Mengisi Liburan Sekolah Anak dengan Kegiatan yang Positif

1Health.ID

Sernui.id – Liburan adalah sebuah hal yang menyenangkan untuk anak, karena mereka merasa terbebas dari segala tugas-tugas sekolah yang rutin dilakukan. Liburan tentu sangat penting, tidak untuk orang dewasa saja tapi juga anak-anak. Namun, jangan sampai liburannya diisi dengan kegiatan yang monoton, membosankan, bahkan tidak bermnafaat.

Sebenarnya, mengisi liburan anak dengan kegiatan yang menyenangkan tidak perlu biaya mahal dan jauh. Banyak kegiatan positif dan menyenangkan yang bisa dilakukan di Berikut beberapa tips untuk Ayah dan Bunda demi mengisi kegiatan liburan anak yang bermanfaat dan tetap menyenangkan:

Belajar Mengaji

hipwee.com

Banyak manfaat yang didapat jika kita rajin membaca Alquran. Oleh karena itu, jadikan hal ini menjadi sebuah kebiasaan pada anak. Apalagi, saat liburan telah tiba. Daripada mengisi liburan dengan hal yang tidak bermanfaat, lebih baik ajarkan anak untuk membaca Alquran. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan akal saja, namun juga kesehatan jasmani serta menanamkan akhlak yang baik pada anak.

Mengunjungi Kebun Binatang

bp-guide.id

Mengisi liburan anak dengan mengunjungi kebun binatang bisa menjadi pilihan cerdas untuk para orangtua. Selain anak bisa menikmati liburan, di sana mereka juga bisa belajar, dan mengenal jenis-jenis binatang. Jika selama ini, anak hanya bisa melihat lewat sebuah gambar saja, maka saat berkunjung ke kebun binatang anak bisa belajar secara kontrekstual (nyata) dan juga dapat menambah pengalaman mereka. Selain itu, orangtua bisa memberikan pancingan agar anak dapat aktif dalam mengamati hewan-hewan yang ada di sana.

Berkemah di Alam Terbuka

parenting.orami.com

Jika tidak memungkinkan untuk berkungjung ke kebun binatang, Anda bisa mengajak anak mengisi liburan sekolah dengan berkemah atau camping di alam terbuka. Selain menghadirkan suasana yang menyegarkan, juga akan memberi pemahaman bagi anak tentang betapa indahnya alam yang ada disekitar. Selama berkemah, jangan lupa selalu ingatkan anak untuk menjaga alam sekitar agar keindahannya tetap terpelihara.

Mengunjungi Pantai

perenting.co.id

Destinasi wisata yang tak kalah indahnya yang bisa menjadi opsi untuk mengisi liburan sekolah anak bersama anak anda adalah dengan berlibur ke pantai. Biarkan anak melihat betapa indanhnya laut yang disertai hembusan angin sepo-sepoi ditambah dengan ombak yang saling berkejr-kejaran. Anda juga bisa mengajak anak anda untuk membuat istana-istana pasir agar bisa membuatnya semakin antusias, biarkan anak berkreasi dengan istana-istana pasir yang dia buat agar daya imajinasi dan kreativitas anak Anda bisa tereksplorasi.

Mengunjungi Museum

liburkeluarga.com

Belibur sambil belajar tidak ada salahnya, kan? Salah satu pilihan tempat yang bisa menawarkan sensasi belajar sambil berlibur adalah dengan mengunjungi museum. Karena biasanya, anak memiliki apresiasi yang tinggi dengan hal-hal yang ada di museum. Misalnya saja dengan memilih museum sejarah sebagai lokasi destinasi wisata. Di tempat tersebut anak akan belajar banyak mengenai perjuangan para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan bangsa ini.

Selain bisa melihat benda-benda yang bisa menjadi saksi sejarah, juga berperan dalam menumbuhkan sikap nasionalis dalam diri anak, sebagai orang tua anda bisa mendampingin anak sambil memberi penjelasan-penjelasan yang bisa menambah pemahaman anak.

Berkunjung ke Panti Sosial

wisataakhirat.blogspot.com

Tidak semua liburan harus diisi dengan mengunjungi tempat wisata, namun adakalanya sekali-kali Anda mengajak anak ke panti sosial. Anda bisa membawakan anak-anak panti makanan dan makan bersama mereka. Dengan begitu, anak akan belajar mensyukuri bahwa dia masih memiliki keluarga yang utuh yang mencintai dan menyayanginya. Anak juga akan belajar bahwa masih banyak orang yang membutuhkan bantuan dn pertolongan, sehingga anak muncul sikap sosial dalam diri anak.

Bersilaturahmi ke Rumah Anggota Keluarga

Gambar terkait
berita.baca.co.id

Pilihan lain yang bisa menjadi alternatif dalam mengisi waktu liburan bersama anak adalah dengan mengisi waktu liburan dengan berkunjung ke rumah keluarga, misalnya saja ke rumah kakek, nenek, kerabat dan keluarga lainnya. Selain anak-anak bisa mengenali dan mengatahui siapa kerabat/keluarga dekatnya anak juga akan belajar menjadi pribadi yang sosialis. Hal tersebut juga akan mengajarkan kepada anak bahwa, sebagai kerabat atau anggota keluarga semuanya harus saling memperdulikan satu sama lain, kondis tersebut juga bisa memperkuat ikatan tali silahturahmi antara sesama anggota keluarga.

Membuat Kue atau Memasak Bersama

infobintaro.com

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan untuk mengisi liburan bersama anak ketika anda tidak punya kesempatan untuk pergi berlibur di luar rumah adalah dengan melakukan aktivitas bersama anak. Misalnya ajak anak anda untuk membantu anda membuat kue, berikan kesempatan apda anak anda untuk ikut terlibat dalam setiap proses pembuatan kue tersebut, hal tersebut bertujuan supaya anak memahami bahwa untuk mendapatkan hal butuh proses dan usaha.

Selain membuat kue, Anda juga bisa mengajak anak memasak makanan untuk di komsumsi bersama,dan masih banyak hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan bersama anak walaupun hanya dirumah.

Itulah beberapa pilihan untuk mengisi liburan sekolah anak. Tapi, jangan lupa untuk memperhatikan perkembangan rohani pada anak, ya. Ketika liburan, jangan sampai libur juga untuk melaksanakan kewajiban beribadah. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.