Tips Agar Anak Tak Merasa Bosan Selama Belajar di Rumah

Tips Agar Anak Tak Merasa Bosan Selama Belajar di Rumah
inet.detik.com

Seruni.id – Sejak pandemi Corona yang terus terjadi di Indonesia, beberapa sekolah menerapkan metode pembelajaran online yang mengharuskan siswanya belajar di rumah. Hal ini guna membatasi kontak langsung mengenai wabah Corona.

Tips Agar Anak Tak Merasa Bosan Selama Belajar di Rumah
hellosehat.com

Dengan tidak pergi ke sekolah dan tidak beraktivitas di luar rumah, tentu akan membuat anak bosan. Nah, di waktu-waktu seperti ini, orangtua dituntut lebih kreatif agar anak tak merasa bosan selama belajar di rumah. Tapi, gimana ya caranya? Berikut ini Seruni berikan beberapa tips membuat anak merasa nyaman selama belajar di rumah.

1. Menerapkan Jadwal Aktivitas Seperti Biasa

Meski anak harus belajar di rumah, sebagai orangtua sebaiknya selalu menerapkan jadwal aktivitas seperti biasa. Pastikan anak tetap bangun pagi, sarapan tepat waktu, mandi di pagi hari hingga ada waktu istirahat siang. Dengan menerapkan struktur harian ini, bisa membuat anak lebih bersemangat menjalankan hari-harinya selama belajar di rumah. Selain itu, mereka juga akan lebih memahami tentang tanggung jawabnya untuk belajar tertib meski di rumah.

2. Ciptakan Ruang Belajar yang Kondusif

Suasana rumah yang berbeda dengan sekolah, kerap membuat anak mudah teralihkan sehingga proses belajar pun menjadi kurang maksimal. Nah, untuk itu, kamu harus memastikan anak merasa nyaman dan bisa fokus saat proses belajar di rumah berlangsung. Ketika anak mulai menunjukkan tanda-tanda bosan dan tidak fokus, ajaklah ia untuk istirahat sejenak dan tanyakan ia ingin belajar seperti apa. Tak ada salahnya jika kamu menyajikan berbagai camilan sehat kesukaannya agar ia tetap semangat belajar.

3. Jangan Memberi Target

Agar anak tak merasa bosan selama belajar di rumah, jangan memberikan ia target. Tapi, berikanlah ia keleluasaan untuk menentukan targetnya sendiri. Biarkan dia juga yang mengetahui cara apa dan bagaimana untuk meraihnya.

4. Buat Jadwal Seperti Jam Belajar di Sekolah

Selain itu, kamu juga perlu membuat jadwal belajar anak agar ia bisa bertanggung jawab. Misalnya di jam berapa anak akan mulai belajar, istirahat siang, serta kapan waktu belajar berakhir. Karena anak sedang tidak bisa bermain ke luar rumah, ada baiknya kamu sudah memiliki rencana bermain untuk si kecil.

5. Bantu Anak Bereksplorasi Mesi di Dalam Rumah

Agar anak tidak bosan selama berada di dalam rumah, orangtua perlu memberikan beragam kegiatan yang kreatif. Jadi, bantulah ia untuk tetap mengembangkan dirinya dan bereksplorasi meski tidak ke luar rumah.

Melakukan kegiatan aktif di luar ruangan seperti berjemur di pagi hari atau berenang di halaman rumah bisa menjadi hal yang menyenangkan. Menghabiskan satu jam melakukan kegiatan ini, tentu dapat meminimalisir kebosanan pada anak.

6. Games

Salah satu cara efektif agar anak tak bosan selama belajar di rumah, adalah dengan menyiapkan permainan. Hal ini juga bertujuan untuk membuat anak tetap aktif dan mau belajar selama berada di rumah, apalagi untuk anak usia dini yang baru masuk sekolah. Menurut banyak ahli parenting, menyiapkan games sederhana yang bisa mengasah kemampuan kognitifnya sama halnya belajar di sekolah. Misalnya menebak warna, nama hewan, nama ibu kota negara dan lain sebagainya. Ada banyak permainan edukatif yang bisa diterapkan di rumah.

7. Memberikannya Tugas

Meskipun belajar di rumah, bukan berarti tidak perlu belajar, jadi pastikan anak tetap melatih diri dengan banyak belajar. Salah satu cara agar anak mau belajar adalah memberinya tugas khusus. Berperanlah sebagai guru kelasnya untuk sementara. Misalnya membaca materi dari halaman sekian hingga sekian. Beri waktu 30 menit misalnya, kemudian minta anak menjelaskan apa yang sudah ia baca.

Apakah ada yang ingin ia tanyakan tentang materi yang ia baca. Setelah itu, minta anak mengerjakan soal di buku pelajarannya. Atau kamu bisa mencarikan soal-soal terkait materi pelajaran yang ia pelajari saat ini di internet dan meminta anak menyelesaikannya, untuk kemudian dikoreksi dan dinilai. Jangan lupa memberi jeda istirahat agar anak tidak merasa tertekan.

Baca Juga: 10 Channel YouTube Edukatif Terbaik Sebagai Panduan Belajar di Rumah

Ada banyak cara membuat anak-anak merasa nyaman belajar di rumah. Namun, pastikan dulu untuk melakukan hal di atas, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.