Moms, Anak Susah Makan? Ini Solusinya

hellosehat.com

Seruni.id – Proses pemberian makan pada anak bukanlah perkara yang mudah. Salah satu tantangan yang seringkali dihadapi orangtua adalah anak yang susah makan, terkadang ketika disuapin mereka kerap menolak. Tentunya hal ini membuat Ibu merasa stress dan khawatir anak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Hasil gambar untuk anak sulit makan
doktersehat.com

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena masalah susah makan pada anak adalah hal yang normal terjadi. Lalu, bagaimana sih caranya membuat nafsu makan anak bertambah? Berikut ulasannya yang telah Seruni rangkum.

Jangan Dipaksa

Ketika anak tidak mau makan, Anda merasa tidak sabar dan akhirnya memaksanya untuk makan. Padahal, memaksa tidak akan membuat nafsu makan anak bertambah loh, Moms. Justru sebaliknya, jika terus dipaksa, anak akan semakin menghindar dan malas untuk makan. Jadi, lakukan cara lain untuk membuatnya bersemangat untuk makan. Misalnya, dengan membujuk si kecil.

Buat Makanan yang Bervariasi dengan Tampilan yang Menarik

Siapapun tentu akan bosan jika harus makan dengan menu yang sama setiap harinya, begitupun dengan anak. Bisa jadi, anak susah makan karena Anda selalu membuatkan menu makanan yang itu-itu saja? Nah, agar nafsu makan anak meningkat, sebaiknya kreasikan menu unik dengan penyajian yang menarik. Pastikan menu yang Anda buat mengandung makanan yan ia suka, sehingga anak lebih senang memakannya.

Buat Jadwal Makan yang Rutin

Buatlah jadwal makan yang rutin pada anak sejak ia kecil. Hal ini akan menolng Anda ketika anak susah makan. Dengan begitu, ia sudah terbiasa untuk makan pada waktu yang sama dan rutin. Membuat jadwal makan yang rutin juga akan berdampak baik untuk pola makannya ketika ia beranjak dewasa.

Siapkan Kudapan Tinggi Kalori untuk Cemilan

Untuk memastikan anak tetap mendapatkan asupan energi sepanjang hari, Anda perlu menyediakan kudapan tinggi kalori yang bisa dimakan kapanpun dia mau. Contoh kudapan tinggi kalori seperti selai kacang, keju, kacang-kacangan dan buah. Jadi, tak perlu khawatir ketika anak sulit makan nasi. Asalkan asupan kalorinya dapat terpenuhi.

Jangan Biarkan Si Kecil Minum Terlalu Banyak Ketika Makan

Biasanya, anak suka minum terlalu banyak ketika sedang makan. Hal ini menjadi sebab dia menolak menghabiskan makanannya. Jadi, beritahu ia agar jangan minum terlalu banyak saat makan. Anda bisa membatasi air minum saat ia makan, misalnya satu gelas saja untuk satu kali makan. Setelah selesai makan, baru berikan anak minum tambahan. Jangan juga berikan anak minuman yang memiliki rasa manis, karena membuat ia semakin kembung.

Ajak Anak Menyiapkan Menu Makanannya

Bermain sambil memasak, kenapa tidak? Justru ini menjadi solusi ketika anak susah makan, loh. Untuk itu, ajaklah anak untuk menyiapkan menu sarapan atau bekalnya. Berikan ia tugas yang mudah, misalnya menyiapkan beberapa bahan makanan atau sekedar menghias makanan. Biasanya, anak akan lebih tertarik untuk makan jika ikut serta dalam menyiapkan makanannya tersebut.

Suplemen

Memberi suplemen makanan untuk anak bisa menjadi cara jitu menjaga kesehatan tubuhnya. Pilihlah suplemen dengan bentuk yang menarik yang disukai anak-anak. Lebih baik lagi, jika suplemennya mengandung temulawak yang bisa menambah nafsu makan.

Konsultasikan dengan Dokter

Jika beberapa cara di atas telah Anda lakukan, namun anak tetap saja sulit makan, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Pasalany, ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menurunkan nafsu makan anak. Dengan begitu, dokter akan memberikan solusi terbaik untuk permasalahan yang dialami si kecil.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja yang harus dilakukan saat menghadapi anak susah makan? Tidak perlu menggunakan paksaan, pastikan saja anak mendapat asupan nutrisi dengan menyediakan cemilan sehat, atau susu untuk dikonsumsi anak saat dia lapar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.