Mengapa Harus Mandi Air Dingin Setelah Berolahraga?

  • Bagikan
Mengapa Harus Mandi Air Dingin Setelah Berolahraga?
tongkronganislami.net

Seruni.id – Mengapa harus mandi air dingin setelah berolahraga? Selain dapat menghilangkan keringat dan membuat tubuh lebih nyaman, tenyata mandih air dingin setelah berolahraga memiliki banyak manfaat, loh. Salah satunya dapat membantu mempercepat pemulihan dan baik untuk kulit. Untuk lebih jelasnya, mari sama-sama kita simak ulasan berikut ini:

Mengapa Harus Mandi Air Dingin Setelah Berolahraga?
znews.com

1. Dapat Mengencangkan Kulit

Manfaat mandi air dingin setelah olahraga yang pertama, yakni dapat membuat kulit lebih kencang. Hal ini karena air dingin mampu membantu mengencangkan dan menyempitkan aliran darah yang menghalangi munculnya kulit kusam. Selain itu, proses penyempitan tersebut tidak hanya mengencangkan kulit saja, tapi juga dapat menyempitkan kutikula rambut untuk memperkuat folikel.

2. Membantu Melembapkan Kulit Setelah Berkeringat

Setelah berolahraga kelembapan kulit menghilang. Adapun solusi untuk mengembalikannya adalah dengan mandi air dingin setelah berolahraga. Sedangkan jika kamu menggunakan air panas atau hangat, justru akan mengeringkan lapisan sebum pada kulit yang memberikan kelembapan dan perlindungan pada tubuh. Makan, setelah berolahraga sangat disarankan untuk mandi dengan air dingin, untuk membuat kulit tetap terhidrasi secara alami.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat lain dari mandi air dingin setelah olahraga adalah karena air dingin bisa meningkatkan suplai antioksidan yang kuat bernama glutathione pada tubuh. Ini adalah jenis antioksidan yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari penyakit dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan kata lain, kekebalan tubuhmu akan menguat setelah mandi air dingin.

4. Mengurangi Lemak

Menurut sebuah penelitian, mandi air dingin setelah berolahraga dapat meningkatkan metabolisme hingga 550 persen, loh. Sebab, tubuh dapat menyesuaikan diri dengan suhu setelah olahraga. Alhasil, tubuh akan membakar lebih banyak kalori untuk tetap hangat. Oleh karena itu, mandi air dingin setelah olahraga dapat membantumu membanyak lebih banyak lemak.

5. Penyembuhan Otot

Penelitian lain juga menyebutkan, jika setelah olahraga kemudian kamu mandi dengan air dingin, maka proses penyembuhan otot akan meningkat. Tak sedikit orang yang mengalami nyeri pada tubuhnya setelah berolaharaga. Namun, kondisi tersebut bisa kita cegah dengan mudah, yakni dengan segera mandi air dingin setelah berolahraga. Mandi air dingin setelah olahraga juga membuat tubuhmu lebih segar ketika akan melakukan olahraga lagi esok harinya.

6. Masalah Kebersihan

Ketika melakukan olahraga, baik di dalam atau di luar rungan, tentunya akan banyak keringat yang keluar. Ini merupakan tanda bahwa olahraga yang kamu lakukan cukup efektif. Meski keringat memberikan pertanda bagus sata olahraga, tapi keringat juga bisa membuat tubuhmu menjadi kotor dan bau. Belum lagi jika kamu menggunakan peralatan olahraga yang tentunya tak bebas kuman. Mandi secepatnya adalah cara terbaik untuk membersihkan tubuhmu dari kuman. Dengan begitu kamu akan tetap menjaga kebersihan diri sendiri.

Baca Juga: 7 Cara Agar Tubuh Tetap Sehat Buat Kamu yang Malas Berolahraga

Itulah alasan mengapa harus mandi air dingin setelah berolahraga. Mulai sekarang, yuk jangan malas-malsan untuk mandi, karena hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita sendiri, loh. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id