Tips Penting Mengelola Keuangan Agar Bisa Umroh di Usia Muda

Tips Penting Mengelola Keuangan Agar Bisa Umroh di Usia Muda
google.com

Seruni.id – Banyak anak muda yang memiliki impian untuk bisa berangkat ke tanah suci. Ibadah yang kerap dijuluki sebagai ‘Haji Kecil’ ini memang bisa menjadi alternatif dari ibadah haji yang biayanya dari tahun ke tahun terus meroket. Agar bisa umroh di usia muda, kita perlu mengelola keuangan sedini mungkin. Apalagi, biaya umroh lebih sedikit dibanding dengan ongkos naik haji.

Tips Penting Mengelola Keuangan Agar Bisa Umroh di Usia Muda
google.com

Dengan biaya mulai dari Rp 20 jutaan, kita bisa mengunjungi tanah suci sekaligus berwisata keagamaan di sana. Namun, apa saja sih yang harus dilakukan demi mengejar impian kita untuk menjejakan kaki di tanah suci? Terlebih mengumpulkan uang 20 juta bukanlah perkara yang mudah. Berikut tips penting mengelola keuangan agar bisa umroh di usia muda:

1. Niat Sedini Mungkin

Jika kamu ingin umorh di usia muda, maka tanamkanlah niat sedini mungkin. Karena dengan niat yang sungguh-sungguh serta tekad yang bulat, maka semakin cepat pula tabunganmu akan terkumpul. Bayangkan saja, jika saat ini usiamu masih 20 tahun, kamu sudah memiliki niat menabung untuk beribadah umroh. Bukan suatu hal yang tak mungkin, pada usia 30 tahunan atau di bawahnya kamu sudah bisa menunaikan ibadah umroh dengan uang sendiri. Bukankah itu menjadi kebahagiaan tersendiri?

2. Lakukan Penghematan

Hemat sangat penting sekali untuk mewujudkan impianmu dalam beribadah umroh, karena jika kamu masih menghambur-hamburkan uang begitu saja, membeli hal-hal yang tidak perlu, kapan impianmu akan terkabul? Mulai saat ini belajarlah untuk membedakaan mana keinginan dan mana keperluan. Sebab, kalau kamu berhasil melakukan ini, insyaAllah, tabunganmu akan cepat menggunung. Atau bisa dengan memandangi slip gajimu, lalu hitung kembali pengeluaran kamu dalam satu bulan terkahir, agar kamu tahu berapa biaya yang harus kamu tekan dalam sebulan. Yuk lakukan penghematan sedini mungkin, bukan besok atau nanti tapi mulai dari sekarang.

3. Membuka Rekening Tabungan Khusus Umroh

Saat ini banyak bank yang fokus untuk melayani nasabah calon jemaah haji, dengan program-program tabungan haji andalannya. Tapi, kamu juga bisa kok membuat sendiri tabungan umroh. Gimana caranya? Yakni, kamu harus membuka rekening baru, ingat tabungan ini harus terpisah dari rekening gaji dan usahakan untuk tidak mencairkan uang tersebut sebelum mencukupi.

Kamu hanya diperbolehkan menyetorkan sejumlah dana dengan rutin setiap bulannya ke rekening tersebut. Jangan buat ATM untuk rekening ini ya, agar kamu tidak tergoda menarik uang sewaktu-waktu. Agar lebih mudah dan menghindari lupa menyetor, terapkan pilihan auto debet dari rekening utama yang kamu gunakan untuk menerima gaji. Mintalah bantuan pihak bank secara otomatis untuk mentansfernya.

4. Tabungan Investasi Logam Mulia

Setiap tahun biaya umroh terus meroket, untuk kamu yang ingin mengelola keuangan agar bisa umroh di usia muda, menabung investasi sangatlah pentin. Mungkin sebagian besar akan bertanya-tanya bagaimana caranya menabung investasi itu? Yakni simpanan dalam bentuk emas logam mulia, hal ini membantu kamu untuk mengantisipasi tingkat inflasi yang terjadi. Untuk melindungi uang yang sudah ditabung, alihkan bentuknya dari uang ke emas logam mulai.

Kapan waktu yang tepat untuk membelinya? Ya, ketika tabunganmu sudah cukup untuk 5 gram emas, karena jika kamu membeli dalam pecahan 1 gram harganya akan lebih mahal. Lakukan secara berulang hingga kamu sampai pada target jumlah ongkos perjalanan umroh. Jika kamu memilih teknik ini, maka kamu harus sering-sering memantau perkembangan pergerakan harga emas.

5. Jangan Mudah Tergiur

Saat uangmu sudah cukup untuk berangkat umroh, janganlah mudah tergiru dengan banyaknya biro perjalanan, baik yang memiliki jaringan skala nasional maupun internasional. Karena terlalu banyak biro perjalanan umroh, kamu menjadi bingung harus memilih yang mana, apalagi setiap travel umroh menawarkan paket umroh yang berbeda-beda. Ketika pilih-pilih seperti ini, kamu harus lebih teliti dan berhati-hati. Jangan cepat tergoda dengan umroh murah, jangan malas untuk pergi ke sana ke sini untuk membandingkan harga yang ditawarkan.

Sebab, harga antar biro bisa berbeda meski jumlah hari, hotel dan intinerary yang sama. Jangan pula tergoda dengan paket umroh yang dimanisi oleh wajah selebriti karena biayanya bisa jadi lebih mahal daripada paket umrah yang gak ada selebnya. Lagian apa sih untungnya umrah bareng seleb selain bisa foto-foto? Ibadah itu urusan antara kamu dengan Tuhanmu, bukan urusan seleb FTV yang umrah bareng kamu.

6. Memilih Paket Perjalanan Umroh yang Sesuai dengan Kemampuan

Umroh adalah ibadah, namun penyelenggara kerap membumbui perjalanan dengan berwisata ke beberapa negara sebelum bahkan sesudah beribadah di Mekah dan Madinah. Berwisata di kota saat kamu transit mungkin sah-sah aja, namun jika wisatanya hingga keliling Timur Tengah bahkan ke Eropa, mungkin kamu harus hitung-hitung kemampuan kamu dulu. Ingat kamu masih harus makan dan minum sepulangnya ke Indonesia dan ingat pula untuk membayar angsuran kalau kamu dibiayai oleh bank.

Sekali lagi tanamkan dalam dirimu untuk beribadah bukan berwisata, jika kamu hanya sanggup untuk paket umroh tidak ada jalan-jalan, ya sudah ambil saja! Jangan memaksakan diri untuk berwisata kalau kamu gak sanggup membayarnya. Kamu gak butuh hotel bintang 5 untuk ibadah, jika ada paket umrah yang menawarkan hotel bintang 3, ambil saja. Mungkin hotelnya agak jauh dari masjid, tapi bukannya tiap langkah menjadi pahala?

Baca Juga: Kenali 3 Ciri Biro Haji dan Umroh Nakal

Demikian tips yang bisa Seruni berikan untuk kalian yang ingin beribadah umroh di usia muda. Semoga bermanfaat dan semoga kita semua diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk segera mengunjungi Baitullah. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.