7 Makanan yang Dapat Mengatasi Efek Samping Vaksin

  • Bagikan
7 Makanan yang Dapat Mengatasi Efek Samping Vaksin
herworld.co.id

Seruni.id – Setelah melakukan vaksinasi, biasanya akan ada sejumlah efek samping vaksin yang ringan dan dapat hilang dalam beberapa hari. Efek yang kerap dirasakan seperti nyeri, demam, sakit kepala, lelah, dan lemas yang biasakan akan berlangsung selama 1-3 hari. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk beristirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi untuk mengatasi efek tersebut.

7 Makanan yang Dapat Mengatasi Efek Samping Vaksin
parapuan.co

Selain mengatasi efek samping vaksin, kandungan gizi dari sejumlah makanan, dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu, loh. Sehingga kamu tidak mudah terserang virus atau penyakit. Apa saja sih jenis makanan tersebut? Berikut rangkumannya yang telah Seruni himpun dari berbagai sumber:

1. Sayuran Hijau

7 Makanan yang Dapat Mengatasi Efek Samping Vaksin
4muda.com

Setelah vaksinasi, pastikan asupan yang kamu konsumsi itu menyehatkan dan memiliki kandungan gizi yang tinggi, ya. Salah satu yang bisa kamu konsumsi adalah sayuran hijau, karena sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi sayuran hijau, akan dapat meningkatkan respons tubuh iritasi. Ada banyak sekali sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi, di antaranya adalah bayam, brokoli, sawi, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

2. Bawang Putih

7 Makanan yang Dapat Mengatasi Efek Samping Vaksin

Dikenal sebagai bumbu masakan yang memiliki aroma harum, bawang putih ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi efek samping vaksin, loh. Bawang putih mampu meningkatkan imun tubuh, menurunkan kolesterol, dan darah tinggi. Melansir dari laman News18, bawang putih memberi makan mikroorganisme di usus besar, yang berperan untuk meningkatkan imun tubuh karena kaya akan probiotik.

3. Kunyit

7 Makanan yang Dapat Mengatasi Efek Samping Vaksin
idntimes.com

Kunyit kaya akan curcumin yakni antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk daya tahan tubuh. Rimpang yang berfungsi sebagai pewarna makanan alami ini, juga dikenal sebagai makanan anti-stres. Pasalnya, kunyit dapat melindungi otak dari situasi stres, termasuk sebelum dan sesudah melakukan vaksin. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolahnya menjadi teh atau jamu dan dikonsumsi sebelum dan setelah vaksinasi.

4. Jahe

7 Makanan yang Dapat Mengatasi Efek Samping Vaksin
cermati.com

Jahe yang dapat memberikan rasa hangat pada makanan ini, juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi efek samping vaksin. Di dalamnya terkandung asam amino dan enzim vital yang dapat mengurangi rasa sakit, menenangkan pikiran, serta mengatasi stres. Untuk mengurangi efek samping vaksin berupa nyeri, lemas, demam, atau pusing, kamu bisa mengonsumsi jahe dengan cara mencampurkannya ke dalam air hangat.

5. Buah-buahan Segar

7 Makanan yang Dapat Mengatasi Efek Samping Vaksin
pasjabar.com

Untuk mengatasi efek samping vaksin seperti nyeri otot, lemas, kelelahan, sakit, kepala, dan demam, maka tubuh harus tetap terhidrasi. Selain dengan minum air yang cukup, menghidrasi tubuh bisa juga dilakukan dengan cara mengonsumsi buah-buahan segar. Seperti stroberi, semangka, persik, blueberry, maupun jeruk. Sebab, jika tubuh tetap terhidrasi denagn baik, maka bisa membantu mempersingkat durasi intensitas efek samping vaksin tersebut.

6. Kuah Kaldu Tulang

7 Makanan yang Dapat Mengatasi Efek Samping Vaksin
kompas.com

Salah satu makanan yang dapat mengurangi efek samping vaksin adalah makanan yang berkuah. Seperti kuah kaldu tulang sup ayam. Sebab, kaldu tulang mengandung banyak nutrisi untuk mengurangi efek nyeri dan meningkatkan kesehatan sendi tulang dari kadar kolagennye. Kuah kaldu tulang yang hangat baik dikonsumsi ketika sakit karena mengandung banyak triptofan yang membuat tubuh memproduksi seratonin untuk membuat suasana hati lebih baik, lebih rileks, dan perasaan nyaman setelah mengkonsumsinya.

7. Kacang-kacangan

7 Makanan yang Dapat Mengatasi Efek Samping Vaksin
zwitsal.co.id

Kacang juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang mampu mendukung kekebalan tubuh. Selain itu, makanan ini juga dapat memelihara kesehatan jentung dengan baik. Berdsarkan studi yang The American Journal of Clinical Nutrition (2016) melaporkan, orang yang mengonsumsi kacang secukupnya secara rutin, cenderung jarang mengalami inflamasi alias peradangan. Adapun jenis kacang yang direkomendasikan yakni almon, kenari, pecan, mete, dan pistachio.

Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Vaksinasi!

Itulah sederet makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi efek samping vaksin. Semoga membantu.

  • Bagikan
seruni.id