Orangtua Bisa Pantau Aktivitas Online Anak di Instagram

aktivitas online

Seruni.id – Instagram memiliki fitur baru untuk para orangtua. Fitur ini sangat bermanfaat loh bagi para orangtua. Fitur yang mereka butuhkan untuk mengetahui aktivitas online anak-anak mereka.

Instagram merilis fitur yang memungkinkan orangtua untuk mengontrol aktivitas online anak-anak mereka. Fitur baru yang dirilis Instagram, diumumkan di laman blog resminya pada 6 September 2018.

“Kami tahu banyak orangtua berpikir mengenai apa yang anak-anak mereka lakukan di online,” ujar Chief Operating Officer Instagram, Marne Levine, dikutip dari laman blog resmi Instagram, Jumat, 7 September 2018.

Levine mengatakan bahwa pihaknya memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa Instagram adalah tempat yang aman dan positif untuk berhubungan dan memudahkan koneksi antara satu orang dengan yang lainnya. Termasuk untuk aktivitas online anak-anak.

Fitur untuk orangtua agar dapat mengontrol aktivitas online tersebut adalah fitur Parents Guide. Pada fitur Parents Guide tersebut, Instagram menitikberatkan kepada tiga hal, yaitu mencakup pengelolaan privasi, interaksi, dan waktu.

Baca juga: 5 Tips & Trik Bisnis Laris di Instagram

Untuk memuat dan menyusun Parents Guide, Instagram dibantu oleh sejumlah ahli di bidang pendidikan dan media sosial. Diketahui, Instagram juga berkolaborasi dengan sejumlah pihak seperti ConnectSafely, National Alliance for Mental Illness dan National Eating Disorder Association.

Levine mengatakan bahwa ia bekerja di Instagram dan juga merupakan orangtua. Sehingga Instagram agaknya memahami kesulitan orangtua mengenai platform digital dan dan apa yang dilakukan anak-anak saat sedang online.

“Saya bekerja di Instagram dan saya juga merupakan orangtua. Sudut pandang itu yang saya bahwa ke kantor setiap hari, seperti kebanyakan orangtua yang bekerja di sini,” cerita Levine.

Baca juga: Selebritis Berhijab dengan Followers Instagram Terbanyak di Dunia, dari Indonesia?

Oleh karena itu, platform media sosial itu membuat sumber daya yang memberi edukasi pada orangtua, serta menunjukkan beberapa tool yang ada untuk menjaga anak-anak tetap aman. Adapun salah satu tool itu adalah fitur blokir akun dan konten yang tidak diinginkan.

Fitur tersebut akan mencegah anak untuk melihat konten yang tidak orangtua inginkan. Sedangkan, untuk follower yang diblokir tidak akan lagi bisa melihat pengguna.

Selain itu, orangtua juga bisa mengelola komentar, di mana pengguna yang berkomentar kasar bisa segera diblokir. Manfaat berikutnya ialah alat pengelola waktu. Orangtua bisa melihat seberapa banyak waktu yang dihabiskan anak dalam sehari untuk online di Instagram.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.