5 Destinasi Wisata Halal Jogja yang Harus Kamu Kunjungi

5 Destinasi Wisata Halal Jogja yang Harus Kamu Kunjungi
tuguwisata.com

Seruni.id – Tren pariwisata dunia tengah bergeser ke wisata halal. Betapa tidak, bisnis pariwisata ini kian menjanjikan. Destinasi wisata halal, bukan hanya memenuhi kebutuhan utama para wisatawan muslim dalam hal makanan saja, namun juga destinasi yang ramah keluarga dan tersedianya fasilitas ibadah.

Berbicara mengenai destinasi wisata halal, ternyata Jogja punya tempat yang cocok untuk kamu kunjungi, loh. Terlebih, akhir-akhir ini tempat wisata halal itu tengah menjadi favorti banyak orang. Di mana, ya, tempatnya?

1. Masjid Gede Kauman

5 Destinasi Wisata Halal Jogja yang Harus Kamu Kunjungi
google.com

Tahukah kamu? Masjid Gede Kauman ini menjadi satu-satunya masjid yang ada di Indonesia yang telah berdiri lebih dari 200 tahun. Di dalamnya tersimpan banyak sekali sejarah. Arsitekturnya pun kental dengan nuansa kraton yang menjadi daya tarik para pengunjung. Tempat ini cocok banget kamu kunjungi ketika waktu liburan tiba, bukan hanya untuk refreshing, tapi juga kamu akan mendapatkan ilmu pengetahuan, karena di sana kamu akan mempelajari budaya Islam di Yogyakarta.

2. Kebun Buah Mangunan

5 Destinasi Wisata Halal Jogja yang Harus Kamu Kunjungi
google.com

Kebun Buah Mangunan ini sudah ada sejak 2003 silam di atas lahan seluas 23 hektar. Sebelumnya kebun ini hanya ditanami berbagai jenis pohon seperti buah belimbing, rambutan, dan durian. Namun kini, area wisata yang berlokasi di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini, semakin ramai dikunjungi para wisatawan.

Di sana, kamu tidak hanya menyaksikan pemandangan alam dan udara yang sejuk saja. Bagi kalian yang gemar bermofot, pengelola menyediakan spot foto keren, loh. Mulai dari Desa Wisata Kaki Langit, Seribu Batu, Goa Gajah, dan Hutan Pinus. Ada satu tempat yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja, yakni gardu pandang dengan ketinggian mencapai 200 meter di atas permukaan laut. Di tempat tersebut, kamu diberi kesempatan untuk menikmati keindahan pegunungan sewu yang tertutup awan.

3. Kotagede

5 Destinasi Wisata Halal Jogja yang Harus Kamu Kunjungi
google.com

Destinasi wisata halal di Jogja selanjutya adala Kotagede. Sejak dahulu Kerajaan Mataram Islam berdiri, tempat ini sudah dikenal sebagai pusat perdagangan dan kini menjadi sntra kerajinan perak. Area yang sangat kental dengan budaya Islam ini, ramai didatangi pengunjung. Tak jarang, mereka yang datang kerap membeli berbagai perhiasan yang terbuat dari perak, namun juga melihat dan mempelajari sejarah bagaimana perak Kotagede memperoleh nama besarnya.

Jika kamu berkunjung ke tempat ini, jangan lupa juga berkunjung ke Masjid Kotagede, ya. Konon diketahui, masjid tersebut menjadi yang tertua di Yogyakarta. Berdiri pada tahun 1640, jika kamu masuk ke sana, dijamin akan merasa kagum saat melangkah ke dalamnya. Sebab, ada berbagai macam interior yang cukup unik dan menarik perahtian. Seperti mimbar kotbah yang dikuri, bedug yang berusia ratusan tahun, hingga tembok yang menggunakan air aren sebagai perekatnya. Keren banget, kan.

4. Taman Sari

5 Destinasi Wisata Halal Jogja yang Harus Kamu Kunjungi
google.com

Bagi kalian yang gemar memenuhi feed instagram dengan potret yang keren, rasanya wajib banget berkunjung ke Taman Sari yang berada di Yogyakarta ini. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus mempelajari sejarah terjadinya akulturasi budaya Islam di Jogja. Diketahui tempat ini merupakan bekas kebuh Keraton Yogyakarta, yang dibangun pada zaman Sultan HB I pada 1758 silam.

Dulunya, area ini memiliki luas sekitar 10 hektar dengan 57 bangunan yang berdiri di atasnya, termasuk pemandian bagi para putri raja. Namun sayangnya, kini pengunjung hanya bisa menikmati keindahan Taman Sari yang berada di barat daya komplek Keraton saja.

5. Gedung Agung

5 Destinasi Wisata Halal Jogja yang Harus Kamu Kunjungi
google.com

Gedung Istana Negara atau kerap disebut Gedung Agung ini, lokasinya tak jauh dari jalan yang menjadi ikon Yogyakarta, yakni Malioboro. Sejak 2014 lalu, gedung ini sudah dibuka untuk umum. Di sana, para pengunjung dapat melihat berbagai koleksi benda bersejarah, termasuk arca kuno setinggi 3,5 meter yang banyak disebut sebagai Patung Lilin. Tempat ini dibuka mulai dari hari Senin sampai dengan Sabtu. Beruntungnya, setiap pengunjung yang datang ke sana, tidak dipungut biaya, loh.

Baca Juga: 10 Wisata Kuliner Khas Jogja yang Unik

Berlibur ke Jogja ternyata tak harus mengeluarkan terlalu banyak biaya. Karena ternyata banyak tempat wisata halal di kota gudeg ini, dengan tiket masuk cukup murah, bahkan gratis. Yuk, rencanakan liburanmu mulai dari sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.