya.

  • Bagikan
seruni.id