8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

  • Bagikan
8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
sehatq.com

Seruni.id – Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan antihipertensi bagi penderita tekanan darah tinggi. Namun, selain itu, kamu juga dianjurkan untuk menerapkan pola hidup dan makan yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Sebab, asupan makanan memiliki peran yang penting dalam mengendalikan tekanan darah tinggi.

Umumnya, penderita darah tinggi atau hipertensi dianjurkan untuk mengurangi asupan garam yang dapat meningkatkan tekanan darah. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi buah yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi yang kaya akan kandungan kalium, kalisum, dan magnesium. Adapun daftar buah-buahan tersebut sebagai berikut:

1. Pisang

8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
lemonilo.com

Buah dengan kulit berwarna kuning dan rasa yang manis ini menjadi salah satu penurun darah tinggi alami paling cepat dan anti ribet. Kandungan kalium di dalamnya mampu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh, sehingga tekanan darahmu dapat terkontrol dengan baik. Ada banyak cara untuk mengonsumsinya, bisa dengan secara utuh, memanggang, atau mencampurkannya ke dalam sereal.

2. Buah-buahan Sitrus

8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
magazine.job-like.com

Buah yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi berikutnya adalah buah-buahan sitrus, seperti jeruk bali, jeruk, dan lemon. Ketiganya dipercaya mampu memberikan efek untuk menurunkan tekanan darah yang cukup kuat.

Melansir dari Healthline, buah-buahan ini kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang dilakukan selama lima bulan, misalnya, melibatkan 101 wanita Jepang yang diminta untuk mengonsunsi jus lemon setiap hari. Mereka juga diminta mengombinasikannya dengan jalan kaki.

3. Buah Beri

8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
wowkeren.com

Beri menjadi salah satu buah menurunkan darah tinggi. Hal ini karena buah beri mengandung antioksidan, termasuk antosianin, pigmen yang memberikan warna cerah pada buah beri. Antosianin terbukti mampu meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul pembatas pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Meski demikian, terkait hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap manusia untuk mengkonfirmasi mekanisme potensial ini. Beberapa contoh buah beri seperti blueberry, raspberry, chokeberry, cloudberry, dan stroberi.

4. Semangka

8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
harianhaluan.com

Buah semangka mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari vitamin A, C, dan magnesium. Selain itu, semangkat juga mengandung L-citrulline yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Buah Bit Merah

8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
jovee.id

Buah yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi berikutnya adalah bit merah. Dengan mengonsumsi buah bit secara rutin, dapat membantu kita mencapai angka tekanan darah yang normal. Sebab, buah bit kaya akan nitrat yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bit dan produk bit dapat membantu meningkatkan tekanan darah yang sehat.

Sebuah penelitian selama dua minggu pada 24 orang dengan tekanan darah tinggi, misalnya, menemukan bahwa konsumsi 250 mL jus bit dan 250 gram bit matang dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah. Namun, jus bit ditemukan lebih efektif. Meskipun ada sejumlah penelitian lain yang juga menghubungkan konsunsi bit dan jus bit terhadap efek positif pada tekanan darah, tidak semua penelitian menunjukkan hasil yang positif.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa efek bit pada tekanan darah hanya berlangsung singkat dan mungkin tidak membuat perbedaan substansial pada kontrol tekanan darah jangka panjang. Meskipun demikian, bit secara umum sangat bergizi dan dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan jika kita menambahkannya ke dalam pola makan kita.

6. Anggur

8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
aladokter.com

Siapa sih yang tidak tahu buah ini, buah dengan beraneka macam warna ini ternyata juga bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi, loh. Ini karena anggur memiliki kandungan polifenol yang berguna untuk mengontrol tekanan darah. Polifenol atau lebih akrab dengan sebutan antioksidan ini, dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa mencegah munculnya sindrom metebolik, termasuk hipertensi.

7. Kiwi

8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
honestdocs.com

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi satu buah kiwi rutin setiap hari, dapat membantu menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki tekanan darah sedikit lebih tinggi. Hasilnya, penelitian menemukan bahwa tiga buah kiwi dalam satu hari selama delapan minggu, dapat menghasilkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih signifikan daripada mengonsumsi satu buah apel.

Peneliti menduga, hal tersebut lantaran zat bioaktif dalam buah kiwi adalah bertanggung jawab atas efek penurunan tersebut. Selain itu, kiwi juga kaya akan vitamin C. Mengonsumsi vitamin C hingga 500 miligram setiap hari selama delapan minggu bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah secara signifikan. Selain memakannya secara utuh, kamu juga bisa mengonsumsi kiwi dalam bentuk smoothie.

8. Delima

8 Jenis Buah yang Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
lifestyle.bisnis.com

Berdasarkan sebuah penelitian, delima termasuk ke dalam salah satu buah yang dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Cara memanfaatkannya, bisa dengan mengonsumsi jus buah delima lebih dari satu cangkir per hari selama empat minggu. Meski demikian, belum diketahui kandungan apa saja yang membuat buah delima dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, para peneliti menduga bahwa kandungan kalium dan polifenol dalam buah delima mampu menurunkan darah tinggi.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

Itulah jenis buah yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Namun, apabila tekanan darah tinggi belum juga membaik, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id