Nikita Willy Ajarkan Anak Tidur Sendiri Sejak Bayi, Apa Manfaatnya?

  • Bagikan
Nikita Willy Ajarkan Anak Tidur Sendiri Sejak Bayi, Apa Manfaatnya?
instagram.com/nikitawillyofficial94

Seruni.id – Membiarkan anak tidur sendiri terkadang menimbulkan rasa khawatir dalam diri orangtua. Apalagi, jika sang anak masih bayi. Khawatir si kecil akan menangis dan lainnya. Namun, inilah yang justru dilakukan oleh pasangan Nikita Willy dan Indra Priawan, pada buah hatinya Issa Xander Djokosoetono.

Nikita Willy Ajarkan Anak Tidur Sendiri Sejak Bayi, Apa Manfaatnya?
fimela.com

Terlihat dari momen kebersamaan mereka yang dibagikan di kanal YouTube-nya, pasangan suami istri itu, sudah mulai mengajarkan baby Izz untuk bisa mandiri dengan mulai membiarkan sang anak tidur sendiri. Padahal, bisa dibilang, usia baby Izz masih sangat balita.

Menuai Pro Kontra dari Warganet

Tindakan Nikita Willy yang membiarkan sang anak tidur sendiri, tentu saja mengundang pro dan kontra dari warganet. Mayoritas dari netizen mengkhawatirkan baby Izz, apalagi usianya baru lima bulan.

Pasangan muda ini, pastinya tidak sembarangan dalam mengambil keputusan ini. Mereka punya alasan mengapa berani membiarkan sang anak tidur sendiri.

Salah satu alasan mereka berani membiarkan anak tidur sendiri adalah, karena tepat di samping box tempat tidur, terdapat alat baby monitor. Dimana alat tersebut berfungsi untuk mengawasi gerak-gerik ataupun suara dari baby Izz.

Karena alasan itulah, mereka tidak khawatir dengan keselamatan sang putra sulung jika dibiarkan tidur sendirian. Terlebih, sejak lahir, sang anak memang sudah memiliki sederet fasilitas mewah. Mulai dari outfit bayi, maianan, kamar khusus, hingga tempat tidur yang super canggih.

“jadi ini baby monitornya, kita bisa lihat Issa saat tidur atau sudah bangun. Dan ini kedengaran suara apapun,” jelas ibu dari baby Izz pada unggahan YouTube Nikita Willy Official pada tanggal 13 september 2022.

“Jadi kadang-kadang dia bersuara eh..eh..eh.. itu kedengaran banget. Jadi aku enggak perlu khawatir, suara apapun akan ketangkap dan aku bisa lihat langsung dari handphone aku. Kalau dia nangis aku bisa langsung masuk ke sini,” sambungnya sambil menunjukan kamar baby Izz.

 

Manfaat Membiarkan Anak Tidur Sendiri

Membiarkan anak tidur sendiri akan melatih kemandirian mereka sejak dini. Anak pun jadi tahu jam tidurnya, sehingga ibu tidak perlu begadang karena bayi tak mau tidur. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang perlu kamu tahu, di antaranya:

 

1. Melatih Keberanian Anak

Manfaat utama yang dirasakan oleh orangtua ketika membiarkan anak tidur sendiri adalah membuatnya menjadi lebih berani. Meski ini bukan perkara mudah bagi si kecil, tapi jika dilatih dan dibiasakan, maka mereka akan belajar memejamkan mata tanpa harus dipeluk oleh orangtua. Serta ia akan berusaha mengatasi ketakutannya sendiri. Selain itu, para orangtua pastinya ingin si kecil tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, kan? Nah, hal yang paling mudah yang bisa dimulai sejak dini adalah membiasakannya tidur di kamarnya sendiri.

 

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Anak

Mereka yang terbiasa tidur sendiri, akan terlihat lebih percaya diri. Kepercayaan diri adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Terutama dalam kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan.

 

3. Tahu Kapan Waktunya untuk Tidur

Dalam Journal of Epidemiology & Community Health menyebutkan, bahwa anak yang tidur di waktu yang tepat, biasanya akan mengalami peningkatkan performa kognitif yang penting bagi tumbuh kembangnya di masa mendatang.

 

4. Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik

Jika anak sudah terbiasa tidur tanpa bersama orangtuanya, maka ia akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Sebagaimana yang juga dikatakan oleh psikolog anak, Jovita Maria, anak yang tidur sendiri akan lebih pulas dan terjaga kualitas tidurnya.

 

5. Lebih Disiplin dan Memahami Privasi

Saat si kecil sudah terbiasa tidur sendiri ia akan mengenal tentang disiplin dan aturan yang harus ditaati. Ia akan terbiasa dengan jam tidur dan bangun tidurnya sendiri. Bukan hanya itu saja, ia juga akan paham dengan ruang privasinya. Sehingga ia belajar tentang menghargai privasi orang lain. Misalnya, orang tua memberi contoh untuk mengetuk pintu ketika ingin masuk ke dalam kamar.

Baca Juga: Transformasi Nikita Willy dari Imut Polos Hingga Dewasa dan Semakin Cantik. Bikin Pangling Deh!

Apakah kamu juga sudah membiasakan anak untuk tidur sendiri seperti yang dilakukan Nikita Willy?

  • Bagikan