5 Olahan Semprong yang Kekinian, Wajib Kamu Coba!

  • Bagikan
5 Olahan Semprong yang Kekinian, Wajib Kamu Coba!
tangerangkota.go.id

Seruni.id – Semprong adalah makanan legendaris yang terbuat dari tepung beras, dengan rasanya yang khas. Begitupun dengan teksturnya yang renyah ketika digigit. Biasanya kue kering ini berbentuk selinder atau panjang seperti pipa. Umumnya, makanan ini dijual polos tanpa isian. Namun, seiring berjalannya waktu, makanan tersebut kini hadir dengan berbagai macam variasi. Sehingga, kita bisa menikmati dengan kombinasi rasa berbeda setiap waktu. Nah, buat kamu para pencinta makanan renyah, berikut terdapat lima olahan semprong unik yang bisa dijadikan sebagai inspirasi ketika ingin membuat camilan sendiri di rumah.

 

1. Semprong Durian

5 Olahan Semprong yang Kekinian, Wajib Kamu Coba!
pixabay.com/miloslavhamrik

Buat kamu pencinta semprong dan durian, kamu bisa menikmati kelezatan durian yang berpadu dengan semprong, loh. Nantinya durian akan dipisahkan dari bijinya, kemudian dilumatkan, lalu dicampur bersama anke macam bahan agar terasa lebih lembut. Kalau sudah, kamu hanya perlu menyemprotkan ke dalam semprong, agar ketika dinikmati ada gabungan antara tekstur garing dan kelembutan dari durian tersebut.

 

2. Semprong Nutella

5 Olahan Semprong yang Kekinian, Wajib Kamu Coba!
pixabay.com/jessica kwok

Sebagai pencinta cokelat, kamu juga bisa menambahkan perpaduan rasa tersebut di dalam semprong, untuk menghasilkan kombinasi rasa yang lebih populer dan juga dapat dijadikan teman saat bersantai bersama keluarga. Untuk menambahkan selai cokelat ke dalam semprong, selai perlu dioleskan ke dalam adonan dari semprong. Sehingga, fungsi dari nutella ini adalah untuk melengkapi isian, agar terasa semakin manis dan ada sensasi krim yang tertinggal.

 

3. Semprong Cannoli

5 Olahan Semprong yang Kekinian, Wajib Kamu Coba!
shutterstock.com

Kue bertekstur renyah dengan rasa sedikit gurih ini, bisa menjadi sebuah hidangan yang dibuat mirip dengan cannoli, yakni sajian berbentuk tabung yang berasal dari Italia. Makanan tersebut, biasanya akan diberi isian berupa krim, sehingga bagian dalamnya cenderung padat akan isi. Untuk olahan yang satu ini, kamu bisa membuat sajian tersebut dengan cara memasak adonan dalam cetakan lalu digulung. Selanjutnya, siapkan keju ricotta yang telah dicampur dengan gula dan aneka macam perasa, barulah semprotkan ke dalam semprong dan sajikan.

 

4. Semprong Spekuk

5 Olahan Semprong yang Kekinian, Wajib Kamu Coba!
freepik.com/lifeforstock

Spekuk adalah bumbu penting dalam olahan lapis legit. Fungsinya adalah untuk memberikan sensasi rempah-rempah dan aroma yang berbeda. Namun, selain dalam kue tersebut, spekuk juga bisa ditambahkan ke dalam adonan semprong, loh. Dengan menambahkan spekuk, maka akan menghasilkan sensasi yang menarik. Apalagi, jika kue dinikmati bersaman minuman favorit. Kamu hanya perlu memasukkan bumbu spekuk tersebut ke dalam adonan yang terbuat dari tepung beras, gula halus, santan, telur, dan garam.

 

5. Semperong Wijen

5 Olahan Semprong yang Kekinian, Wajib Kamu Coba!
pixabay.com/jessica kwok

Untuk hidangan yang berikut ini, olahan tersebut bisa dibuat dengan mudah serta bahan tambahan yang diperlukan pun cenderung gampang untuk ditemui. . Hasilnya tetap lezat, namun tidak berbeda jauh dengan versi klasiknya yang fenomenal. Pada proses pembuatan semprong wijen, adonan yang digunakan tetap sama seperti adonan biasanya. Faktor yang membedakan adalah kamu perlu memasukkan wijen hitam atau putih ke dalam adonan tersebut, sehingga aroma dan rasanya jadi semakin maksimal.

Baca Juga: 30 Jenis Jajanan Kekinian 2021 yang Jadi Favorit Banyak Orang

Olahan semprong mana yang ingin kamu buat di rumah?

  • Bagikan