Perhatikan Hal ini Ketika Ingin Memberikan Pujian pada Anak

ruangmuslimah.co

Seruni.id – Memberikan pujian pada anak memang sangat penting dilakukan orangtua. Karena, memuji anak diyakini dapat membuat mereka lebih percaya diri, penuh semangat, dan punya motivasi tinggi dalam berprestasi. Kendati demikian, menyanjung anak secara berlebihan juga tidak baik, loh. Penting untuk kita mengetahui tentang memberikan apresiasi yang tepat pada anak agar mereka tumbuh secara optimal. Berikut hal penting yang perlu diketahui orangtua.

Berikan Pujian dengan Tulus

Berilah pujian pada anak saat itu juga ketika dia melakukan hal yang memang membanggakan. Pujilah mereka dengan tulus, jangan hanya memuji anak agar mereka mau melakukan sesuai kehendak orangtua.

Pujian Diberikan Secukupnya

Tidak disarankan untuk memberikan pujian kepada anak terlalu banyak dan sering. Karana, bisa saja pujian akan kehilangan dampaknya jika diucapkan terus-menerus dan tidak spesifik. Memberikan sanjungan pada anak, padahal dia tidak melakukan apa-apa juga sebaiknya tidak dilakukan. Berikan pujian secukupnya dan sesuai kebutuhan saja, ya.

Puji Anak Karena Sesuatu yang Mereka Lakukan, Bukan yang Disukai

Biasanya, anak-anak hanya mau melakukan sesuatu yang disukainya saja. Namun, ketika ia telah berhasil melakukan tanggung jawabnya dengan benar, baru berilah ia pujian. Misalnya: “Hebat anak Ibu, bisa merapikan mainannya sendiri,” jangan berikan ia pujian ketika dia bisa menyelesaikan sebagiannya saja.

Gunakan Pujian untuk Mengubah Perilaku Negatif Anak

Apabila anak telah berhasil melakukan hal baik, maka berilah ia pujian, agar mereka merasa termotivasi untuk melakukannya lagi. Misalnya: “Pntar, kan kalau mainannya dirapikan seperti ini, mainannya tidak hilang.”

Pujian Tak Melulu dengan Kata-kata

Memberi pujian pada anak, tidak melulu dengan kata-kata, loh. Berikan ia dengan pelukan atau sorot mata yang menyatakan kalau Anda bangga dengan apa yang dia lakukan. Berikan senyuman terindah dan pelukan hangat agar mereka merasa dihargai.

Hindari Pemberian Hadiah

Terkadang ada orangtua yang memberikan hadiah kepada anak sebagai reward atas apa yang sudah dilakukan. Karena nantinya mereka akan melakukan hal tersebut hanya jika diberikan hadiah bukan didasarkan inisiatif sendiri.

Pujian adalah antara elemen penting dalam cara berkomunikasi dengan anak. Oleh karenanya, ini menjadi salah satu cara mendekatkan anak dengan orangtuanya. Bagaimana sikap seorang anak akan kembali lagi bagaimana dia melihat orangtua dan lingkungannya. Pujian bisa memberi dampak positif pada kepribadian anak bila dilakukan dengan tepat. Semoga info ini bisa membantu kita menjadi orangtua yang lebih baik untuk buah hati kita tercinta.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.