5 Jenis Minuman yang Pas untuk Sahur

Idlesage.com

Seruni.id – Makan sahur merupakan aktivitas rutin selama bulan Ramadhan. Selain untuk mendapatkan berkah, makan sahur juga dimaksudkan untuk membekali diri menjalani ibadah puasa, sehingga stamina tetap terjaga. Disamping makanan bergizi, asupan di waktu sahur juga perlu ditunjang dengan minum, agar tidak terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang menyebabkan tubuh menjadi kurang vit selama berpuasa. Nah, apa saja minuman yang pas untuk sahur? Berikut ulasannya:

Teh Hijau

Related image
mnn.com

Teh hijau adalah salah satu minuman yang pas untuk sahur. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi teh sebaiknya dibatasi saat sahur karena dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil dan membuang garam yang dibutuhkan tubuh selama satu hari penuh. Jika tetap ingin menikmati teh, pilih teh hijau yang mengandung antioksidan lebih tinggi. Jaga agar teh tetap encer dan tidak pekat, semakin encer semakin baik. Hati-hati, jangan sampai memberi banyak gula.

Air Hangat

Image result for Air Hangat
manfaat.co.id

Minuman yang pas untuk sahur selanjutnya itu adalah air hangat. Mengapa air hangat? Karena air putih yang hangat adalah salah satu minuman yang paling baik diantara minuman yang lainnya. Kamu tetap membutuhkan minimal 8 gelaas air putih saat puasa. Jumlah tersebut akan lebih mengingat aktivitas yang banyak. Jika merasa perut sudah kenyang dan malas membuat minuman lainnnya, air putih hangat lah pilihannya. Sebab, air hangat akan membuat lambung menjadi nyaman. Usahakan suhu air putih hangatnya pas, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.

Baca Juga: 15 Manfaat Air Hangat yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Jahe

Image result for Air Jahe
rayapos.com

Salah satu tanaman herbal yang murah dan mudah dijumpai di Indonesia ini adalah bahan alami yang manjur untuk memberi efek hangat sekaligus sehat, yaitu jahe. Berbeda dengan cabai yang dapat memberi efek pedas dan panas, jahe akan memberi efek hangat yang lebih nyaman. Jahe mengandung gingerol dan shogaol yang membuat jahe berfungsi sebagai termogenik (meningkatkan suhu tubuh). Mengonsumsi wedang jahe hangat akan membuat tubuh kamu hangat dan bebas masuk angin.

Susu Rendah Lemak

Related image
hellosehat.com

Susu rendah lemak juga termasuk minuman yang pas untuk sahur. Segelas susu rendah lemak hangat bisa menjadikan sahur tetap hangat. Susu mengandung zat penghilang dehidrasi, sehingga dapat menghindarkan dehidrasi selama satu hari penuh. Selain itu, kandungan nutrisi susu akan membantu tetap fit hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Lemon Tea

Image result for Lemon Tea
boldsky.com

Minum segelas lemon tea hangat saat sahur dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan. Lemon tea hangat juga dapat membantu menghidrasi tubuh untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Untuk membuat lemon tea hangat cukup campurkan sekantung teh, lemon, kayu manis, dan gula dalam teko. Setelah itu, tuangkan air mendidih dan tunggu hingga 5 menit. Segelas lemon tea hangat dapat disajikan dengan potongan lemon agar terasa lebih segar.

Itulah 5 jenis minuman yang pas untuk sahur. Jadi, kamu mau pilih minuman yang mana untuk menemani santap sahur nanti?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.