7 Nutrisi Dalam Buah Delima yang Baik untuk Kesehatan Rambut

  • Bagikan
7 Nutrisi Dalam Buah Delima yang Baik untuk Kesehatan Rambut
tirto.id

Seruni.id – Kesehatan rambut perlu mendapatkan perhatian khusus. Tidak hanya dengan keramas secara rutin, tapi juga memberikan perawatan lainnya, seperti memberi vitamin atau masker rambut. Ada salah satu buah yang dapat mendukung kesehatan rambutmu, loh, yakni delima. Buah dengan warna merah dan butiran-butiran kecil di dalamnya itu, mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang bermanfaat.

7 Nutrisi Dalam Buah Delima yang Baik untuk Kesehatan Rambut

Saat ini, manfaat buah delima terhadap kesehatan sedang terus dipelajari. Banyak yang mengatakan, buah ini mampu menurunkan risiko masalah kanker dan penyakit lain, dukungan kekebalan tubuh dan bahkan kesuburan. Selain itu, ternyata delima memiliki beberapa nutrisi baik untuk kesehatan dan kecantikan rambutmu, yuk simak nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya berikut ini:

Daftar Isi

1. Vitamin

Buah delima mengandung vitamin A dan vitamin K, di mana kedua jenis vitamin tersebut dapat mendukung kesehatan rambut. Fungsi dari vitamin K yakni untuk membantu batang dan akar rambut agar tetap kuat, sedangkan vitamin A berperan mendorong kulit kepala untuk pertumbuhan rambut.

2. Selenium

Masalah jamur pada kulit kepala atau sering kita sebut sebagai ketombe, tentu sangat menganggu, kan? Bukan hanya menganggu penampilan, tapi juga menimbulkan rasa gatal. Untuk mengatasi masalah ini, keramas saja tidaklah cukup, loh. Karena perlu adanya kandungan selenium. Kandungan tersebut bisa kamu dapatkan dari buah delima, di mana selenium dapat membersihkan serpihan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

3. Zat Besi

Kekurangan zat besi biasanya akan berdampak pada rambut. Seperti kusam, lepek, dan mudah rontok. Untuk mengatasinya, tentu saja kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, salah satunya bisa kamu dapatkan dari buah delima. Dengan mengonsumsi buah delima, maka kesehatan rambut akan terjaga dan membuat rambut menjadi lebih kuat.

4. Zinc

Nutrisi yang dapat menjaga kesehatan rambut berikutnya adalah zinc. Kandungan ini diperlukan untuk menghasilakn sebum pada kulit kepala. Zinc bisa ditemukan di dalam buah delima, yang berperan untuk mendorong regenerasi sel-sel kulit kepala dan menjaga akar serta batang rambut agar tetap terhidrasi.

5. Antioksidan

Seiring bertambahnya usia, akan muncul rambut berwarna putih yang sering kita sebut sebagai uban. Kehadirannya memang tidak dapat kita tolak, tapi kita bisa mencegahnya dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Kamu bisa mengonsumsi buah delima secara rutin untuk memebantu mencegah korosi pada jaringan rambut, sehingga dapat mengurangi rambut beruban.

6. Vitamin C

Buah delima juga mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan kolagen serta mendorong pertumbuhan rambut. Karena mengansung vitamin C dan nutrisi peningkat kekebalan tubuh lainnya, seperti vitamin E, jus delima dapat mencegah penyakit dan melawan infeksi. Delima juga terbukti sebagai antibakteri dan antivirus dalam tes laboratorium. Meski demikian, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut apakah delima memiliki efek pada infeski dan virus yang umum lainnya atau tidak. Jus buah delima tunggal memiliki lebih dari 40% kebutuhan harian seseorang akan vitamin C. Vitamin C dapat dipecah saat dipasteurisasi, jadi pilihlah jus delima buatan sendiri atau segar untuk mendapatkan nutrisi yang terbaik.

7. Magnesium

Kandungan magnesium yang terdapat pada buah delima dapat menghambat peradangan, serta membantu mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe, eksim, dan psoriasis. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka disarankan untuk mengonsumsi buah delima atau makanan lainnya yang mengandung maganesium.

Baca Juga: 8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Itulah 7 nutrisi penting yang terkandung di dalam buah delima yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan untukmu, ya.

  • Bagikan
seruni.id