4 Bahaya Makeup Kedaluwarsa ini Tidak Boleh Kamu Abaikan

kawaiibeautyjapan.com

Seruni.id – Biasanya, setiap jenis kosmetik sudah dilengkapi dengan tanggal kedaluwarsa. Maka, kamu tidak disarankan untuk menggunakan makeup kedaluwarsa. Namun, tidak sedikit perempuan yang tetap nekat menggunakan kosmetik mereka, meski sudah melewati tanggal kedaluwarsanya.

Related image
womantalk.com

Alasannya pun beragam, seperti tidak merasakan efeknya, menghemat pengeluaran, dan lain sebagainya. Padahal, bahaya makeup kedaluwarsa sangat nyata, karena bukan tidak mungkin kandungannya berubah menjadi bersifat toxic alias beracun.

Salah satu ciri makeup kedaluwarsa yang perlu kita sadari adalah bau dan warnanya yang sudah mulai berubah. Menggunakan makeup kedaluwarsa tentu akan membahayakan kesehatan kulitmu, mulai dari gatal, iritasi, infeksi, hingga kanker kulit.

“Dalam kasus paling ringan, kosmetik kedaluwarsa bukan hanya tak lagi bisa dipakai sebagaimana mestinya. Dalam kasus yang ekstrem, kosmetik kedaluwarsa akan menyebabkan iritasi kulit, dermatitis, reaksi alergi, dan infeksi,” jelas dr. Jeremy Cumpston, direktur Ageless Clinics asal Sydney, Australia.

Lantas, apa saja bahaya makeup kedaluwarsa yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja?

Image result for makeup kedaluwarsa
wowkeren.com

Menimbulkan Masalah pada Mata

Menggunakan kosmetik mata yang sudah kedaluwarsa juga akan menimbulkan masalah pada area mata, karena adanya kontak langsung antara penumpukkan bakteri pada produk kosmetik yang kedaluwarsa, dengan area mata kamu, baik kelopak mata pun bulu mata.

Dengan begitu, tentunya kamu bisa mengalami masalah pada mata, mulai dari terasa perih, mata menjadi berair, mata memerah, hingga muncul bisul atau jerawat pada mata. Selain itu, kamu juga berisiko mengalami infeksi mata yang memerlukan perawatan khusus.

Baca Juga: Lipstik yang Kamu Pakai Bekas Orang Lain? Waspadalah!

Menjadi Pemicu Munculnya Jerawat

Bahaya yang paling mudah terjadi jika menggunakan kosmetik kedaluwarsa adalah munculnya jerawat pada kulit wajahmu. Karena kandungan minyak pada kosmetik wajah seperti foundation pun cream blush yang sudah kedaluwarsa, biasanya akan mengumpul pada lapisan teratas.

Sehingga, saat kamu menggunakan makeup kedaluwarsa, artinya kamu sudah mengaplikasikan produk makeup dengan kandungan minyak tinggi, yang akan menyumbat pori-pori wajah kamu.

Dan, dengan pori-pori wajah yang tersumbat, tentu akan muncul jerawat pada kulit wajah. Maka, jika kamu ingin wajah terbebas dari jerawat, maka jangan gunakan produk makeup yang sudah kedaluwarsa, ya.

Menyebabkan Iritiasi Kulit

Selain jerawat, bahaya yang akan terjadi jika menggunakan makeup kedaluwarsa adalah terjadinya iritasi kulit. Hal ini dikarenakan produk makeup yang sudah kedaluwarsa memiliki kandungan bakteri yang lebih tinggi.

Nah, bakteri inilah yang akan bereaksi pada kulit, sehingga dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah, seperti bintik-bintik merah, wajah kemerahan, hingga kulit yang mengelupas.

Menyebabkan Terjadinya Pembengkakan pada Bibir

Bibir kamu akan terasa perih, teksturnya kasar, kering, pecah-pecah, bahkan membengkak, jika kamu nekat menggunakan lipstik yang sudah kedaluwarsa. Kamu tentunya tidak ingin memiliki bibir yang terlihat tidak sehat, kan?

Image result for makeup kedaluwarsa
kinimall.co.id

Jadi, upayakan untuk selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa lipstick, liquid lipstick, lip gloss, hingga lip balm yang kamu gunakan, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.