Tips Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit Saat Mudik Lebaran

1001inspirasiramdhan.com

Seruni.id – Mudik atau pulang ke kampung halaman merupakan hal yang ditunggu-tunggu menjelang hari raya Idul Fitri. Saat mudik, banyak hal yang harus kita persiapkan, mulai dari persiapan pakaian, makanan, kendaraan, dan yang paling utama adalah kesehatan. Sebab, jika tubuh tidak fit, perjalanan pun akan terganggu. Nah, untuk itu, Seruni akan memberikan beberapa tips agar tidak mudah jatuh sakit, apa saja ya tipsnya? Simak berikut ini.

hellosehat.com

Pastikan Terlebih Dahulu Moda Transportasi yang Digunakan

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan terlebih dulu kendaraan apa yang akan diapakai. Jika ingin menggunakan kendaraan umum, pastikan untuk mendapatkan tiketnya lebih awal agar tidak kehabisan saat hari H mudik. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, persiapkan kendaraan tersebut agar berada dalam kondisi yang prima dan nyaman sebelum digunakan.

Istirahat Sebelum Berangkat

Istirahat tidak hanya dilakukan ketika selesai melakukan perjalanan mudik, tapi juga sebelumnya. Pastikan kamu telah beristirahat dengan waktu yang cukup di malam hari. Tidur yang cukup selama 7-8 jam dapat membuat tubuhmu lebih segar di pagi hari dan siap untuk melakukan perjalanan.

Perhatikan Nutrisi pada Menu Makanan

Meski sedang mudik, kamu tetap harus memprioritaskan makananmu, ya. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi. Pastikan asupan makanan terdiri dari karbohidrat seperti nasi, kentang, mie, roti, dan lainnya. Dan protein seperti daging, ayam, ikan, tahu, tempe. Serta perhatikan pula asupan seratnya.

Perbanyak Minum Air Putih

Pada umumnya, seseorang yang melakukan perjalanan mudik akan menghindari banyak minum karena khawatir akan terlalu sering buang air kecil selama perjalanan. Sebenarnya, kita harus tetap banyak minum air putih, loh. Karena, kurangnya asupan air dapat menyebabkan seseorang kurang konsentrasi dan badan akan terasa lemas. Jadi, jangan jadikan malas buang air kecil sebagai alasan. Usahakan untuk selalu berhenti di rest area setiap 2 sampai 3 kali untuk ke toilet dan sekaligus beristirahat sejenak.

Konsumsi Supelmen

Saat mudik, kamu harus mempersiapkan tubuh agar selalu dalam kondisi prima. Agar tidak mudah jatuh sakit, konsumsilah multivitamin atau supelmen untuk membantu ketahanan tubuhmu. Patikan supelmen yang dipilih mengandung vitamin C dan vitamin B.

Siap Sedia Obat-obatan

Tidak hanya supelmen saja yang mesti dipersiapkan, tapi obat-obatan juga penting. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan sederhana seperti obat diare, sakit kepala, antialergi, obat saikt maag, serta obat anti mabuk perjalanan.

Membawa Bekal

Jika perjalanan mudik jarang melewati restoran atau tempat istirahat, bawalah beberapa bekal makanan atau minuman yang kamu sukai. Pilihlah bekal makanan atau minuman yang sehat dan bergizi.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak mudah jatuh sakit saat mudik. Nah, setibanya kamu di kampung halaman, jangan dulu memforsir tubuhmu untuk melakukan segala aktivitas, ya. Semoga kamu dan keluarga selalu diberikan kesehatan selama mudik lebaran ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.