Mau Hemat Kuota Meski Dipakai Tethering? Ikuti Langkah Ini Yuk!

Mau Hemat Kuota Meski Dipakai Tethering? Ikuti Langkah Ini Yuk!
medium.com

Seruni.id – Ketika kita tidak memiliki modem, salah satu cara untuk tetap terhubung ke internet adalah dengan menggunakan fitur wifi tethring yang ada di smartphone. Untuk mengaktifkan fitur ini langkahnya pun mudah sekali. Apalagi kita tidak perlu ribet menginstal driver tambahan atau aplikasi di komputer. Namun, ketika mengaktifkan tethering, biasanya kuota akan cepat terkuras. Nah, bagi kamu yang mau hemat kuota meski dipakai tethering, bisa terapkan beberapa langkah berikut ini, ya.

Mau Hemat Kuota Meski Dipakai Tethering? Ikuti Langkah Ini Yuk!
scottiestech.info

1. Matikan Pembaruan Windows di Laptop

Biasanya windows 10 akan otomatis melakukan pembaruan ketika terhubung ke internet. Bukan tidak mungkin, hal ini akan menguras kuota internet lebih banyak. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya matikan pembaruan itu sementara waktu atau dipause.

Carnya yakni dengan membuka menu ‘star’ yang ada pada laptop atau komputermu, ketik ‘control panel’ di kolom search. Kemudian pilih ‘system and security’ yang berada di urutan paling atas, lanjut gulir ke bawah dan pilih ‘administravite tools’ kemudian klik ‘services’. Pilihlah windons update dari beberapa list yang muncul, ubah opsi ‘starup type’ menjadi ‘disable’. Terkahir, kamu tidak klik ok lalu restart deh laptop atau komputermu.

2. Mengaktifkan Fitur Power Save pada Ponsel

Agar hemat kuota internet, kamu bisa mangaktifkan fitur power save pada ponselmu. Dalam fitur ini, kamu bisa mengatur data internet yang digunakan. Misalnya 5 atau 10GB. Atau bisa juga dengan mengatur di jangka waktu tertentu.

Gimana caranya? Mudah banget, loh. Kamu tinggal masuk ke menu ‘setting’ pilih ‘tethering and portable hotspot’. Kemudian cari menu ‘portable wifi hotspot setting’, lalu ubah ‘power save’ menjadi satuan waktu. Atur kemudian klik ok.

3. Beralih ke Browser yang Menghemat Kuota

Selain Google Chrome, kamu juga bisa pakai Opera pada laptopmu. Tapi untuk Chrome, sebelumnya kamu harus mengatur plugin menjadi click to run only. Di pojok atas Chrome, pilih menu ‘setting’ kemudian pilih opsi ‘show advanced setting’, klik ‘privacy’. Kemudian setelah itu, atur dan pilih ‘do not show any images’ di menu ‘content setting’.

4. Membatasi Kapasitas Data yang Digunakan

Kamu juga bisa membatasi kapasitas data yang digunakan. Pengaturan ini akan membuat internet otomatis terputus jika sudah mencapai batas akses yang telah ditetapkan. Caranya dengan masuk ke menu ‘setting’ pada ponsel, kemudian pilih’data usage’, lalu aktifkan ‘set mobile data limit’. Atur dan ubahlah batas angka sesuai yang kamu butuhkan.

5. Menonaktifkan Cloud di Google Drive ataupun Dropbox

Cloud merupakan teknologi yang mengizinkan pengguna untuk mengakses data mereka melalui komputer dengan akses internet. Mengapa harus menonaktifkan fitur ini sementara waktu? Karena could cukup banyak memakan kuota, terlebih jika datanya memiliki ukuran yang cukup besar. Makanya, sementara matikan dulu cloud-nya baik yang pakai Dropbox atau Google Drive.

Untuk menonaktifkan dropbox, kamu perlu masuk ke aplikasi, kemudian klik ‘setting’ di bagian kanan atas, dan pilih ‘pause syncing’. Sedangkan untuk Google Drive, buka aplikasi versi dekstop, klik ikon titik tiga di pojok kanan tas, dan pilih opsi ‘pause’.

6. Pintarlah Dalam Melakukan Browsing

Terakhir, selain menerapkan cara di atas, kamu juga harus pandai-pandai saat berselancar di internet. Karena banyak sedikitnya kuota yang dihabiskan ketika tethering itu tergantung pada website atau content yang dibuka. Hindarilah streaming video seperti YouTube dan streaming musik di Souncloud. Dan jika kamu suka membuka sebuah website, pilihlah web yang memang memiliki page ringan dan tidak banyak konten flash dan gambar, karena itu sangat menguras kuotamu, loh.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Pulsa Gratis dengan Sangat Mudah untuk Berbagai Operator

Itulah cara mudah hemat kuota yang bisa kamu lakukan, terlebih ketika di tanggal tua cara ini tentu sangat membantu. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.