Cara Mencegah Benjolan di Ketiak Setelah Waxing

  • Bagikan
Cara Mencegah Benjolan di Ketiak Setelah Waxing

Seruni.id – Sering muncul benjolan di ketiak setelah waxinng? Kondisi ini tentu membuat kita tidak nyaman, ya. Untuk itu, lakukan beberapa cara mencegahnya berikut ini, yuk!

Cara Mencegah Benjolan di Ketiak Setelah Waxing
me.popsugar.com

Daripada mencukur menggunakan alat pencukur, menghilangkan bulu ketiak dengan cara waxing lebih banyak dipilih orang. Sebab, selain membuat ketiak tampak bersih, juga lebih hemat waktu karena prosesnya yang cepat. Namun sayangnya, jika tidak berhati-hati, proses waxing bisa menyebabkan munculnya benjolan di ketiak, loh.

Benjolan di ketiak setelah waxing, bisanya disebabkan oleh helai rambut yang terjebak di bawah permukaan kulit atau disebut juga dengan in-grown hair. Untuk mencegah munculnya benjolan di ketiak setelah waxing, kamu perlu mengikuti tips berikut ini:

 

1. Melakukan Waxing Searah dengan Pertumbuhan Rambut

Salah satu penyebab munculnya benjolan di ketiak setelah waxing, adalah mencukur dengan arah yang salah, yaitu dengan arah yang berlawanan. Sehingga hal ini menyebabkan in-grown hair serta menimbulkan benjolan kecil. Untuk mencegah munculnya benjolan di ketiak setelah waxing, pastikan kamu melakukannya searah dengan pertumbuhan rambut. Sehingga, ketiak akan tampak lebih mulus dan bersih.

 

2. Eksfoliasi Setelah Melakukan Waxing

Setelah melakukan waxing bulu ketiak, agar tidak muncul benjolan, maka lakukanlah eksfoliasi menggunakan scrub dengan butiran yang halus. Namun, saat melakukannya, usahakan tidak menggosok secara kasar, ya. Sebab, hal tersebut hanya akan menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan iritasi. Lakukan secara perlahan atau konsultasikan dengan dermatologis untuk memilih cara eksfoliasi dengan tepat dan cocok untukmu.

 

3. Lakukan Hal ini Setelah Waxing

Untuk mencegah munculnya benjolan di ketiak setelah waxing, ada beberapa hal yang perlu diperhatian. Di antaranya:

  • Untuk mengurangi iritasi dan rasa sensitif, cobalah mandi dengan air dingin.
  • Hindari menggunakan parfum, losion, atau krim yang dapat mengiritasi kulit sensitif.
  • Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas berat selama 24 jam, agar tubuh tidak mengeluarkan keringat berlebih. Sebab, keringat dapat berdampak buruk pada kulit yang baru diwaxing.

Bagaimana Jika Sudah Telanjur Muncul Benjolan?

Meski munculnya benjolan di ketiak setelah waxing adalah hal wajar, tapi tetap saja kita menjadi tidak nyaman. Apalagi, saat beraktivitas. Agar ketiak kembali sehat tanpa ada keluhan, kamu bisa mencoba beberapa cara ini, ya.

1. Mengenakan Baju Longgar

Ketika muncul benjolan di ketiak setelah waxing, sebaiknya kenakanlah pakaian longgar agar tetap nyaman. Dengan mengenakan pakaian longgar, juga dapat mengurangi pembengkakakn setelah waxing, loh.

2. Mengompres dengan Es

Kamu juga bisa mengompresnya menggunakan es batu, pada bagian ketiak yang bengkak setelah melakukan waxing. Kompresan tersebut, bisa dibuat dari kain bersih yang sudah direndam dengan air dingin. Kemudian, tempelkan pada bagian yang terdapat benjolan, kurang lebih selama 20 menit.

3. Hindari Memencet Benjolan

Meski tidak nyaman, tapi jangan pernah memencet benjolan tersebut, ya. Selain dapat merusak kulit, hal tersebut juga bisa memicu bakteri tumbuh hingga akhirnya menimbulkan risiko infeksi.

Baca Juga: 8 Cara Tepat Mencukur Bulu Ketiak Agar Tidak Hitam

Jadi, itulah beberapa cara menghindari munculnya benjolan di ketiak setelah waxing, serta cara mengatasinya. Jika cara di atas duah dilakukan, tapi iritasi justru semakin parah, alangkah baiknya untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter. Dengan begitu, kamu akan mengetahui apa sumber masalahnya, serta cara tepat untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan