Mengenal Daun Beluntas, Tumbuhan Semak dengan Beragam Manfaat

Mengenal Daun Beluntas, Tumbuhan Semak dengan Beragam Manfaat
greeners.co

Seruni.id – Indonesia bukan hanya terkenal akan keindahan alamnya saja. Namun, di balik keindahan tersebut juga menyimpan segudang obat-obatan alami yang berasal dari tumbuhan. Salah satunya adalah daun beluntas. Mungkin banyak dari kita yang masih sangat asing dengan tanaman yang satu ini.

Mengenal Daun Beluntas, Tumbuhan Semak dengan Beragam Manfaat
jybmedia.com

Perlu sama-sama kita ketahui, bahwa tanaman beluntas atau dalam bahasa latin disebut Pluchea indica (L) merupakan tanaman dari suku Asteraceae. Tumbuhan yang masuk dalam kategori herbal ini, bisa kita jumpai di beberapa daerah di Indonesia. Terlebih, tanaman beluntas kerap digunakan sebagai obat tradisional dengan memanfaatkan bagian bunga, daun, batang, hingga akar.

Adapun kandungan daun beluntas yakni seperti alkaloid, flafonoida, tannin, kalsium, natrium, magnesium, fosfor, minyak atsiri, kalori, protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1. Tanaman dengan cabai dan daun yang rimbuh ini, biasanya dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai pagar hidup. Meski sering dipandang sebelah mata, ternyata khasiatnya sangat luas biasa. Berikut ini Seruni akan mengulas beragam manfaat daun beluntas dan cara mengolahnya.

1. Obat TBC pada Leher

Manfaat tanaman beluntas yang pertama, dapat digunakan untuk mengatasi masalah TBC dengan cara tradisional. Cara memanfaatkannya dengan menumpuk bagian daun dan batang sampai lumat atau bisa juda diestrak. Setelah daun halus dan lumat, campurkan beberapa bahan alami seperti rumput laut dan kulit sapi dengan ramuan tadi. Kukus semua bahan hingga memiliki tekstur yang lembut kemudian kondumsi secara rutin setiap hari hingga TBC sembuh.

2. Mengurangi Pegal Linu

Sering merasakan pegal linu? Hal ini tentu saja terasa sangat menyiksa. Apabila mengalami pegal linu, kamu bisa memanfaatkan tanaman beluntas untuk mengatasinya. Yakni dengan cara meminun rebusan daun beluntas sebanyak tiga kali dalam satu hari.

3. Obat Rematik

Khasiat tanaman beluntas yang berikut ini sangat cocok untuk kamu yang sering mengalami nyeri pada bagian tubuh atau rematik. Langkah awal untuk membuat obat rematik yaitu bisa siapkan 15 gram bagian akar beluntas dengan satu genggam daun. Selanjutnya ikuti langah berikut ini untuk membuat ramuannya:

• Cuci bersih bahan yang telah disiapkan
• Siapkan wadah dengan satu gelas air
• Masukkan bagian akar dan daun beluntas yang sudah dicuci bersih
• Rebus hingga mendidih
• Diamkan hingga hangat kuku
• Saring untuk memisahkan ampasnya

4. Mengatasi Bau Badan

Masalah pada bau padan, tentu sangat membuat kita menjadi tak percaya diri. Bau badan juga menunjukkan bahwa tubuh terdiri banyak bakteri. Nah, keunggulan tanaman beluntas yang jarang diketahui yakni dapat mengatasi masalah bau badan. Bahkan tanaman ini disebut sebagai deodoran alami yang secara efektif menghilangkan bau badan. Kandungan senyawa anti-bakteri pada daun ini diduga dapat memberikan manfaat tersebut. Untuk memanfaatkan daun beluntas dalam hal ini, kamu hanya perlu memasak 3-5 lembar daun dalam air mendidih dan kemudian minum air rebusan tersebut secara teratur.

5. Mengatasi Bau Mulut

Bukan cuma dapat mengatasi bau badan saja, loh. Tanaman beluntas juga ampuh untuk mengatasi bau mulut. Kondisi ini tentu sangat mengganggu, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Mulut yang berbau tidak sedap pasti akan mengurangi rasa percaya diri, bukan? Oleh sebab itu, langkah-langkah melawan bau mulut diperlukan agar tidak memperburuk dan menganggu kegiatan.

Mengonsumsi daun beluntas menjadi salah satu solusi tepat bagi kamu yang ingin menghindari masalah bau mulut. Manfaat tanaman beluntas untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh zat antibakteri yang dikandungnya. Minum rebusan ramuan tanaman beluntas secara teratur untuk menghindari bau mulut. Juga dapat mengobati bau mulut jika sudah terjadi.

6. Mencegah Kerusakan Hati

Tanaman yang kaya akan kandungan flavonoid seperti quercetin, myricetin, dan kaemferol ampuh dalam mencegah dan menangkal kerusakan hati. Mengonsumsi daun beluntas sangat baik agar hati dapat bekerja secara optimal.

7. Mengatasi Nyeri Haid

Tanaman beluntas juga diketahui mampu mengatasi nyeri haid. Datang bulan pada wanita memang terkadang membuat nyeri yang sangat menyiksa. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan daun beluntas. Caranya, ambil 20 helai daun beluntas kemudian rebus dengan segelas air. Tambahkan sedikit asam atau garam.

8. Mencegah Pengeroposan Tulang dan Gigi Berlubang

Kandungan kalsium dan fosfor pada beluntas sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Mengonsumsi air dari tanaman beluntas, dapat membantu mencegah terjadinya pengroposan tulang dan masalah gigi berlubang. Ini karena di dalam tanaman beluntas mengandung kalsium tujuh kali lebih banyak.

9. Mengatasi Perut Kembung

Daun beluntas juga berkhasiat dalam mengatasi sakit perut atau kembung. Kandungan zat aktif dan mineralnya ampuh meredakan gangguan perut. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau direbus dan meminum airnya.

10. Meredakan Nyeri Pinggang

Salah satu gangguan kesehatan yang bisa disembuhkan dengan tanaman beluntas yang selanjutnya adalah nyeri pada pinggang. Caranya juga cukup mudah kamu hanya perlu merebus satu genggam daun beluntas pada dua gelas air hingga mendidih sampai air berkurang jadi satu gelas. Konsumsi secara teratur dua kali sehari dalam kondisi yang sudah dingin.

11. Sebagai Obat Keputihan

Manfaat daun beluntas untuk keputihan juga sangat luar biasa. Sebagian besar wanita tentu pernah mengalami keputihan, kan? Hal ini biasanya terjadi pada masa pra menstruasi ataupun sesudahnya. Kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan ramuan dari tanaman beluntas. Cara membuat ramuan ini juga cukup mudah, yaitu dengan merebus 20 lembar daun beluntas dengan dua gelas air hingga airnya tersisa satu gelas saja. Minum ramuan ini secara teratur setidaknya dua kali dalam sehari di pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

12. Menjaga Kesehatan Rahim

Manfaat daun beluntas untuk rahim juga cukup efektif. Sebab, kandungan antibakteri dan antioksidan herabl ini dapat mencegah gangguan penyakit rahim. Seperti kanker rahim. Untuk itu, bagi para wanita penting sekali untuk rutin mengonsumsi beluntas agar kesehatan rahim tetap terjaga.

13. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Wajah

Sifat antioksidan dan zat aktifnya memberikan manfaat daun beluntas untuk wajah cantik. Selain memperbaiki sel-sel kulit, herbal ini juga baik untuk regenerasi sel kulit. Gunakan daun ini sebagai masker daun beluntas atau untuk lulur tubuh.

14. Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Banyak yang belum tahu mengenai manfaat daun beluntas untuk diet. Taaman yang kaya akan serat ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Untuk memanfaatkannya sebagai penurun berat badan, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dibuat sebagai lalapan. Namun sebelumnya harus dicuci bersih terlebih dahulu, ya.

Untuk lebih efektif lagi, kamu bisa membuatnya menjadi jus penurun berat badan dengan cara menyediakan satu ikat tanaman beluntas (hanya daunnya saja), kemudian masukkan ke dalam blender, tambahkan air secukupnya, kamu bisa menambahkan yoghurt ataupun mentimun agar rasanya lebih nikmat. Dan blender hingga halus. Konsumsi jus ini minimal 2-3 kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

15. Mengatasi Gangguan Menstruasi atau Pendarahan

Banyak wanita yang seringkali mengeluhkan tentang siklus haid yang tidak teratur serta raa nyeri yang ditimbulkan pada saat menstruasi. Bahkan, ada pula yang mengalami pendarahan. Nah, kamu harus mengetahui juga manfaat daun beluntas untuk pendarahan. Dan yang bisa kamu lakukan adalah merebus 20 lembar beluntas bersama dengan satu gelas air dan tamabahkan dengan sedikit asam jawa serta garam. Peras dan saring air rebusan tersebut, lalu minum tiga kali dalam sehari dengan takaran satu gelas setiap kali minum.

16. Menghilangkan Jerawat

Jerawat yang merupakan radang serta penyumbatan saluran kelenjar minyak pada kulitmu, yang pada awalnya akan membentuk komedo dan kemudian akan berkembang menjadi jerawat. Sedangkan Propionibacterium acnes adalah bakteri gram positif berbentuk batang yang juga menjadi penyebab dari timbulnya jerawat pada wajah. Untuk dapat mengatasi jerawat secara alami dapat kamu lakukan dengan mengkonsumsi daun beluntas secara rutin seperti lalap atau urap.

17. Menguatkan Saraf

Untuk menguatkan saraf dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan daun beluntas sebagai pemakaian luar yakni sebagai aromaterapi dan juga berendam. Caranya, dengan memakai daun beluntas sebagai stimulan dan juga aromaterapi saat kamu mandi atau berendam dengan air hangat yang sudah di campur dengan beberapa genggam daun beluntas.

18. Menjernihkan Mata

Bagi kalian yang setiap hari menhabiskan waktu di depan komputer, kamu bisa merasakan manfaat daun beluntas untuk mata. Karena pada tanaman beluntas mengandung vitamin A yang baik untuk mata, sehingga bisa jernih kembali.

19. Menambah Nafsu Makan Anak

Masalah anak tidak nafsu makan sering dialami para ibu. Orangtua zaman dulu, cukup memberi air rebusan daun beluntas pada anak mereka. Tumbukan daun beluntas juga bisa ditambahkan pada nasi tim anak bila mereka mengalami masalah pencernaan.

20. Merawat Wajah

Kandungan senyawa antioksidan pada daun beluntas juga berbuah manfaat daun beluntas untuk wajah. Antioksidan mampu merawat sel-sel kulit wajah agar senantiasa terhindar dari oksidasi yang mengakibatkan rusaknya sel-sel tersebut. Sebagaimana diketahui, kerusakan pada sel kulit wajah berimbas pada terjadinya penuaan dini yang ditandai dengan timbulnya kerutan, flek hitam, dan garis halus pada kulit wajah.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu! Ini 10 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

Meski memiliki banyak manfaat, tanaman beluntas tidak boleh dikosumsi dalam jangka panjang maupun berlebihan. Pasalnya, tanaman ini tumbuh subur di lingkungan dengan kandungan garam yang tinggi pada tanahnya sehingga dikhawatirkan memiliki sodium dan klorida yang juga tinggi. Penderita hipertensi dan penyakit jantung juga sebaiknya membatasi konsumsi daun beluntas karena kandungan sodium dan klorida tersebut. Untuk lebih amannya, konsultasikan kepada dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.