5 Perbedaan Concealer dan Contour, Pemula Wajiba Tahu!

  • Bagikan
5 Perbedaan Concealer dan Contour, Pemula Wajiba Tahu!
hola.com

Seruni.id – Buat kamu yang masih pemula di dunia per-makeup-an, pastinya kamu bingung kan, apa perbedaan antara concealer dan contour. Meski sama-sama digunakan untuk wajah, tapi keduanya berbeda, loh.

5 Perbedaan Concealer dan Contour, Pemula Wajiba Tahu!
popbela.com

Nah, buat kamu yang sudah memiliki kedua jenis kosmetik ini, tapi masih bingung membedakannya, simak ulasan mengenai perbedaan concealer dan contour berikut ini, yuk!

 

1. Memiliki Fungsi yang Berbeda

Concealer dan contour, memang digunakan untuk mengoreksi kekurangan pada wajah. Meski memiliki manfaat yang sama, tapi fungsi dari keduanya jelas berbeda. Di mana, contour berperan untuk mempertegas shade atau garis wajah. Misalnya, kalau kamu memiliki pipi yang chubby, hanya dengan mengaplikasikan contour, akan membuat tampilan wajahmu menjadi lebih tirus.

Dengan kata lain, contour dapat menyamarkan ketidaksempurnaan bentuk wajah, seperti dahi yang terlalu lebar, pipi chubby, atau hidung yang tampak besar. Jika contour berfungsi untuk menciptakan bentuk wajah yang lebih sempurna, lain halnya dengan concealer. Jenis kosmetik yang satu ini, justru berfungsi untuk menutupi noda hitam, seperti bekas jerawat, kantung mata, atau noda lainnya. Selain itu, concealer juga memiliki tingkat coverage yang lebih baik daripada foundation.

 

2. Pemilihan Jenis Shade yang Sesuai

Bagi kamu yang masih pemula dan ingin menggunakan concealer dan contour, pastikan kamu memilih jenis shade yang sesuai dengan warna kulitmu, ya. Sebab, pemilhan shade untuk keduanya ternyata berbeda. Seruni sarankan, pilihlah concealer yang memiliki dua tingkat shade yang lebih terang daripada warna kulit.

Karena jika kamu sudah mengaplikasikan bedak, warna akan mudah menyatu. Sedangkan shade contour, sebaiknya pilihlah dua tingkat warna yang lebih gelap daripada warna kulit. Pemilihan warna yang lebih gelap ini, berfungsi unutk mempertegas garis wajah.

 

3. Memiliki Jenis yang Beragam

Sama seperti jenis makeup lainnya, concealer dan contour juga tersedia dalam berbagai jenis, loh. Untuk concealer, tersedia dalam bentuk cair (liquid), padat (stick), dan krim. Kalau kamu sedang mencari concealer dengan coverage terbaik, Seruni sarankan untuk memilih jenis cair dan krim. Semenatara, contour hanya memiliki dua jenis saja, yakni padat dan bedak (powder).

Pemilihan contour, sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan dalam merias wajah. Sebab, tidak semua orang merasa nyaman menggunakan contour dalam bentuk padat, karena dibutuhkan kepiawaian khusus agar dapat mengaplikasikannya dengan sempurna. Jadi, kalau kamu masih pemula dalam dunia per-makeup-an, sebaiknya pilih contour bubuk saja, karena lebih mudah untuk diaplikasikan.

 

4. Aplikator yang Berbeda

Baik concealer dan contour, keduanya memiliki bentuk yang berbeda, sesuai dengan jenis yang dimilikinya. Concealer cream dan cair, biasanya akan mudah diaplikasikan hanya dengan beauty blender, sedangkan yang padat, bisa kamu aplikasikan menggunakan kuas bronzing.

Sementara itu, contour denagn jenis padat atau stick, akan lebih mudah jika diaplikasikan dengan menggunakan jari tangan. Namun, untuk jenis bedak, lebih baik meratakannya dengan menggunakan kuas atau sponge agar hasilnya terlihat sempurna.

 

5. Cara Penggunaan

Tak sedikit wanita yang merasa bingung mengenai cara penggunaan concealer dan contour, apalagi bagi mereka yang masih awam dalam hal merias wajah. Cara penggunaan yang tepat adalah dengan menggunakan foundation terlebih dahulu hingga rata ke seluruh bagian wajah. Setelah itu, barulah aplikasikan concealer pada bagian wajah yang ingin ditutupi kekurangannya, seperti bekas jerawat atau mata panda.

Setelah concealer rata, kamu bisa mulai mengaplikasikan contour pada bagian dahi, pipi, atau hidung untuk mempertegas bentuknya. Baru setelahnya gunakan makeup lainnya seperti highlighter untuk menyempurnakan bagian yang telah menggunakan contour.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Agar Tampak Lebih Muda

Itulah lima perbedaan antara concealer dan contour yang masih belum diketahui. Khususnya, bagi kamu yang masih baru dalam hal makeup. Meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk mengoreksi bagian wajah yang dirasa kurang, menggunakannya dengan cara yang tepat tentunya akan membuat penampilan kamu semakin sempurna. Jangan sampai keliru, ya.

  • Bagikan
seruni.id