Musim Rambutan : Ternyata Super Manfaatnya!

Seruni.id – Musim hujan di bulan Desember ini, membuat pohon-pohon rambutan panen buahnya. Buah ini termasuk salah satu buah favorit bagi masyarakat, karena selain rasanya manis, mengandung banyak kandungan air di dalamnya, dan harganya juga murah. Namun, di balik itu, buah rambutan ternyata memiliki manfaat yang super loh, apa saja ya? Simak penjelasannya yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini:

  1. Membakar lemak dalam tubuh karena memiliki kandungan serat dan kadar air yang tinggi.
  2. Rambutan memiliki kandungan zat besi yang sangat penting. Kandungan nutrisi ini sangat penting bagi tubuh untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh dan  akan membantu melawan kelelahan dan meningkatkan kadar hemoglobin.
  3. Kadar air tinggi yang terdapat pada buah ini, dapat menghidrasi kulit dan rambut dalam kadar yang tepat. Kandungan ini dapat membuat kulit dan rambut jadi lebih cantik.
  4. Kandungan vitamin C yang tinggi pada rambutan ini dapat meningkatkan kesehatan sperma pria. Kandungan vitamin C pada rambutan juga baik untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang.
  5. Rambutan mengandung sebuah zat antioksidan yang disebut dengan flavonoid. Zat ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol serta memiliki sifat antikanker.
  6. Rambutan memiliki rasa yang manis, dan itu adalah manis alami dari buahnya. Rasa manis yang dihasilkan ini bisa membantu meredakan pusing atau gejala mual-mual di pagi hari bagi ibu hamil.
  7. Rambutan juga mengandung fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko tulang keropos.
  8. Penelitian menunjukkan bahwa rambutan telah digunakan sebagai antibakteri dan antiseptik sejak zaman dahulu kala. Beberapa studi mengatakan bahwa dalam rambutan terkandung antiseptik yang bisa membantu tubuh melawan berbagai infeksi. Selain itu, kandungan dalam buah ini juga akan membantu tubuh mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terjadinya pembentukan nanah.
  9. Rambutan kaya akan kandungan glukosa yang penting dalam pembentukan energi pada tubuh.

    Orang yang memiliki kadar gula rendah, atau hipoglikemi akan cenderung lemas dan bahkan dalam kasus yang kronis, bisa menyebabkan pingsan.

    Selain kandungan glukosa yang banyak, rambutan juga meempunyai zat karbohidrat dan protein, yang keduanya bisa menambah energi pada tubuh saat diperlukan.

    -semoga bermanfaat-

     

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.