Menghapus Email Bisa Menyelamatkan Bumi dari Global Warming, Benarkah?

  • Bagikan
Menghapus Email Bisa Menyelamatkan Bumi dari Global Warming, Benarkah?
merahputih.com

Seruni.id – Beberapa waktu lalu, media diramaikan dengan perbincangan seputar menghapus email untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Namun, apakah hal tersebut benar adanya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Menghapus Email Bisa Menyelamatkan Bumi dari Global Warming, Benarkah?
kabarfajar.com

 

Fakta Tentang Menghapus Email untuk Mengurangi Pemanasan Global

Teknologi yang semakin maju dan berkembang, akan memudahkan setiap aktivitas yang kita lakukan. Terlebih dalam hal pekerjaan, yang lebih banyak dilakukan dengan memafaatkan teknologi yang ada. Salah satu teknologi yang kerap digunakan adalah email atau surat elektronik. Kehadiran email, memudahkan kita untuk mengirim pesan dan dokumen dengan waktu singkat.

Selain mempercepat proses pengiriman dokumen, email juga membuat kita lebih hemat. Sebab, kita tak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak dokumen tersebut. Namun, di balik kemudahan tersebut, ternyata da bahaya yang bisa mengancam bumi. Sehingga muncul hibauan untuk menghapus email demi menyelamatkan bumi. Lantas, apakah hal ini benar adanya?

Melansir dari laman dnktv.uinjkt.ac.id, disebutkan abhwa penggunaan email dapat mengancam dan memperburuk pemanasan global. Sebab, mengirim email disinyalir bisa menambah karbon dioksida (CO2) beracun.

Mungkin, kita sering kali membiarkan email menumpuk di cloud atau komputasi awan, dan malas untuk menghapusnya. Namun, tahukah kamu? Ternyata penyimpanan ini membutuhkan energi listrik dalam jumlah signifikan, loh. Sebagian besar energi tersebut, masih dihasilkan dari bahan bakar fosil. Maka dari itu, menumpuk email dapat berdampak serius terhadap pemanasan global.

 

Berapakah Jumlah Listrik yang Diperlukan Email?

Mengirim email, tidak hanya berdampak pada peningkatkan CO2 saja, tapi juga bisa meningkatkan penggunaan listrik. Menurut penelitian McAfee, sekitar 78% dari seluruh email yang masuk merupakan spam. Bahkan, di setiap tahun, ada sekitar 62 triliun pesan spam yang dikirimkan, dengan penggunaan listrik kurang lebih sebesar 33 miliar kilowatt jam (KWh) dan menghasilkan sekitar 20 juta ton CO2 per tahun.

Perlu kita ketahui, bahwa setiap 1 GB data yang tersimpan di data center, penyedia layanan elektronik memerlukan listrik sekitar 32 KWh. Namun, jika kita rutin menghapus 10 email per hari, maka kita telah berkontribusi untuk menghemat menyimpanan sekitar 1,7 GB atau setara dengan 55,2 juta KWh listrik yang ada di data center. Dengan demikian, penyedia data center dapat mengurangi konsumsi 19.356 ton karbon atau setara dengan 39.035 ton emisi karbon.

 

Apa Saja Aktivitas Digital yang Dapat Menyebabkan Pemanasan Global?

Meski demikian, email bukanlah satu-satunya aktivitas digital yang berpengaruh terhadap global warming. Ada beberapa aktivitas yang juga bisa menjadi penyebab. Seperti streamng video, menonton televisi, bermain video gim, streaming musik, hingga berselancar di media sosial.

Hal-hal di atas, mungkin sering kali kita lakukan setiap hari. Bahkan, sudah menjadi aktivitas yang sulit dilepaskan. Namun, untuk menyelamatkan bumi, sebaiknya kita lebih bijak lagi. Alangkah baiknya, kurangilah penggunaan listrik mulai dari sekarang. Contohnya, mencabut charger ponsel jika sudah tak digunakan, mematikan lampu, dan menggunakan barang-barang elektronik seperlunya.

Penghematan energi tidak hanya dilakukan oleh pengguna teknologi saja. Namun, perusahaan teknologi juga sudah banyak yang mulai memperhatikan penggunaan energi dalam kegiatan usahanya. Misalnya, Google, perusahaan teknologi ini telah mengatakan carbon neutral dengan mendanai proyek lingkungan untuk meminimalisir dampak emisi karbon yang dihasilkan dari email atau YouTube. Microsoft juga menjadi salah satu perusahaan yang tengah mengupayakan pengurangan kerusakan lingkungan. Microsoft sedang berusaha untuk menjadi perusahaan carbon negative pada tahun 2030 mendatang.

 

Bagaimana Cara Menghapus Email

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menyimpan email bukanlah satu-satunya aktivitas digital yang menyebabkan global warming. Namun, jika ingin menghapus email untuk menyelamatkan bumi, tak ada salahnya, loh. Adapun cara menghapusnya sebagai berikut:

  • Langkah pertama, masuk ke akun email yang kamu miliki.
  • Kemudian, pilih menu Kotak Masuk.
  • Setelah itu, pilih ikon kotak yang berada di kiri atas dan pilih kategori pesan yang ingin dihapus.
  • Lalu, ceklis kategori pesan tersebut. Barulah klik ikon Hapus.
  • Selanjutnya, cobalah masuk ke menu Sampah. Ceklis ikon kotak di kiri atas, lalu pilih opsi Hapus Selamanya.
  • Maka, semua pesanmu akan terhapus secara permanen. Namun, sebelum kamu menghapusnya, pastikan email tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi, ya.

Baca Juga: 5 Bukti Perubahan Iklim Bumi yang Semakin Nyata Mengancam Kehidupan

  • Bagikan