10 Cara Menjaga Kesehatan Mata

10 Cara Menjaga Kesehatan Mata
republika.co.id

Seruni.id – Menjaga kesehatan mata adalah bentuk rasa peduli kita terhadap diri sendiri. Namun terkadang, kita lupa untuk merawatnya. Padahal, mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia.

10 Cara Menjaga Kesehatan Mata
liputan6.com

Merawat kesehatannya, akan menghindarkan kita dari risiko penyakit mata hingga hilangnya penglihatan. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Maka dari itu, pahamilah beberapa cara ini agar mata tetap terjaga kesehatannya.

1. Rutin Memeriksakan Mata

Untuk merawat kesehatan mata, kita dianjurkan untuk memeriksakannya, setidaknya dua tahun sekali. Pemeriksaan penting sekali dilakukan, dengan begitu, kita dapat mendeteksi sejak dini masalah apa yang ada pada mata. Bahkan, orang dewasa yang sudah memasuki usia lebih dari 40 tahun, sangat disaranan untuk memeriksakan mata satu tahun sekali. Ini berguna untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia.

2. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Kita mungkin sudah mengetahui akan hal ini, bahwa mengonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh. Makanan untuk menjaga kesehatan mata, bisa kamu dapatkan dari wortel, karena wortel banyak mengandung beta karoten. Hal ini disebabkan karena beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

3. Tidak Terlalu Menatap Layar Elektronik

Mata akan lelah jika terlalu lama digunakan untuk menatap layar eletronik, seperti smartphone ataupun laptop. Gajalanya bisa ditandai dengan sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu, punggung, mata kering dan tegang, serta sulit untuk fokus menatap kejauhan. Jika mata terasa mulai lelah, tips penting yang harus kamu lakukan adalah dengan mengalihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik. Atau bisa dengan mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap dua jam sekali. Apabila mata kering, seringlah mengedipkan mata.

4. Kurangi Penggunaan Tetes Mata

Ketika mata mulai merah, dan menimbulkan gatal, banyak dari kita yang mungkin akan meneteskan obat mata. Namun sebaiknya, jangan terlalu sering, ya. Karena jika terlalu berlebihan, justru akan merusak kesehatan matamu, loh.

5. Memakai Mentimun

Sensasi dingin yang dihasilkan mentimun akan memberikan efek relaks. Begitupun jika kamu mengompreskannya ke kelopak mata. Ketika mata sedang lelah, teruhlah irisan mentimun dingin di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah mata bengkak.

6. Rajin Olahraga

Menurut sebuah penelitian, olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

7. Kenakan Kacamata di Saat yang Tepat

Pastikan kamu selalu memakai kacamata untuk melindungi matamu, di waktu yang tepat. Seperti ketika sedang berkendara di jalan raya, bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

8. Tidak Merokok

Merokok bukan saja membuat paru-paru rusak, namun juga meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan. Merokok juga dapat menyebabkan timbulnya plak di pembuluh darah dan melemahkan arteri, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

9. Hindari Membaca di Tempat dengan Cahaya Minim

Menjaga kesehatan mata, bisa dengan menghindari membaca dalam cahaya lampu yang redup. Karena hal ini dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Jika mata terasa lelah, berhentilah untuk sementara waktu, dan beristirahat.

10. Melatih Mata dan Membuatnya Bersantai

Cobalah fokuskan mata pada suatu obyek yang berada di dekatmu, dan sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi cara ini beberapa kali. Duduklah, tempatkan siku pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata selama 10 detik. Buka mata, dan ulangi seperlunya.

Baca Juga: 6 Model Kacamata yang Cocok untuk Kamu Pemilik Wajah Bulat

Itulah 10 cara untuk menjaga kesehatan mata. Cara lain yang dapat kita lakukan adalah dengan tidak mengabaikan berbagai masalah lainnya. Seperti ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih.

Jika mata terasa gatal atau terlihat merah, kompreslah dengan air dingin. Dan segera periksakan diri ke dokter mata apabila keluhan pada mata masih berlanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.