Mudik Lebaran di Kala Pandemi, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

  • Bagikan
Mudik Lebaran di Kala Pandemi, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Seruni.id – Mudik lebaran kini mulai diperbolehkan, ini tentunya menjadi kabar bahagia bagi mereka yang sudah rindu dengan sanak saudara di kampung halaman.

Mudik Lebaran di Kala Pandemi, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Kabar tersebut sebagaimana yang diumumkan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada 16 Maret 2021 lalu. Ia mengatakan, bahwa pemerintah memutuskan tidak melarang masyarakat untuk mudik lebaran pada tahun ini.

Meski demikian, ada hal-hal yang perlu diperhatikan, mengingat kita masih harus berjuang melawan pandemi Covid-19. Lantas, apa saja yang menjadi syarat mudik lebaran 2021?

1. Sudah Melakukan Tes PCR dengan Hasil Negatif

Meski pemerintah sudah memboleskan mudik lebaran tahun ini, tapi bukan berarti kalian bisa mudik begitu saja, ya. Syarat yang paling penting untuk dapat mudik lebaran adalah sudah melakukan tes PCR dengan hasil yang negatif. Hal ini demi kelancaran bersama, sehingga tidak adanya kasus penyebaran virus Corona.

2. Patuhi Protokol Kesehatan

Selama satu tahun terakhir ini, kita semua telah menerapkan protokol kesehatan. Nah, begitu pula saat kamu hendak mudik lebaran nanti. Pastikan kalian mematuhinya, ya. Di antaranya memakai masker, menjaga jarak, dan melakukan disinfektasi pada sarana dan prasarana. Pada lebaran tahun ini, pemerintah pun telah melakukan pembatasan penumpang dan pengaturan jadwal layanan.

3. Siapkan Fisik dan Mental

Bepergian selama masa pandemi, terkadang memang menimbulkan rasa khawatir yang berlebih. Tak terkecuali saat mudk lebaran nanti. Kamu harus menyiapkan kondisi fisik dan mental yang prima, apalagi kalau harus pergi jauh hingga ke luar kota yang memakan waktu lama di perjalanan. Selain fisik, persiapan mental juga perlu dijaga, agar saat di perjalanan kamu tidak stres. Jika merasakan gejala dari Covid-19 sebaiknya urungkanlah niat untuk pulang ke kampung halaman saat lebaran.

4. Memeriksa Kondisi Kendaraan dan Tiket Perjalanan

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus kamu perhatikan saat pulang kampung nanti. Namun, kondisi kendaraan yang akan kamu gunakan sertat tiker perjalanan harus kamu perhatikan juga. Hal ini guna menghindari permasalahan selama di perjalanan. Untukmu yang menggunakan kendaraan umum, pastikan untuk memeriksa tiket dan persiapkan persyaratan naik kendaraan umum.

5. Perhatikan Barang Bawaan

Pulang ke kampung halaman, terutama ke kota yang jauh jaraknya, pasti memerlukan kesiapan. Beberapa hari sebelum keberangkatan, alangkah baiknya jika kamu mulai membuat daftar barang yang akan kamu bawa nanti. Prioritaskan barang-barang yang penting, dan jangan lupa untuk membawa alat-alat protokol kesehatan candangan, seperti masker, handsanitizer maupun disinfektan.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit Saat Mudik Lebaran

Demikianlah beberapa syarat mudik lebaran 2021 yang harus kamu patuhi. Meski pemerintah sudah memberikan kelonggaran untuk pulang kampung, kalian tetap harus memikirkan secara matang mengenai dampak baik dan buruknya, agar tidak menyesal di kemudian hari.

  • Bagikan
seruni.id