Otot Kaku Karena Terlalu Lama Duduk? Atasi dengan Cara ini Yuk!

  • Bagikan
Otot Kaku Karena Terlalu Lama Duduk? Atasi dengan Cara ini Yuk!
herminahosptals.com

Seruni.id – Duduk terlalu lama, terkadang membuat tubuh menjadi kurang nyaman. Bahkan, bisa menyebabkan otot kaku. Biasanya masalah ini terjadi pada mereka yang sehari-harinya kerap menghabiskan waktu di depan laptop. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengatasi otot kaku akibat terlalu lama duduk. Mulai dari streaching hingga mencoba gerakan yoga. Cara ini dipercaya dapat melancarkan peredaran darah sehingga otot tak lagi kaku. Langsung saja cek caranya di bawah ini, yuk!

 

1. Lakukan Peregangan Otot Satu Kali Setiap Jam

Otot Kaku Karena Terlalu Lama Duduk? Atasi dengan Cara ini Yuk!
hellosehat.com

Jika kamu menghabiskan waktu di depan laptop. Cobalah lakukan peregangan otot setiap jamnya. Setidaknya, luangkan waktu sekitar tujuh menit untuk melakukan peregangan otot dan tubuh setiap satu jam, bisa membuat otot-otot lebih rileks. Meregangkan otot di area punggung dan bahu, dapat membantu mengatasi otot kaku selama bekerja. Kamu bisa melakukannya saat mengambil minum atau sekadar berkeliling di sekitar meja kerjamu. Cara ini akan membantumu lebih santai.

 

2. Melakukan Gerakan Yoga

Otot Kaku Karena Terlalu Lama Duduk? Atasi dengan Cara ini Yuk!
aladokter.com

Otot kaku akibat terlalu lama duduk, bisa kamu atasi dengan melakukan beberapa gerakan yoga. Misalnya, untuk mengatasi otot kaku dan nyeri pada punggung, lakukanlah child’s pose, sphinx pose, donward-facing dog, extended, dan two-knee spinal twis. Gerakan-gerakn tersebut, bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa harus meninggalkan meja kerjamu, loh.

 

3. Perbanyak Minun Air Putih

Otot Kaku Karena Terlalu Lama Duduk? Atasi dengan Cara ini Yuk!
halodoc.com

Air putih memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat mengatasi otot kaku akibat duduk terlalu lama. Perbanyaklah minum air putih ketika kamu menghabiskan waktu di depan layar komputer. Kamu juga bisa menambahkan air perasan lemon. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air. Misalnya, semangka. Air dan buah-buahan ini akan membantumu untuk tetap terhidrasi sehingga otot tidak kaku. Oh ya, sebisa mungkin hindarilah minuman berenergi dan bersoda, ya.

Baca Juga: 7 Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Perut

Demikian tiga cara untuk megatasi otot yang kaku akibat terlalu lama duduk. Semoga cara ini dapat bermanfaat, ya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan.

  • Bagikan