7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Vaksinasi!

  • Bagikan
7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Vaksinasi!
idxchannel.com

Seruni.id – Pemerintah saat ini tengah gencar mensosialisasikan program vaksinasi di Indonesia. Hal ini dilakukan guna menekan angka positif COVID-19. Terlebih, saat ini angkanya masih terus meningkat. Nah, sambil menunggu untuk vaksinasi, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan nih. Di antaranya sebagai berikut:

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Vaksinasi!
ayosemarang.com

1. Pastikan Imunitas Tubuhmu Kuat

Vaksin dan imuntias tubuh saling berkaitan, apalagi semua manfaat dari vaksin memerlukan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pada kenyataannya, semakin kuat sistem kekebalan tubuh seseorang, akan semakin responsif tubuh mereka terhadap vaksin. Jadi, sebelum melakukan vaksinasi, pastikan sistem imun pada tubuhmu kuat, ya. Untuk mencapai imun yang kuat, kamu perlu menambahkan nutrisi tambahan serta mengonsumsi makanan yang sehat.

2. Pastikan Nutrisi Terpenuhi

Nutrisi tambahan merupakan salah satu cara paling tepat untuk memengaruhi kesehatan dan fungsi kekebalan tubuh dalam waktu yang cepat. Adapun nutrisi yang penting untuk kamu konsumsi yakni mulai dari vitamin K2, vitamin D3, vitamin C, Zinc, dan Omega-3. Sumber utama vitamin K2, bisa kamu peroleh dari makanan fermentasi dan produk hewani seperti ayam, kuning telur, keju, dan mentega. Kemudian untuk vitamin C bisa kamu dapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, mangga, stroberi, dan jambu biji. Sedangkan Omega-3 dapat kamu konsumsi melalui ikan salmon, kacang-kacangan, ikan kembung, dan ikan tenggiri.

Kandungan nutrisi tersebut bukan hanya penting dikonsumsi sebelum melakukan vaksinasi, tapi setelahnya pun kamu harus tetap mengonsumsinya. Seruni juga ingin merekomendasikan langkah tepat agar imunitas tubuh tetap stabil menjelang vaksinasi COVID-19, yakni dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan cara minum air mineral minimal 8 gelas per hari. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap terhidrasi. Sebab, air mineral dapat membantu tubuh mengembangkan respons yang lebih baik terhadap vaksin nantinya.

3. Hindari Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Sebelum melakukan vaksinasi, ada baiknya untuk hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Karena hal tersebut hanya akan melemahkan daya tahan tubuh. Setidaknya hindarilah minuman beralkohol dua hari sebelum vaksinasi hingga dua minggu setelahnya. Hal ini penting dilakukan agar sistem imun di dalam tubuh tetap terjaga dan dapat menghasilkan reaksi kekebalan tubuh yang baik untuk mencegah infeksi virus Corona.

4. Tidak Berolahraga Secara Berlebihan

Melakukan olahraga secara rutin merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Begitupun sebelum melakukan vaksinasi, penting sekali untuk berolahra, karena kebiasaan ini sangat baik untuk membantu daya tahan tubuh tetap kuat. Hanya saja, jangan lakukan olahraga secara berlebihan, ya. Sebab, hal ini justru dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Agar lebih sehat dan aman, lakukan olahraga setidaknya 20-30 menit setiap hari, atau minimal 3-5 kali per minggu.

5. Mendapatkan Tidur yang Cukup

Sebelum melakukan vaksinasi, usahakan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, ya. Setidaknya 7-9 jam setiap malamnya. Apabila kamu merasakan sulit tidur, cobalah praktikan sleep hygiene, misalnya dengan mematikan telepn genggam dan peralatan elektronik lainnya, paling tidak satu jam menjelang tidur.

6. Hindari Mengonsumsi Obat-obatan Sebelum Vaksin

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan vaksinasi berikutnya adalah, hindari mengonsumsi obat-obatan sebelumnya. Bagi kamu yang harus mengonsumsi jenis obat seperti aspirin, ibuprofen, dan antihistamin, sebaiknya hentikan terlebih dahulu, ya.

Tujuannya adalah, agar tidak menimbulkan efek samping terlebih saat melakukan vaksinasi. Selain itu, dapat menumpulkan respons tubuh terhadap vaksin. Namun, jika keadaan darurat dan mengharuskanmu mengonsumsi oabt tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter terkiat. Setelah vaksinasi, barulah obat-obatan tersebut dapat dikonsumsi untuk mengurangi efek samping vaksinasi seperti nyeri pada tubuh.

7. Informasikan Kondisi Kesehatan

Sebelum vaksinasi, penting sekali untuk menginformasikan kondisi kesehatanmu pada dokter. Seperti:

  • Demam;
  • Riwayat alergi terhadap vaksin;
  • Penyakit tertentu, seperti kelainan darah, penyakit autoimun, penyakit kardiovaskulas, diabetes, HIV, gengguan ginjal, atau penyakit liver;
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu;
  • Hamil atau berencana hamil;
  • Menyusui.

Baca Juga: Lengan Nyeri Setelah Vaksin Covid-19? Lakukan Gerakan ini Yuk!

Jadi, itulah tujuh hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan vaksinasi COVID-19. Bagi kalian yang sudah melakukan vaksinasi, semoga sehat selalu dan terhindar dari virus-virus berbahaya.

  • Bagikan
seruni.id